\ Cara Pendaftaran/Pengajuan NUPTK Baru 2013 Online Melalui Padamu Negeri

Selasa, 25 Juni 2013

Cara Pendaftaran/Pengajuan NUPTK Baru 2013 Online Melalui Padamu Negeri

Share on :
Assalamu'alaikum, rekan rodajaman. Alhamdulillah bisa berjumpa kembali, setelah pulang liburan. Kali ini saya ingin sampaikan kabar gembira bagi PTK, Guru, Pengawas yang belum memiliki NUPTK, bahwa BPSDMPK-PMP telah membuka pendaftaran atau registrasi PTK secara online melalui Padamu Negeri http://padamu.kemdikbud.go.id.  Pada situs Padamu Negeri dikabarkan bahwa sesuai dengan jadwal mulai hari Senin tanggal 24 Juni 2013 pk. 13.00 WIB proses Registrasi PTK sebagai syarat proses pengajuan NUPTK Baru sudah bisa dilaksanakan.



Setiap PTK yang belum memiliki NUPTK bisa melakukan proses Registrasi PTK terlebih dahulu untuk mendapatkan PegID (Pegawai Register ID). Silakan unduh FORMULIR A05 atau FORMULIR A06 untuk memulai proses Registrasi PTK. Bagi Pendidik (Guru), Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah yang memenuhi syarat dapat meneruskan proses Registrasi PTK nantinya untuk proses pengajuan NUPTK Baru. Alur prosedur Registrasi PTK dan Pengajuan NUPTK Baru termasuk persyaratannya dapat dipelajari lebih lanjut di http://padamu.kemdikbud.go.id/#!/alur#alur6.

Namun, sebelum melakukan pengajuan dan pendaftaran NUPTK baru 2013, PTK harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Bertugas sebagai Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas pada jenjang TK,SD, SMP, SLB, SMA, dan SMK di sekolah dalam binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Memiliki status kepegawaian PNS/CPNS maupun Non PNS.
  2. Bagi PTK yang Non PNS harus memenuhi syarat: Bila bertugas di sekolah negeri dibuktikan dengan SK pengangkatan dari Bupati/Walikota.
  3. Bila bertugas di sekolah swasta memiliki SK pengangkatan guru tetap yayasan (GTY) selama 4 tahun berturut-turut (terhitung mulai 1 Januari 2009) yang ditandatangani oleh Ketua Yayasan.
Kalau  sudah memenuhi syarat tersebut, selanjutnya PTK dapat memulai pendaftaran atau registrasi NUPTK baru 2013 secara online dengan cara sebagai berikut ...
  1. Download Formulir A05 Untuk Guru di http://118.98.222.83/statik/pdf/formulir-a05.pdf  atau
    Formulir A06 Untuk Pengawas di  http://118.98.222.83/statik/pdf/formulir-a06.pdf
  2. Untuk pengawas, lengkapi Formulir A06 yang telah di download dan juga meminta tanda tangan dan stempel Kepala Dinas yang menerbitkan SK Pengawas. Kemudian serahkan formulir beserta persyaratan ke Operator/admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
  3. Untuk Guru, setelah mendownload Formulir A05, kemudian isi formulir dan meminta tanda tangan kepala sekolah dan cap stempel dari sekolah induk dan lampirkan berkas persyaratan, lalu menyerahkan pada operator sekolah. Setelah data di terima oleh operator sekolah, lalu operator sekolah melakukan login di padamu.siap.web.id menggunakan akun sekolah selanjutnya pilih menu pengajuan NUPTK, isi data guru sesuai dengan formulir yang diberikan oleh PTK. Kemudian operator sekolah mencetak Tanda Bukti Registrasi Lv1 (Surat S02c) dan di serahkan ke PTK yang bersangkutan.
  4. Pada Tanda Bukti Registrasi Lv1 (Surat S02c) terdapat Peg Id atau User Id dan kode aktivasi. PTK yang mengajukan NUPTK tersebut lalu mengunjungi http://padamu.siap.web.id/  untuk melakukan aktivasi akun dan login di Padamu Negeri.
  5. PTK mengisi Formulir dan Kuisioner dan Melengkapai berkas
  6. PTK Mencetak Pengajuan VerVal Registrasi Lv2 (Surat S03a), lalu menyerahkan kembali surat tersebut ke admin sekolah dan menunggu proses dan menerima tanda bukti registrasi PTK Lv2 (surat S05a).

Untuk Lebih jelasnya lihat baca alur pengajuan NUPTK baru di bawah ini..





Demikianlah, Cara Pendaftaran Pengajuan Online NUPTK Baru 2013 Padamu Negeri, semoga bermanfaat. terima kasih, dan salam persahabatan.





