\ Menyambut Rilis Versi Terbaru Aplikasi Dapodik 2013

Senin, 29 Juli 2013

Menyambut Rilis Versi Terbaru Aplikasi Dapodik 2013

Share on :
Assalamu’alaikum, rekan rodajaman. Sudah lama tidak mengulas tentang dapodik, kali ini sedikit menyinggung tentang rencana diluncurkannya aplikasi dapodik terbaru untuk tahun 2013/2014 yang kabarnya akan diedarkan di bulan Agustus setelah lebaran nanti. Memang, setahun belakangan dapodik telah terbukti sukses dalam pendataan pendidikan. Dapodik sudah dapat dimanfaatkan sebagai sumber data untuk berbagai kepentingan terutama adalah untuk bantuan seperti BOS, BSM, dan aneka tunjangan guru.

Demi menyambut aplikasi dapodik veris terbaru untuk tahun 2013/2014, di bulan Juli ini Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar kembali menggelar Training of Trainer (ToT) Pendataan Pendidikan Dasar. Pesertanya operator Data Pokok Pendidikan tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Jumlah peserta ToT 530 orang, terdiri dari 33 operator Dapodik Provinsi dan 497 operator Dapodik Kabupaten/Kota. Karena banyaknya jumlah peserta, ToT digelar dalam lima gelombang.

Berikut ini beberapa point yang dibahas dan disosialisasikan mengenai dapodik 2013 dalam kegiatan TOT Pendataan Dikdas di Bandung.
  • Pembaruan (updating) data harus dilakukan secara berkala. Sebab perubahan yang terjadi pada tiga entitas pendidikan yaitu peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan satuan pendidikan selalu terjadi. Pembaruan pun tak perlu menunggu tahun ajaran baru.
  • Pembaruan data pada Dapodik dapat dimanfaatkan untuk mengetahui penyerapan siswa di jenjang SD dan SMP. Kita bisa tahu persentase lulusan siswa Taman Kanak-kanak yang masuk ke SD. Begitupula lulusan SD yang diserap di bangku SMP dapat diketahui persentasenya.
  • Pembaruan data juga dapat mengungkap besaran anggaran yang diperlukan untuk memberi tunjangan kepada guru. Sebab ada keterkaitan antara jumlah guru tersertifikasi dengan penyaluran dana tunjangan profesi
  • Perubahan infrastruktur harus segera disikapi dengan pembaruan data pada Dapodik juga dapat memberi rujukan, misalnya, berapa jumlah perpustakaan yang diperlukan suatu daerah.
Dalam kegiatan tersebut juga diungkapkan beberapa kendala dalam pendataan di beberapa daerah seperti berikut ini ...
  • Kendala penjaringan data oleh operator Data Pokok Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten ternyata tak jauh beda dengan yang dihadapi operator Dapodik di Kabupaten lain. Ketiadaan operator sekolah, sulitnya akses internet, dan kurang kompetennya tenaga yang ada menyebabkan mereka turun ke lapangan.
  • Kendala penjaringan data pokok pendidikan di berbagai daerah beragam. Namun, umumnya, persoalan itu mengerucut pada akses dan sumber daya manusia.
  • Banyak sekolah yang letaknya jauh dari ibukota kabupaten, operator Data Pokok Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten terpaksa turun langsung ke lapangan. Dari beberapa kecamatan di sebuah kabupaten, ada yang sulit terjangkau. Operator Dapodik Dinas Pendidikan terpaksa menyambangi sekolah-sekolah di kecamatan tersebut.
  • Ketiadaan SDM juga jadi kendala terbesar. Rata-rata SD tidak memiliki pegawai tata usaha. Hal demikian juga terjadi di sebagian SMP. Andaipun punya pegawai tata usaha, kompetensi mereka dalam bidang teknologi informasi kurang memadai.
Dalam pendataan dapodik tahun 2012, masih terdapat kelemahan dan kekurangan terutama pada kualitas data sekolah yang dapat dirangkum sebagai berikut ...
  • Kualitas data masuk kurang. Sebab rata-rata sekolah tidak memerhatikan pengisian data terkait sarana-prasarana sekolah. Hal ini terjadi lantaran muncul persepsi bahwa isian data itu tak memengaruhi bantuan dari Pemerintah Pusat. Perhatian mereka lebih banyak tertuju pada pengisian data guru
  • Isian data guru lengkap karena menyangkut sertifikasi dan tunjangan profesi, padahal sudah disampaikan bahwa data akan dipakai sebagai acuan dari Pusat untuk memberi bantuan kepada sekolah
Lalu bagaimana solusi untuk mengurangi kendala dan kelemahan dalam pendataan dapodik, berikut ini beberapa saran dan solusi dari Ditjen Dikdas yang disampaikan dalam TOT Pendataan Dikdas...
  • Sekolah dapat mengalokasikan sebagian dana Bantuan Operasional Sekolah untuk mengangkat tenaga operator.
  • Pengangkatan operator diperbolehkan tapi jangan dijanjikan jadi apa, sifatnya tenaga kontrak, hanya mengurus data Dapodik. Bagi yang bisa tergantung ketersediaan biaya.
  • Perlu penekanan bimbingan kepada operator sekolah untuk merawat data. Sebab hendaknya data yang dikirimkan tak lagi bersifat sampah atau banyak mengalami kesalahan pengisian. Kebenaran dan mutu data mestinya ditingkatkan. Setidaknya, pada akhir 2013, data bersih mencapai 96% dan data masuk 98%. 
  • Kepedulian terhadap sistem aplikasi pendataan haruslah dimiliki oleh berbagai pihak yang terlibat dalam pendataan.
Kita harus bangga sudah punya satu sumber data yaitu Dapodik. Nah..bagaimanakah bentuk aplikasi pendataan pendidikan dasar atau aplikasi dapodik 2013 yang akan segera dirilis, akankah lebih baik dan lebih mudah penggunaannya, kita nantikan saja. Dan bersiaplah kita semua untuk berpartisipasi mendukung dan melanjutkan program dapodik untuk kepentingan bersama.

