\ Cara Mengatasi Lupa Password untuk Login PTK di SIAP Padamu Negeri

Kamis, 04 Juli 2013

Cara Mengatasi Lupa Password untuk Login PTK di SIAP Padamu Negeri

Share on :
Assalamu'alaikum, rekan rodajaman. Walau belum sukses ke tahap VerVal Level 2, tapi sudah lega rasanya mengikuti alur VerVal NUPTK 2013. Karena proses pemutakhiran atau verifikasi dan validasi (VerVal) NUPTK 2013 ini memang agak membingungkan dan merepotkan (kalau tidak dipahami), tapi sebenarnya mudah (kalau mengikuti prosedur). Sesuai judul di atas, kali ini saya ingin berbagi tentang cara mengatasi password yang lupa pada saat login PTK Padamu Negeri.

Pada proses VerVal NUPTK, setelah admin mengaktivasi akun dan berhasil login, selanjutnya admin sekolah Padamu mengentri formulir A01 PTK dan mencetak tanda bukti verval level 1. Setelah PTK menerima Tanda Bukti VerVal Level 1, PTK melakukan aktivasi akun PTK yaitu membuat akun baru SIAP Padamu Negeri untuk PTK. Pada saat membuat akun, PTK sebaiknya mencatat userID yang berupa NUPTK dan password untuk login PTK. Nah..biasanya pada saat aktivasi akun PTK, password yang dibuat tidak dicatat, jadi bisa jadi hilang, atau lupa, atau bahkan tidak mengerti cara login PTK.

Seperti yang saya alami sendiri, ketika pertama melakukan login PTK saya dapat berhasil melakukannya, tapi di lain waktu saya mencoba login namun tidak berhasil, padahal saya yakin NUPTK dan password sudah benar. Tapi memang akibat terlalu banyak akun yang saya punya dan setiap akun mempunyai password yang berbeda, jadi mungkin saja password jadi lupa. Wah..saya awalnya sempat bingung juga bagaimana cara mengatasi lupa password untuk login PTK. Tapi akhirnya saya menemukan caranya juga, dan ternyata mudah. Dengan cara ini PTK yang lupa password akan direset atau dikembalikan password nya ke password standar yaitu kode aktivasi yang digunakan pada saat melakukan aktivasi akun PTK. Baiklah berikut ini akan saya berikan cara mudah mengatasi guru lupa password saat login Padamu Negeri...

PTK melaporkan kepada Admin/Operator Sekolah Padamu Negeri bahwa PTK tidak bisa login karena lupa password

Operator mencatat NUPTK yang bersangkutan

Operator melakukan login sekolah di http://padamu.siap.web.id/
Jika berhasil login akan tampil halaman seperti berikut ini
 



Kemudian klik menu Verifikasi dan Validasi




pada halaman tersebut, pilih dan klik Daftar Status VerVal NUPTK...akan muncul daftar nama PTK yang sudah diverval




Pada daftar status verval pilih nama pendidik dan tenaga kependidikan yang akan direset passwordnya, caranya klik tanda panah di sebelah kanan dan akan ada pilihan apakah akan cetak ulang tanda bukti atau atur ulang password. Pilih dan klik Atur Ulang Password, maka akan muncul pertanyaan konfirmasi apakah anda ingin mengatur ulang password PTK seperti berikut ini..


Pilih "Ya" untuk mereset ulang password, lalu siapkan printer untuk mencetak surat tanda bukti password baru atau surat pemberitahuan reset password PTK. Kalau sudah diprint maka operator akan mendapatkan Surat Pemberitahun Reset / Pengaturan Ulang Password yang berisi User_ID berupa NUPTK, Nama PTK dan Password Baru yang dapat digunakan untuk login PTK sebagai pengganti password yang lupa atau hilang, ini dia contoh suratnya....



Nah...kalau sudah ada pengganti password baru tersebut, operator segera memberikan surat tersebut kepada PTK yang lupa password. Lalu silakan PTK melakukan login di http://padamu.siap.web.id/ dan simpan surat password baru tersebut dan catat password baru tersebut, jangan sampai hilang lagi atau lupa lagi.

Demikianlah cara mereset password untuk mengatasi masalah lupa password saat PTK melakukan login di Padamu Negeri. Semoga bermanfaat, terima kasih, salam Persahabatan, salam RodaJaman.