Anda sedang membaca artikel yang berjudul Cara Pendaftaran/Pengajuan NUPTK Baru 2013 Online Melalui Padamu Negeri. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Cara Pendaftaran/Pengajuan NUPTK Baru 2013 Online Melalui Padamu Negeri ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Pendaftaran/Pengajuan NUPTK Baru 2013 Online Melalui Padamu Negeri sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

51 komentar:

  1. kenapa di daerah kami(lombok barat NTB) msh spi aja mslh verval ne,dikbud katanya blm,LPMP juga blm plgi akun utk skolah gkda kbr,,hx bisa mngisi frmulir ja jdx...beda2 ya msig2 daerh?

    BalasHapus
  2. WAH ribet banget ya..
    tapi musti di jalankan..

    BalasHapus
  3. Hello, Admin...
    Mau nanya nih,
    gimana caranya cetak formulir S02c untuk pengajuan NUPTK?
    saya sudah cetak langsung pada saat selesai mengisi data PTK namun data tidak tercetak di kertas. saya sudah mencoba berulang-ulang dengan menggunakan menu cetak ulang tapi tetap tidak bisa...

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  4. ccara mengisi formulir online pengajuan nuptk baru

    BalasHapus
  5. saya guru honor di karawang sudah S1 sudah 2 thn belum punya NUPTK saya cuman punya SK dari kepsek aja,ga punya dari walkot.setiap ke DIKnas kabupaten katanya NUPTK belum Online ajah.sebaiknya gmna supaya cepeet punya NUPTK

    BalasHapus
  6. Saya adalah seorang tenaga Pendidik di SD Inpres Usbar Prov.Maluku Utara Kab.Pulau Morotai. saya ingin mengajukan pertanyaan mengenai NUPTK saya yang sudah diusulkan mulai dari tahun 2011 sampai sekarang belum juga diterbitkan. setiap dipertanyakan di Dinas setempat, jawabannya selalu kurang memuaskan,,yang keluar hanyalah belum..belum..dan belum.
    Mohon bantuannya Pak.

    BalasHapus
  7. istri saya sudah mengajukan di 2011... tapi ketika dicek di nuptk webbrowser sampai sekarang hanya nama dan id pegawai dan yang lainnya aja.. sedangkan njuptknya belum ada... kira-kira solusinya gimana y?

    BalasHapus
  8. kami kesulitan untuk mendownload formulir a05 NUPTK jaringan sibuk dan lagi-lagi notserver maksudnya?

    BalasHapus
  9. sampai mau ke verval 2, server selalu tdk terhubung. mhon opini

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari waktu lain, kadang2 server lambat dan berat

      Hapus
  10. masakaerja suadah 5 tahun tapi masih D3 bisa tidak ya cari NUPTK.....

    BalasHapus
  11. makasih atas infoy pak...
    semoga bermanfaat...



    www.lesprivatkita.com

    BalasHapus
  12. Apakah meski mengabdi 5 thn untk mendapatkan NUPTK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, mari kita ikuti persyaratan yang sudah ditentukan

      Hapus
  13. Saya seorang guru honorer di Bengkulu, saya punya SK kepsek saja tap blum punya SK dr Bupati/walikota karena SK Bupati/Wlikota tersebut, kelihatannya hanya uuntuk Guru Bantu (GB). Bagaimana dengan guru honor tapi belum menjadi guru bantu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dafar melalui GTY saja pak, di negeri syarat memang harus SK Bupati

      Hapus
  14. Ini Prosedurny sangat berbelit begini.saya bisa bayangkan bagaimana dengan

    BalasHapus
  15. Ini peraturannya pakai Internet Segala merasa negeri ini sudah sangat Familier dengan Internetan.Beruntuk kami punya jaringan dan terpasang di Rumah kami.
    Bagimana dengan mereka yang ada di Pelosok INDONESIA Bapak.....???

    Ini buat peraturan ko' ndak Kera kera.

    Saya khawatir banyak Guru Honorer yang sudah bertahun mengabdi hanya gara gara perso'alan yang beginian mereka jadi GAGAL diangkat...!!! kan kasihan Mereka. mestinya ini dibarengi dengan cara cara konvensional alias manual sebahagian seperti yng pernah dilakukan sebelumnya.Kita nggak usah merasa sangat Mutahir dan seolah INTERNET brengsek ini sudah masuk ke seluruh Pedalaman Aceh sampai Papua atau jika tak tersedia Anda bisa dapatkan di KIOS KIOS terdekat....!?

    Jangan samakan kami dengan JAKARTA.

