\ Jangan Kaget Jika Aplikasi Dapodik 2013 Tiba-Tiba Expired!

Jangan Kaget Jika Aplikasi Dapodik 2013 Tiba-Tiba Expired!

Share on :
Assalamu'alaikum rekan rodajaman. Semakin lama semakin mesra bersama aplikasi dapodikdas 2013. Dengan tampilan antar muka yang baru berbasis web, aplikasi dapodik 2013 membutuhkan browser yang mumpuni misal Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru. Aplikasi dapodikdas 2013 dikemas dan didesign sangat apik agar lebih mudah menjalankan dan cepat mengirimkan data.


Sejak diperkenalkan ke publik, aplikasi dapodik 2013 telah mengalami pengembangan. Berawal dari versi beta, kemudian secara resmi diluncurkan tanggal 01 Oktober 2013 dengan installer dapodikdas versi 2.0. Dengan terus melakukan perbaikan, saat ini aplikasi dapodik sudah pada versi 2.0.3. Perbaikan-perbaikan fasilitas aplikasi pada versi ini mencakup penambahan fasilitas export profil, export absensi, perbaikan problem sinkronisasi yang blank dan sinkronisasi dari aplikasi langsung. Keluhan pada versi sebelumnya adalah banyak yang mengalami problem sinkronisasi yang terus-terusan muncul 'wait' dan juga blank pada tampilan sinkronisasi maka di versi ini sudah diperbaiki.

Jadi jangan kaget jika tiba-tiba aplikasi dapodikdas 2013 tidak bisa dijalankan, alias "EXPIRED". Karena Aplikasi masing-masing release akan mengalami "expired" setelah satu atau dua bulan sudah diatur sedemikian rupa agar pengguna melakukan update ke versi terbaru. Tujuannya adalah memaksa pengguna menggunakan aplikasi terbaru jika ada revisi atau penambahan fitur yang tidak diketahui oleh operator. Untuk saat ini aplikasi disiapkan untuk expired setelah satu bulan, untuk selanjutnya mungkin akan didesain expired setelah dua bulan atau lebih.

Kalau menemui aplikasi yang expired, jangan panik, jangan bingung dan jangan buru-buru menginstal ulang atau meng-uninstal aplikasi dapodik 2013. Untuk semua operator sekolah dan kabupaten/kota diharapkan selalu menggunakan aplikasi terbaru untuk menghindari kekurangan-kekurangan yang belum direvisi. Untuk melakukan upgrade aplikasi selalu gunakan patch bukan install dari awal, karena install ulang dari awal mengakibatkan data yang telah ditambahkan sebelumnya akan hilang. Cara menggunakan patch aplikasi dapodikdas terbaru, yaitu dengan mengunduhnya di halaman 118.98.166.59/laman/unduh, setelah diunduh kemudian ikuti langkah berikut :
a. jalankan Patch -xxxxx.exe
b. pada pemilihan direktori pilih "c:\Program Files\Dapodikdas" kemudian pilih "Extract"
c. apabila ada pertanyaan file yang ditimpa pilih "Yes to All"
d. Tunggu sampai proses selesai
e. Buka aplikasi dan lakukan Force refresh (Ctrl+F5) auntuk membersihan cache

Nah...kita tunggu saja, patch-patch untuk versi terbaru selanjutnya sampai aplikasi dapodik benar-benar sempurna. Sehingga dapat mengakomodasi keinginan dan kemudahan bagi pengguna dan menjamin terjaringnya seluruh data pokok pendidikan di sekolah.

Demikianlah, semoga bermanfaat, dan salam rodajaman.