Anda sedang membaca artikel yang berjudul Cara Mengatasi Lupa Password untuk Login PTK di SIAP Padamu Negeri. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Cara Mengatasi Lupa Password untuk Login PTK di SIAP Padamu Negeri ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Mengatasi Lupa Password untuk Login PTK di SIAP Padamu Negeri sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

24 komentar:

  1. Tks Infonya bang roja. Tapi sy mau minta bantu apa masalahnya kalau NPSN belum diverifikasi padahal kami sdh dapat akun sekolah dan sudah bisa login

    BalasHapus
  2. Terima kasih bang roja, atas info nya ,pas bangat bangat seperti yg saya alami,apa yg dikemukakan bang roja benar,sekali lg terima kasih banyak

    BalasHapus
  3. kalo lupa password akun sekolah gimana bang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi operator dinas, direset paswwordnya

      Hapus
  4. gimana caranya untuk pengiputan data yang salah sedangkan data sudah masuk online ......?
    trus masalah data NUPTK baru ko belum ada Nomor NUPTKnya biasanya berapa hari,berapa bulan,berapa tahun?
    mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan operator sekolah bisa mengedit datanya, pilih PTK, kik tanda panah sebelah kanan pilih edit data pendidik

      Hapus
  5. Bang Roja..! mau tanya nie..
    kalau kita salah menginput PTK, terus mau menghapus PTK tersebut gimana Bang? sedangkan PTK sudah diinput secara online?

    BalasHapus
  6. Gmana cranya minta aktfasi akun sekolah?

    BalasHapus
  7. TERIMA KSIH BANG ROJA ATAS INFORMASI NYA

    BalasHapus
  8. Saya mengalami KEMACETAN pada pengisian DATA RINCI, saat pengisian RIWAYAT MENGAJAR ( ada tulisan : Sedang memproses, harap tunggu... ) sampai lebih dari 1 jam. Bagaimana cara mengatasinya agar bisa lancar ?

    BalasHapus
  9. ma kasih bang roja atas infonya...

    BalasHapus
  10. maap mas mau tanya.,, saya salah memasukan alamat email pada saat melakukan aktivasi akun siap, oleh karena itu saya belum bisa login sebagai admin dikarenakan belum melakukan verifikasi melalui email. apakah ada cara untuk mengganti email tersebut agar saya dapat masuk sebagai admin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah aktivasi akun sekolah belum, saat aktivasi sudah buat password baru untuk login belum, pada saat login masukkan NPSN dan password baru itu

      Hapus
  11. bagaimana cara mengubah password akun sekolah, soalx akun sekolah kami tidak aman.

    BalasHapus
  12. ini kenapa yah,,setelah aktifasi akun berjalan lancar,giliran login kok gk bisa ;,The page isn't redirecting properly
    Firefox has detected that the server is redirecting the request for this address in a way that will never complete..;;user sama fasword udah benar,bahkan sudah minta ke admin dinas meresetnya,tetapi tetap sama penyakitnya,,tetap gk bisa login,,make komputer/browser lain juga tetap sama.tolong dibantu pak.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga ga bisa login, padahal udah direset ke dinas? dan udah ngikuti cara2 perbaikan dari TELKOM .. tapi tetep ga bisa? anda sudah ktemu blm caranya??

      Hapus
  13. lupa email dan password login sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diingat-ingat dulu, userID NPSN dan password yang sudah dibuat atau minta reset password ke admin dinas

      Hapus
  14. kalau lupa password akun ptk nya gimna tuh bang?? sedangkan nih akun udah level/bintang 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake cara di atas bisa gak ya?, coba saja

      Hapus
  15. bang, gmna klo operator/admin sekolah yg lupa paswordnya sendiri, tlong solusinya. trm ksh

    BalasHapus
  16. saya merasa gak salah memasukkan id berupa nuptk dan password, tetapi login ptk tetap gak bisa terbuka, apa yang terjadi ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicek lagi NUPTK dan passwordnya huruf angka besar kecilnya diperhatikan

      Hapus
  17. Kalau saya ada masalah ketika mau verval lv1 tombol "lanjut" tidak bekerja....

    BalasHapus