    BalasHapus
  16. Kalau saya sih baru mau 2 tahun jadi guru d tk,,,
    tpi setahun sebelumnya mengabdi di tk yang berbeda,,,bsa ga ya kira2 saya saran ke kepala sekolah saya agar pngalaman kerja saya jdi dgabung saja dari sekolah yg duluan itu?

    BalasHapus
  17. kalau mau cek data yg diinput opeeator skolah bagaimana? Karena rekan istri saya sudah punya tp istri saya belum padahal secara dokumen dan masa kerja istri saya lebih lengkap dan lebih lama. Saya khawatir ada yg "bermain" sk walikota saya dr 2009 hingga 2013 ada dan lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh cek melalui admin
      yakin saja tidak ada permainan tidak usah curiga yang penting melaksanakan tugas dengan baik..

      Hapus
  18. GURU yang dari naungan KEMENAG bisa/

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, coba hubungi kantor kemenag setempat

      Hapus
  19. assalam saya guru ( pembina pramuka ) tahun 2008 apa bisa mengurusi NUPTK tolong segera dibalas terimakasi

    BalasHapus
  20. berarti harus diurus secara kolektif oleh sekolah yang bersangkutan?tidak bisa diurus individual gitu?

    BalasHapus
  21. ass. saya mau mengajukan nomor nuptk dan sudah mendapatkan s03c terus saya serahkan ke admin tapi data ptk saya tidak ada di daftar pengajuan akun sekolah tersebut, sehingga tidak bisa di verifikasi dan di validasi. tolong carikan solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. serahkan S03c ke admin sekolah, nati admin mencetak S05a dan S07a

      Hapus
  22. Bukti birokrasi kita sangat ruwet dan dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu

    BalasHapus
  23. sy udh 2,5 th di sd nglatih extra,dan mnjdi pustakawan 1,5 th.sy br dpt sk komite bln kmren dgn sk1 th, itupun dengan merayu dl. sy dl udh pernh di sd laen di kecmatan yg beda pula dan mendapat sk dari kepsek saja sebagai pustakawan slama 5 th.apakah sy bs terdaftar di nuptk ? bagaimana caranya?
    balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kumpulkan SK-SK nya dan jadikan lampiran wiyata bakti untuk memenuhi masa kerja 5 tahun berturut-turut sebagai syarat mendapatkan NUPTK

      Hapus
  24. maaf, mohon bantuannya, jika setelah pengisian data rinci, saat cetak ajuan tertulis "Penyimpanan data Pengajuan gagal dilakukan", bagaimana solusinya pak..krn mpe 2 hari tetap data tidak masuk ke pemeriksaan berkas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada instrumen yang belum terisi, karena sistem tidak akan meneruskan transaksi kalau ada data tidak lengkap

      Hapus
  25. di sekolah negeri banyak sekali guru honor yg diangkat langsung oleh kepsek.......berkca pd pnglaman yg sudah2 walopun diangkt oleh kepsek bisa juga bikin NUPTK......lalu gmn dong sekarang, knapa kbijakan nya berbeda........

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya..begitulah... namanya juga kebijakan

      Hapus
  26. Kenapa d daerah kami, Kab. Mappi Papua, katanya bagi Guru non pegawai negeri sipil tidak bisa mendaftar....?????

    BalasHapus
  27. bagaimana sih cranya agar mudah mndapatkan NUPTK,soalnya saya sudah prnah mngajukan dari tahun 2009 sampai skarang belum ada hasilnya?????????????? BALS MOHON infrmasinya bagi yg tahu kita saling mmbantu saja sesama guru HONOR

    BalasHapus
  28. untuk PTT yang baru kerja 2 tahun apa belum bisa mengajukan NUPTK padahal sudah bintang 4 kok tidak ada pemberitahuan untuk cetak S06?makasih

    BalasHapus
  29. yang cuman sebagai admin sekolah bukan guru bisa gak dapat nuptk..??

    BalasHapus
  30. salam kang...
    kang saya guru di sebuah smp swasta kec. rancaekek, saya sudah dapet peg id, trus kata operatornya untuk aktivasi itu harus bayar ngk tau ke kecamatan atw nuptd sebesar Rp. 200.000, emang seperti itu kang..???
    mohon balesannya,..
    sohibun26@gmail.com

    BalasHapus
  31. harus lpmp lagi berkasnya harus ada sk bu;ati bagi non pns
    winkomnet.blogspot.com

    BalasHapus
  32. saya guru paud al-muhajirin mancak saya mengajar dari th 2009 tapi sampe sekarang kok belum dapet2 NUPTK sih kenapa yah kok susah amat

    BalasHapus
  33. saya guru paud al-muhajirin mancak saya mengajar dari th 2009 tapi sampe sekarang kok belum dapet2 NUPTK sih kenapa yah kok susah amat

    BalasHapus