\ Belum Terlambat untuk Mempelajari Aplikasi Dapodikdas 2013

Belum Terlambat untuk Mempelajari Aplikasi Dapodikdas 2013

Share on :
Assalamu'alaikum rekan rodajaman. Alhamdulillah bisa update kembali. Setelah masa berkenalan dan PDKT dengan Aplikasi Dapodikdas 2013, ternyata semakin menarik saja untuk mendalami lebih jauh tentang aplikasi dapodik 2013 yang terus berkembang yang saat ini sudah pada versi 2.0.3. Adanya perbedaan dengan aplikasi dapodik sebelumnya, maka diperlukan sumberdaya dan kemampuan untuk menggunakannya. Mulai dari mempersiapkan perangkat komputer dengan spesifikasi khusus, pengenalan dan pemahaman dalam penggunaan aplikasi, hingga proses sinkronisasi data.


Aplikasi dapodikdas 2013 tetap berdasarkan pada 3 entitas data yaitu data sekolah, data peserta didik dan data pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Pada aplikasi dapodikdas 2013, perincian modul dan kolom data tersebut diperjelas dengan menampilkan menu utama yaitu Beranda, Sekolah, Peserta Didik, PTK, Sarpras, dan Rombongan Belajar. Data pada menu-menu tersebut semuanya penting dan dapat mempengaruhi satu sama lain. Sebagian besar data sudah tersedia pada data prefill dapodik 2012, jadi operator hanya melengkapi dan memperbaharui data. Dalam proses pengisian dan pembaharuan data sebaiknya dilakukan secara berurutan, dengan skala prioritas agar mudah, cepat dan lengkap.

Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya bahwa Dapodikdas 2013 dengan aplikasi baru pasti ada masalah baru, maka cermati sebelum melangkah lebih jauh dalam mengisi data aplikasi dapodik 2013. Masalah yang ada dapat dijadikan bahan pelajaran untuk mempelajari aplikasi dapodik 2013. Di awal tugas operator dapodik 2013 sebenarnya adalah menyelesaikan PR dari data yang harus dilengkapi dan diperbaharui. Langkah awal yang dilakukan operator sekolah dalam mengisi aplikasi dapodikdas 2013 antara lain :
  1. Melakukan validasi data, lihat hasil validasi, ada berapa data invalid yang harus diperbaiki (bertanda seru)
  2. Lakukan perbaikan terlebih dahulu pada data invalid pada hasil validasi
  3. Berdasarkan hasil validasi, mulailah mengisi data, melengkapi data secara berurutan
  4. Selalu cek jumlah data invalid, pastikan terus berkurang hingga benar-benar bersih dan jumlah data invalid = 0
  5. Setelah data invalid kosong, mulailah melengkapi data secara rinci dari masing-masing menu utama aplikasi dapodik 2013
  6. Segera lakukan sinkronisasi awal. Untuk melakukan sinkronisasi harus bebas dari data invalid, jika masih ada data invalid lanjutkan pengisian data.
  7. Jika berhasil melakukan sinkronisasi awal, maka untuk sementara kita berhasil menyelamatkan data dan menyimpan hasil pekerjaan pendataan dapodik 2013 sekaligus memperbaharui data prefill dapodik.

Karena sebenarnya tujuan utama pendataan dapodikdas 2013 adalah :
  • Melakukan update data dapodikdas untuk tahun 2013/2014
  • Memperbaiki, melengkapi, dan memperbaharui data sekolah, data peserta didik, dan data PTK
  • Meregistrasi peserta didik
  • Meregistrasi PTK dengan melakukan penugasan PTK
  • Meningkatkan kualitas data dapodikdas 2013.
Demikianlah tips menggunakan dan mengisi data aplikasi dapodik 2013, karena masih banyak data yang harus dilengkapi, telitilah dan berhati-hatilah dalam menggunakan aplikasi dapodik 2013. Semoga bermanfaat dan salam rodajaman.



Anda sedang membaca artikel yang berjudul Belum Terlambat untuk Mempelajari Aplikasi Dapodikdas 2013. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Belum Terlambat untuk Mempelajari Aplikasi Dapodikdas 2013 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Belum Terlambat untuk Mempelajari Aplikasi Dapodikdas 2013 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

8 komentar:

  1. terima kasih banyak pak, informasinya benar-benar sangat berguna.

    BalasHapus
  2. Sekolah sy sudah instal aplikasi dapodikdas 2013 prefilnya sudah di downloard tetapi setelah registrasi masih tetap gagal apa penyebabnya ya? Mohon bantuannya tak lupa sy ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya karena "prefill_dapodik" di drive C masih salah penulisannya. silahkan bertul2 diperhatikan hurufnya dan jangan ada spasi pada kata "prefill_dapodik"

      Hapus
  3. PAK SAYA ADA MASALAH DAPODIK, MASALAHNYA PADA DATA PREFIL AWALNYA SEMPURNA TAK ADA YANG SALAH. TAPI SELANG BEBERAPA HARI SAYA CEK DATA PREFIL ( di blok peserta didik ) KOK MUNCUL 4 SISWA GANDA ( 1 siswa terdaftar 2x) DAN 4 SISWA HILANG. CONTOHNYA UNTUK BLOK PESERTA DIDIK ( di halaman 1 muncul nama siswa ANA, maka di halaman 2 juga muncul nama ANA. kalau nama siswa di halaman 1 yg bernama ANA saya ganti dengan nama siswa yang hilang misalnya yang hilang BUDI, maka nama ANA di halaman 2 juga ikut berubah menjadi BUDI...) TAPI DI ROMBEL SEMPURNA TIDAK ADA YANG GANDA. SOLUSINYA BAGAIMANA PAK.

    BalasHapus
  4. pak mau tanya untuk penambahan saspras nama barangnya bisa masuk cuma kita input jumlahnya kok gak mau ya pak.. Trima kasih

    BalasHapus
  5. Pak saya data kelas VII belum bisa ke tabel utama kenapa??????

    BalasHapus