Anda sedang membaca artikel yang berjudul Jangan Kaget Jika Aplikasi Dapodik 2013 Tiba-Tiba Expired!. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Jangan Kaget Jika Aplikasi Dapodik 2013 Tiba-Tiba Expired! ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Jangan Kaget Jika Aplikasi Dapodik 2013 Tiba-Tiba Expired! sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

21 komentar:

  1. setelah diinstall data yang dimasukkan apakah oleh operator apa kita sendiri yang memasukkan...trimakasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya untuk pengisian dapodik cukup operator sekolah saja yang bertanggung jawab, PTK hanya mengisi instrumen dan memberikan data informasi yang diperlukan, tapi boleh juga kalau PTK mau membantu pekerjaan operator

      Hapus
  2. patch terbaru kapan datang om ?

    sudah beres smua validasi cmn PD dan PTK baru blm beres soalnya ga bisa di singkron

    BalasHapus
  3. ada pemberitahuan " ANDA TIDAK BERHAK MENGSINKRONISASI " ketika saya ingin melakukan sinkronisasi yg berikut nya setelah berhasil sinkronisasi awal. apa ya Pak Bagus penyebab nya....apa karena saya telah melakukan generate file data prefill saya dan mengunduh nya..........Praktis sy tdk bisa melakukan sinkronisasi lg, seolah olah saya di blokir....salah apa saya apa ya....nasib....jadi operator...DL......

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kok bisa begitu ya..coba diulang-ulang terus sinrkonisasi

      Hapus
  4. Dapodik baru kenapa banyak menyulitkan opearator sekolah ya? seharusnya penanggung jawab dapodik membuat program yang sempurna agar operator ga terlalu tersita energinya untuk dapopdik. ada expired segala, tidak singkron, dll. Sementara tugas operator sekolah sangat banyak bukannya hanya mengisi dapodik thok.. Mohon perhatian Penanggung jawab dapodik atau siapapun yg kompeten, tksh

    BalasHapus
  5. saya udah update/udah mnegunduh dan menyimpan path 204, tapi stelah di dapodikdas pilihan exrakt nya ko g ada tlg dong dimana tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di klik saja patch hasil downloadnya, nanti otomatis ekstak dan nginstal sendiri

      Hapus
  6. Untuk path 2.04 tidak ada menu SKHUN. Apabila di validasi No. SKHUN invalid

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengisian nomor peserta UN (SKHUN) tidak lagi di menu ubah, tapi di menu registrasi, coba saja

      Hapus
  7. Absensi siswa bisa didownload, tetapi profil sekolah tidak bisa. Sudah download dan copas template tetap tidak bisa download profil, Gimana solusinya?

    BalasHapus
  8. Dapodik ku punya masalah:
    1. Mapel PKn untuk Kep Sek muncul 2 nama yang sama tapi JJM nya tidak sama dihapus tidak bisa
    2. Beranda depan bawah ikon validasi muncul data PTK dengan nama sama persis dihapus tidak bisa
    3. Mohon solusinya Pak

    BalasHapus
  9. Mohon solusinya:
    1. PTK muncul 2 nama dan data yang sama (tidak dapat dihapus) salah satu.
    2. Muncul 2 mapel (PKn) yang sama dalam 1 rombel namun JJM nya tidak sama (tidak dapat dihapus) salah satu.

    BalasHapus
  10. bapa saya tidak bisa unduh profil caranya gimana,,

    BalasHapus
  11. bagaiman jikalau sudah terlanjur di aninstal? bagaimana cara mendapatkan persi terbaru yg bisa di instal kembali??

    BalasHapus
  12. bagaiman jikalau sudah terlanjur di aninstal persi lama?? bagaiman cara mendapatkan persi terbaru yang bisa diinstal kembali???

    BalasHapus
  13. Org tidak kaget dengan aplikasi expiredenya mas,...tpi yg bikin kaget itu ada ya org bodoh bikin aplikasi yg ga sempurna tpi d paksain untuk diterapkan...lucu banget,sama betul dgn mentri nya yg bikin jadwal UAN ky jadwal keberangkatan jamaah haji,ga merata....sorry ya klo gue berkata jujur

    BalasHapus
  14. bpk, gemana cara atasi "Tugas tambahan tidak valid" untuk Kep Sek pada menu INFO PTK....mohon pencerahan...

    BalasHapus
  15. assalamualaikum pak Agus.....

    mohon pencerahan,
    betulkah data dapodik bisa hilang termakan kaspersky crack2an yang terinstall di komp/laptop kita?

    terimakasih

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum Pak Agus...
    mohon pencerahan,

    betulkah data dapodik kita bisa hilang termakan kaspersky crack2an yang terinstall di komp/laptop kita?

    terima kasih......

    BalasHapus