\ Jadwal Terbaru Tahapan Pelaksanaan Tes CPNS 2013

Selasa, 20 Agustus 2013

Jadwal Terbaru Tahapan Pelaksanaan Tes CPNS 2013

Share on :
Assalamu'alaikum rekan rodajaman. Kali ini akan saya informasikan jadwal tes CPNS tahun 2013 yang terbaru. Jadwal Tes CPNS menggunakan sistem CAT akan dimulai tanggal 29 September 2013, sedangkan tes CPNS menggunakan LJK akan dilaksanakan tanggal 3 November 2013. Bagi rekan rodajaman yang berencana mengikuti tes CPNS 2013, berikut ini berita terbaru seputar pelaksanaan Tes CPNS, bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar sudah menerima master soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) untuk Ujian CPNS tahun 2013, yang yang disusun oleh Konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Penyerahan master soal yang dilakukan di Kementerian PANRB tanggal 19 Agustus 2013, yang dihadiri oleh tim Panselnas Pengadaan CPNS antara lain dari Lemsaneg, Kemendikbud, Puspendik, BKN, BPPT, BIN, dan konsorsium PTN. Master soal tersebut kemudian oleh Menteri PANRB diserahkan kepada Tim dari Puspendik untuk diverifikasi dan divalidasi untuk keakuratan dan kelayanakan. 

Ada beberapa hal yang disampaikan Kementerian PANRB dan Panitia seleksi nasional pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengenai persiapan tes CPNS 2013 yaitu ...
  • Mengapresiasi tim konsorsium karena telah membantu Tim Panselnas dalam menyusun soal tes CPNS tahun 2013. 
  • Menegaskan agar seluruh tim kerja Panselnas tahun 2013 segera menyiapkan perangkat pelaksanaan dan pedoman, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Serta melaporkan progress setiap tahapannya dengan memperhatikan jadwal yang sudah direncanakan. 
  • Penerimaan CPNS diharapkan dapat menjadi pondasi pembentukan PNS profesional dan birokrasi Indonesia yang modern menuju birokrasi kelas dunia. 
  • Pelaksanaan tes CPNS dibagi dalam dua metode, yaitu sitem yang menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK) dan sistem Computer Assested Test (CAT).  Bagi yang melaksanakan sistem CAT, Tes CPNS akan dimulai pada tanggal 29 September 2013. Ada 19 Kementerian dan Lembaga yang telah mendaftar untuk difasilitasi pelaksanaan tes CPNS 2013 dengan sistem CAT.
  • Tes CPNS melalui sistem LJK baik dari kategori 2 maupun pelamar umum direncanakan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 3 November 2013. 
  • Menghimbau kepada para pelamar yang ikut Ujian CPNS baik dari pelamar umum, Honorer K2, jangan terkecoh dan terbujuk rayu, iming-iming  orang bisa meluluskan menjadi CPNS, itu tidak benar.  Sebab kementerian PANRB sudah banyak menerima laporan semacam itu. Lebih baik laporkan saja ke Kementerian PANRB apabila ada orang yang menyatakan demikian. 
  • Pengadaan CPNS tahun 2013 ini dilakukan secara terbuka dan transparan, dari segi kelulusan nanti juga akan diumumkan secara terbuka di media massa. Yang perlu disiapkan oleh para peserta Tes, belajar sungguh-sungguh dan fokus.
  • Jadwal Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) akan diadakan tanggal 29 September 2013 bagi yang menggunakan sistem CAT untuk Pelamar Umum, dan jadwal tes dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK) untuk pelamar umum dan Honorer Kategori 2 tanggal 3 November 2013, sedangkan jadwal tes bagi sekolah kedinasan mulai September sampai dengan Oktober 2013.
Berikut ini jadwal terbaru tahapan pelaksanaan Tes CPNS 2013
Demikian yang dapat kami sampaikan terimakasih, dan salam rodajaman.



Anda sedang membaca artikel yang berjudul Jadwal Terbaru Tahapan Pelaksanaan Tes CPNS 2013. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Jadwal Terbaru Tahapan Pelaksanaan Tes CPNS 2013 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Jadwal Terbaru Tahapan Pelaksanaan Tes CPNS 2013 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

7 komentar:

  1. Informasinya sangat Bermanfaat Gan. Baca juga ini. Semoga bermanfaat. Di tunggu kunjungan baliknya,
    Jadwal Penerimaan CPNS terbaru

    BalasHapus
  2. Maaf kalo informasi tentang daftar nama tenaga honorer kategori II untuk tenaga pendidik dan kependidikannya dimana ya alamat linknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. daftar honorer K-2 seluruh Indonesia coba lihat disini http://bkn.go.id/in/component/content/article/2328.html

      Hapus
  3. Jika kita ikut tes CAT, apakah bisa juga ikut tes LJK??????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak tahu, mungkin tergantung jadwal tesnya, tiap instansi menggunakan sistem yang berbeda

      Hapus
  4. MOHON JANGAN ADA LAGI PUNGUTAN-PUNGUTAN TERTENTU UNTUK MELOLOSKAN MENJADI PNS.....

    BalasHapus
  5. mohon bantuan nya daftar daerah penerimaan cpns dan cara pendaftaran nya,call number 085271400966

    BalasHapus