\ Cara Mendaftar CPNS Online 2013 Melalui sscn.bkn.go.id

Selasa, 03 September 2013

Cara Mendaftar CPNS Online 2013 Melalui sscn.bkn.go.id

Share on :
Assalamu'alaikum rekan rodajaman. Telah dibukanya pendaftaran CPNS tahun 2013 di beberapa instansi pemerintah, membuat para peminat pendaftar CPNS mulai mempersiapkan diri dengan mencari informasi tentang tata cara pendaftaran CPNS 2013 atau mekanisme pendaftaran CPNS 2013.


Tahun ini, sistem pendaftaran dan tes seleksi menerapkan sistem baru. Pendaftaran CPNS 2013 dilaksanakan secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran online. Melalui situs resmi Pendaftaran CPNS 2013, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) memberikan informasi alur pendaftaran CPNS tahun 2013.
Pemerintah bertekad menyelenggarakan sistem pengadaan CPNS 2013 dengan transparan dan akuntabel serta bebas dari KKN. Sistem pendaftaran CPNS online ini diperuntukkan bagi pelamar CPNS yang akan mengisi formasi umum di instansi pusat maupun daerah.

Proses Pendaftaran CPNS online Tahun 2013 terdiri dari:

1. Melakukan pendaftaran

  • Kunjungi situs resmi BKN http://sscn.bkn.go.id
  • Klik link Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru.
  • Isi formulir registrasi yang muncul.
  • Pastikan isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP.
  • Pastikan isian formasi dan pendidikan yang dilamar sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki.
  • Klik tombol Kirim Pendaftaran untuk memproses pendaftaran dan no registrasi pendaftaran.
  • Cetak tanda bukti pendaftaran : 
  • Tanda bukti pendaftaran berupa file dalam format PDF yang dapat disimpan di flashdisk dan dapat dicetak ditempat lain.
  • Tanda bukti pendaftaran yang sudah dicetak agar dibawa pada saat verifikasi dokumen lamaran di panitia penerimaan CPNS masing-masing instansi.

2. Melakukan verifikasi dokumen

  • Verifikasi dokumen dilakukan oleh Panitia Penerimaan CPNS yang ada pada masing-masing instansi yang dilamar.
  • Dokumen lamaran agar dibawa oleh pelamar yang bersangkutan.
  • Verifikasi dokumen tersebut untuk memastikan kesesuaian data pelamar pada isian formulir pendaftaran dan pilihan formasi serta pendidikan apakah telah terisi dengan data yang benar.

3. Mengikuti ujian seleksi pada waktu yang telah ditentukan.

  • Jadwal ujian seleksi CPNS dapat dilihat pada link Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS.

4. Melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman.

  • Hasil seleksi ujian dapat dilihat pada link Hasil Seleksi CPNS Nasional dengan memasukkan no peserta ujian.


Pelaksanaan tes CPNS 2013 tidak dipungut biaya apapun dari mulai pendaftaran online, verifikasi berkas, pelaksanaan ujian hingga pengumuman kelulusan. Nantinya pengumuman kelulusan juga akan diumumkan secara terbuka di media massa.



Demikianlah untuk lebih jelasnya silakan lihat alur mekanisme pendaftaran CPNS 2013 di atas, semoga bermanfaat, dan salam rodajaman.




Anda sedang membaca artikel yang berjudul Cara Mendaftar CPNS Online 2013 Melalui sscn.bkn.go.id. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Cara Mendaftar CPNS Online 2013 Melalui sscn.bkn.go.id ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Mendaftar CPNS Online 2013 Melalui sscn.bkn.go.id sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

15 komentar:

  1. apakah pendaftaran dan pengisian form pendaftaran secara on line,setelah keluar pengumuman pormasi di daerah masing masing

    BalasHapus
  2. sebenarnya kapan pendaftaran cpns dimulai diseluruh daerah di indonesia //
    kapan keluar formasi y ??

    BalasHapus
  3. Kalau pendaftaran cuman setara smk bisa gk ya ,,,, balass

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk formasi CPNS dari SMA/SMK di instansi pemerintah silakan baca disini http://rodajaman.blogspot.com/2013/09/instansi-pemerintah-yang-menerima.html

      Hapus
  4. aq kan udah ngisi form pendaftaran cpns tapi setelah cetak nomor pendaftaran ko ga muncul nomr'y d.pdf'y yahh??
    mohon infonya.

    BalasHapus
  5. saya ingin bertanya....
    Apakah di web BKN bisa mendaftar lebih dari satu badan/lembaga untuk cpns?
    apabila saya ingin melamar 2 badan/lembaga melalui BKN, apakah pada pendaftaran yang kedua data saya akan ditolak/diblok? atau boleh2 saja mendaftar lebih dari satu badan lembaga?
    mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan saya juga sama, apabila mendaftar di 2 lembaga berbeda apakah bisa, atau salah satunya ada yg menjadi tidak valid/hangus? mohon pencerahannya, terimakasih

      Hapus
  6. saya tidak mendapat nomor pendaftaran setelah melakukan pengisiaan formulir dan mencetak. mohon bantuannya..

    BalasHapus
  7. Saya mendaftar di instansi pemerintah daerah di kalimantan.. Tapi saya berasal dari riau.. Bagaimana saya verifikasi berkas secara langsung sdgkan kendala jarak menjadi faktor yang menghambat saya... Apakah bisa berkas lamaran semua yang dibutuhkan saya kirim via pos saja.. ???Untuk ujian baru saya kesana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf..kalimantanya mana? berkas bisa dikirim via pos lebih rincinya coba dilihat di http://www.kalteng.go.id/userfiles/file/BADAN/BKD/CPNS%202013/Pengumuman-CPNS-FINAL-untuk-tayang.pdf

      Hapus
  8. berpengaruh ga saat verifikasi kalo DANUAN SD hilang? saya ingin ikut CPNS
    mohon infonya apa saja yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
  9. Knpa pda kolom pilih lokasi kerja, jabatan dan pendidikan pda saat di klik tidak ada muncul plihannya?

    BalasHapus
  10. pertanyaan saya sama dengan mas Agus
    Knpa pda kolom pilih lokasi kerja, jabatan dan pendidikan pda saat di klik tidak ada muncul plihannya?
    Balas

    BalasHapus
  11. kenapa di provinsi aceh khusunya kabupaten kabupaten tidak ter on line.....balas

    BalasHapus
  12. Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra selatan, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 30 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk EDI SUJITNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya untuk kenaikan golongan, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Nama dan nomor tes Alhamdulillah sayapun lulus tes tulisan dan tes wawancara, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Dr.EDI SUJITNO SH,Msi Tlp:0823-18977712 Siapatau Beliau Masih Bisah Bantu.

    BalasHapus