\ Dapodik Beres, Pencairan Tunjangan Profesi Triwulan 3 Lancar

Dapodik Beres, Pencairan Tunjangan Profesi Triwulan 3 Lancar

Share on :
Assalamu'alaikum rekan rodajaman. Saya pernah menulis tentang SKTP terbit, tunjangan cair, dapodik berakhir. Maksudnya, SK Tunjangan Profesi dapat diterbitkan berdasarkan kelengkapan data PTK yang ada di Dapodik. Setelah menerima SKTP, maka PTK berhak menerima Tunjangan Profesi. Karena dengan suksesnya dapodik, maka terbitlah SK Tunjangan Profesi. Lalu apakah dapodik yang terdiri atas 3 entitas data, yaitu data sekolah, data peserta didik dan data PTK tersebut masih berlanjut?, ternyata dapodik akan terus dikembangkan bahkan Dapodik yang sekarang bernama Dapodikdas akan menjadi satu-satunya data resmi pendidikan di Kemendikbud, dengan slogannya Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Data.

Pada posting Guru Bersertifikat Was-Was Karena Dapodik Belum Valid, saya mengatakan bahwa peran dapodik sangat penting untuk kepentingan guru khususnya yang menyangkut tunjangan. Apabila dapodik tidak valid, maka dikhawatirkan guru yang sudah sertifikasi tidak mendapatkan SK Tunjangan Profesi. Buktinya, dengan masih adanya rekan guru yang belum memiliki SKTP 2013 dan hingga Triwulan 3 belum bisa merasakan dana tunjangan. Tidak terbitnya SKTP, umumnya disebabkan karena kekurangan jam mengajar tidak mencapai 24 jam linier.
Saat ini sudah dirilis Aplikasi Dapodikdas 2013. Namun aplikasi Dapodik 2013 lebih diperuntukkan bagi pendataan tahun pelajaran 2013/2014. Sedangkan SK Tunjangan Profesi yang sudah diterbitkan dan berlaku 1 tahun ini, didasarkan dari dapodik tahun pelajaran 2012/2013. Bagi rekan guru yang ingin mengecek datanya valid atau belum bisa baca artikelnya di Cara Terbaru Cek Kualitas Data Guru/PTK.

Bagi guru yang menantikan tunjangan, saat ini sudah masuk tahap pencairan Triwulan 3. Jadwal Pencairan Tunjangan Profesi Triwulan 3 adalah tanggal 9-16 Oktober 2013, terutama bagi guru yang menerima tunjangannya langsung dari pemerintah pusat. Silakan cek rekening anda, siapa tahu dana tunjangan profesi sudah dibayarkan. Guru yang menerima tunjangan langsung dari pusat adalah guru non PNS, guru PNS dibawah naungan Pemerintah Provinsi dan Guru SLB.

Pada Pencairan Tunjangan Profesi Triwulan III tahun 2013, data tetap berdasarkan dari Dapodik. Untuk sementara data yang diambil adalah data Semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Tetapi, bagi guru yang merasa sudah punya SKTP, dan sudah menerima tunjangan, jangan senang dulu. Karena pencairan tunjangan profesi triwulan 3 ini akan di evaluasi kembali menggunakan data dari pengiriman data DAPODIKDAS 2013 semester 1 tahun pelajaran 2013/2014, jika ternyata tidak memenuhi persyaratan, maka PTK tersebut wajib mengambalikan Tunjangan Profesi yg telah diterima dan tidak akan menerima tunjangan pada periode berikutnya.

Jadi, segera cek rekening bank masing-masing, lalu lengkapi data pada dapodikdas 2013, maka mudah-mudahan dapat terus menerima tunjangan, karena memang sudah haknya. Demikianlah info tentang pencairan tunjangan profesi triwulan 3 2013 semoga bermanfaat, dan salam rodajaman.

Anda sedang membaca artikel yang berjudul Dapodik Beres, Pencairan Tunjangan Profesi Triwulan 3 Lancar. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Dapodik Beres, Pencairan Tunjangan Profesi Triwulan 3 Lancar ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Dapodik Beres, Pencairan Tunjangan Profesi Triwulan 3 Lancar sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

9 komentar:

  1. trima kasih banyak untuk infonya

    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. bagaimana kita mau mengisi dapodikdas 2013 karena belum dapat kode registrasi dari dinas. apakah kode registrasinya sama dengan dapodik 2012/2013 apakah berbeda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode registrasi dapodik 2013 tidak sama dengan 2012, kalau belum dapat tunggu saja kode registrasi akan dibagikan dari dinas setempat

      Hapus
    2. KAMI SUDAH DAPAT KODE REGISTRASI, TAPI WAKTU MO REGISTRASI KAGAK BISA MAS, KALO CUMA MO DOWNLOAD DATA PREFILLNYA BISA, SEBENARNYA DIMANA LETAK KESALAHANNYA, MOHON PENCERAHANNYA MAS

      Hapus
  3. maaf mau tanya kenapa kok tidak bisa kirim data dapodik t.p 2012/2013 lagi yach..
    karena di tempat saya masih ada satu guru yang belum keluar tunjangan sertifikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, pengiriman dapodik 2012/2013 via aplikasi bukannya sudah ditutup? tapi masih bisa diperbaiki dengan cara kirim database via email ke dapodik pusat atau hubungi admin tunjangan profesi dinas kabupaten

      Hapus
  4. Makasih Infonya Pa Agus, smga bermanfaat dan yg memberi info mendptkan berkah

    BalasHapus
  5. Permisi,,,, ane mau berbagi cara merawat laptop gratis di www.infobagusnih.blogspot.com

    BalasHapus