\ Pentingnya Kode Registrasi dan Data Prefill di Dapodik 2013

Jumat, 18 Oktober 2013

Pentingnya Kode Registrasi dan Data Prefill di Dapodik 2013

Share on :
Assalamu’alaikum rekan rodajaman. Setelah aplikasi dapodikdas 2013 resmi beredar, sampai saat ini sayapun belum mencoba registrasi aplikasi dapodik 2013. Untuk melakukan registrasi aplikasi dapodikdas 2013,  syarat utamanya adalah harus mempunyai Koreg atau Kode Registrasi Sekolah. Selain Kode Registrasi juga harus tersedia Data Prefill Dapodik. Sedangkan hingga saat ini, kode registrasi sekolah belum dibagikan oleh KK-Datadik Dinas Pendidikan Kabupaten.

Apa itu kode registrasi sekolah? Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KK-DATADIK Dinas Pendidikan masing-masing daerah. Pastikan rekan rodajaman menggunakan kode registrasi sekolah sendiri dan tidak membagi atau memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan. Kode Registrasi digunakan pada saat registrasi awal di aplikasi (aktivasi). Jika rekan rodajaman sudah menerima kode registrasi sekolah, simpan baik-baik koreg tersebut, karena merupakan rahasia sekolah.

Selain Koreg, hal yang tidak kalah pentingnya adalah Data Prefill.  Pada aplikasi pendataan versi 2012, data prefill hanya terbatas pada PTK dan tidak uptodate, namun pada aplikasi dapodik versi 2013 sudah menyertakan data prefill yang diambil dari data pengiriman aplikasi 2012. Jadi nantinya di aplikasi dapodik 2013 sudah berisi data yang kita kirim sebelumnya yaitu data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah per tanggal 1 Juli 2013, kemudian data tersebut akan di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru, sekolah hanya tinggal mengentri data siswa baru, Pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi di aplikasiversi sebelumnya.

Untuk mengunduh Data Prefill Dapodik 2013, syaratnya harus mempunyai Kode Registrasi Sekolah. Cara mengunduh data prefill adalah dengan mengunjungi halaman Informasi Dapodikdas 2013 dengan alamat http://118.98.166.59  lalu pilih menu Download, pilih dan klik Prefill, masukkan kode registrasi sekolah, lalu klik Download atau langsung menuju http://118.98.166.59/laman/prefill.


Demikianlah sekedar cataatn tentang kode registrasi sekolah dan data prefill dapodik 2013, sebagai persiapan mengentri data dapodikdas 2013, semoga bermanfaat dan salam rodajaman.


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Pentingnya Kode Registrasi dan Data Prefill di Dapodik 2013. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Pentingnya Kode Registrasi dan Data Prefill di Dapodik 2013 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Pentingnya Kode Registrasi dan Data Prefill di Dapodik 2013 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

13 komentar:

  1. semoga info yang ingin disampaikan mas agus sampai pada orang yang betul betul mencari artikel dan informasi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas agus setya...cerita keretanya bagus juga

      Hapus
  2. ikutan komen aja deh walau ngga ngerti. hehe. salam kenal juga ya. ngga ikutan kuliah di PT sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sabda awal, salam kenal kembali...

      Hapus
  3. salam kenal dari Pekanbaru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali...terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  4. Terima kasih pak Agus..Sngat bermanfaat..

    BalasHapus
  5. Mohon perhatikan bagi sekolah yang untuk meng-copy-kan prefil pada folder instaler Dapodik versi terbaru. Jika saat memasukan kode reg ternyata ada sedikit masalah chek kembali download-an prefilnya.

    BalasHapus
  6. Salam Kenal pa, Maaf pa saya operator dr smpn 4 ciawigebang kab. kuningan jawa barat. mohon bantuannya, saya udah mencoba mengaktipkan aplikasi dapodikdas versi 2.0.3 serta udah mendownload prefillnya tapi pas registrasi tidak bisa, malah muncul keterangan kode registrasi tidak di temukan, saya lakukan itu berulang-ulang tapi tetap seperti itu, saya sudah memastikan ke dinas kabupaten bahwa kode nya betul. mohon bantuannya pa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. - pastikan folder prefill_dapodik sudah dibuat di drive C:
      - saat registrasi, kosongkan kolom yahoo messenger dan skype

      Hapus
  7. laptop sekolah rusak dan akan ganti dengan yang baru, masalahnya data dapodik 2012 ikut hilang,bagaimana mengatasinya?mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aplikasi 2012 yang hilang kan kita masih bisa membacanya di prefil dapodik yang dapat dibuka di aplikasi 2013
      atau cara lain kita download saja database di www.pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id, lalu instal aplikasi 2012 dan restore file db hasil donwloadan

      Hapus