Demikianlah yang dapat rodajaman sampaikan, terima kasih, salam persahabatan, dan salam rodajaman.

Sumber : dikdas.kemdikbud.go.id



Anda sedang membaca artikel yang berjudul Menyambut Rilis Versi Terbaru Aplikasi Dapodik 2013 . Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Menyambut Rilis Versi Terbaru Aplikasi Dapodik 2013 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Menyambut Rilis Versi Terbaru Aplikasi Dapodik 2013 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

31 komentar:

  1. lalu, kaitannya dengan PADAMU itu apa? operator sekolah bisa kwalahan klo dsuruh ngisi dua aplikasi ini. seperti cape 2 kali. padahal datanya msih itu2 juga ... klo datanya sedikit sih gpp, tpi klo banyak, rumit, datanya berubah2 gimana?

    tentang insentif operator, yg saya denger thun kmarin sbtulnya udah ada aturan2 yg jelasnya, stiap kepsek malahan katanya akan dikasih tahu tntang insentif bwt opp supy bisa komunikasi sama bndahara ... tpi knyataan di lapangan ... jumlah insentif yg dijanjikan itu mlah tidak sesuai dengan yg dijanjikan oleh opp disdik pas pnyuluhan ... kepsek + bndahara seperti ga tau apa2 soal informasi aturan insentif bwt opp ...... sbg opp diskolah ya kepaksa nrima seadanya tnpa protes, krena klo protes kan malu, ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener itu Pak...pekerjaan OPS makin banyak dan ruet smintara insentifnya gak pernah bertambah seperti brtambahnya pekerjaan OPS,...

      Hapus
  2. Terima kasih infonya..saya sebagai operator sekolah..sangat beruntung bisa mengetahui info ini..karena kita bs mempersiapkan data untuk menghadapi aplikasi baru nanti..

    untuk masalah insentif..mudah2an bisa diperjelas dan dikoordinasikan dengan pihak2 terkait..Supaya kita semua bs lebih semangat dalam pengisian dapodik nanti..

    BalasHapus
  3. Bagaimana menyesuaikan tahun akdemiknya pada dapodik semester I dan II th 2013/2014 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Dapodik versi sebelumnya memang tidak tersedia semester I dan II th 2013/2014, makanya sekarang akan diedarkan lagi aplikasi Dapodik versi terbaru. tentu saja bisa mendukung pendataan untuk tahun 2013/2014.

      Hapus
    2. Apakah yang anda maksud jawaban yang seperti ini???
      Memang benar pada aplikasi Dapodik versi yang Anda pakai sekarang (v1.13.0.1) itu tidak tersedia pilihan semester I dan II tahun pelajaran 2013/2014. Oleh karenanya dalam waktu dekat ini akan diedarkan aplikasi Dapodik versi terbaru, untuk melayani kebutuhan Bapak dan ribuah Operator dapodik yang lain. sehingga untuk pelaporan 2013/2014 bisa tercapai.

      Hapus
  4. Tuntaskan dulu verval NUPTK,KALAU SEMUA TUNTAS BARU MENGINJAK KE DAPODIK VERSI TERBARU.PERLU DIKETAHUI TENAGA DI LEMBAGA SEKOLAH MONIM SEKALI,APALAGI MASIH BANYAKNYA GURU GTT.......MAU APA.....SDIBAWA KEMANA SISWA-SISWA KITA.........

    BalasHapus
  5. osaya juga setuju dengan pak suroto...apalagi dapodik yang dulu masih juga menyisakan masalah bagi guru-guru keterampilan tataboga, elektronika, jasa dll juga belum bisa clesr

    BalasHapus
  6. Sebagai OPS , memang kita memiliki tanggung jawab moral tetapi apa mungkin kita sebagai orang kecil hanya disuruh kerja.. kerja ... dan kerja plus omelan dari teman sejawat bila TPGnya kurang lancar, emangnya OPS yang mengatur TPG. Ya...aaahhh. itulah yang paling dekat selama ini, omelan dan sindiran. Namun sebagai orang yang menyadari bahwa hidup mati rezeki dan jodoh berada pada tangan Beliau di atas sana kita hanya bisa berpasrah diri serta tulus melakoninya. Dengan dirilisnya DAPODIK 2013 semoga tambah simpel dan bisa sher dengan Siap Padamu Negeri. Makasaih atas info yang sangat bermanfaat ini. Mohon maaf bila ada kata atau perilaku yang kurang berkenan.

    BalasHapus
  7. Bila nanti telah dirilis , mohon diizinkan mendownload aplikasi tersebut sebab bila kita menunggu dari disdik biasanya agak lama sebab sekolah kami di pinggiran kota ( ratusan kilo dari disdik kab ) Makasi sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila pusat menilai dan menyimpulkan minimnya SDM dari operator sekokah kini kami balik mempertanyakan peran disdik dalam sosialisasinya, apakah sudah memadai,menyeluruh dan merata???

      Hapus
  8. Mudah-mudahan DAPODIK 2013 lebih baik dari DAPODIK sebelumnya dan Bila nanti telah dirilis , mohon diizinkan mendownload aplikasi tersebut sebab bila kita menunggu dari disdik biasanya agak lama

    BalasHapus
  9. Overview aplikasi dapodik 2013 bisa dibaca di http://cecepkhaerudin.wordpress.com. Semoga membantu

    BalasHapus
  10. ada PADAMU
    ada DAPODIK
    ada PAS
    .
    .
    .
    ADA APALAGI APLIKASINYA untuk jenjang SMA???!!!!

    BalasHapus
  11. Op utk SLB Kewalahan nih mengerjakan pendataan ada dapodik pas padamu negeri kmi tidak adaTU dikerjakan guru

    BalasHapus
  12. tenaga tata usaha sudah ada klo di bali dan sudah mampu menguasai serta melaksanakan aplikasi sayangny honorny yang tidak ada malah terkadang harus mengeluarkan kocek sendiri dihargai saja tidak krna tidak ada sk yg sah untuk operator serta honor yg tidak ada semua tata usaha statusnya hanya tenaga abdi

    BalasHapus
  13. Sabar..ya..para OPS, mudah2an dibalas Allah SWT dengan yang lebih baik.. Aamiin..

    BalasHapus
  14. enysetiawaty....masiha ada lagi....
    ada padamu
    ada dapodik.....
    ada PAS ......
    ....?????
    ADA....ADA SAJA.........

    BalasHapus
  15. sebenar nya ada permasalahan yang lebih krusial jika di bandingkan dgn masalah program aplikasi DAPODIK....YAITU KELANJUTAN NYA......PERCUMA OPERATOR SEKOLAH BERHASIL DALAM PENDATAAN DAPODIK......KALAU UJUNG NYA....PTK SEKOLAH YG BERSANGKUTAN TDK JUGA MENDAPATKAN TUNJANGAN SERTIFIKASI KARNA SK TDK TERBIT ..........KARNA TDK CUKUP NYA JJM LINIER SEBESAR 24 JAM.......BUBARKAN DAPODUK....BUBARKAN SERGUR........MERDEKA .....MERDEKA......

    BalasHapus
  16. Teman-teman seperjungan mari kita jalani dengan ikhlas.amin...heeeeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
  17. Ikut nyimak aja sebagai OPS kira-kira kapan terbitnya aplikasi dapodik 2013 pekerjaan udah numpuk ne....

    BalasHapus
  18. Apakah Dapodik 2013/2014 peng entrian datanya dari awal lagi? atau tinggal memasukkan data siswa baru atau bagaimana?

    BalasHapus
  19. seandainya aplikasi terbaru cepat keluar mudah-mudahan yang ngajar 24 jam di semester 1 tahun ajaran 2013-2014 dapat keluar sk tunjangannya walau hanya tinggal 6 bulan lagi

    BalasHapus
  20. berjuanglah para OPS sekolah, hidup jadi lebih indah manakala bermanfaat bagi orang lain, masalah rezeki biarkan Allah yang ngatur, karena kalau kita menolong orang lain dengan ikhlas maka rizki akan terus mengalir.

    BalasHapus
  21. semoga admin sekolah diberi kesabaran dan kekuatan dari Tuhan Yang maha Esa karena pekerjaan admin ternyata sangat melelahkan dan menyita waktu

    BalasHapus
  22. OPS tanggung jawabnya besar, tpi gajinya kecil. kasihan OPS.

    BalasHapus
  23. OPS sekarang jadi ORANG PALING SAKIT......

    BalasHapus