\ VerVal Ulang Pemilik NUPTK dan Layanan Pengajuan NUPTK Baru Online Tahun 2013

Senin, 20 Mei 2013

VerVal Ulang Pemilik NUPTK dan Layanan Pengajuan NUPTK Baru Online Tahun 2013

Share on :
Assalamu’alaikum, rekan rodajaman. Pada posting Layanan NUPTK Online Terbaru di Situs Padamu.Kemdikbud.Go.Id, disebutkan rencana adanya pemutakhiran data dengan diharuskannya seluruh PTK melakukan VerVal ulang NUPTK. Pemutakhiran data NUPTK akan dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan - Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kemdikbud secara Online melalui Program PADAMU NEGERI. Jadi, masing-masing PTK agar segera mencari dan mengecek data NUPTK dan mengunduh formulir VerVal sesuai jenis Formulir VerVal masing-masing PTK.

NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan kode identitas unik yang diberikan kepada seluruh Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf) di seluruh satuan pendidikan (Sekolah) di Indonesia. NUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006.

Seiring dengan program Reformasi Birokrasi, NUPTK sejak tahun 2011 dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementrian lainnya, antara lain:
•    Sertifikasi PTK
•    Uji Kompetensi PTK
•    Diklat PTK, dan
•    Aneka Tunjangan PTK

Alasan dilakukannya pemutakhiran data atau VerVal Ulang NUPTK 2013 adalah...
  1. NUPTK yang dikelola oleh PMPTK sejak tahun 2006 - 2010 kemudian dikelola oleh BPSDMPK-PMP sejak 2011 menjadi kode referensi utama untuk dapat mengikuti berbagai program pengembangan PTK yang dilaksanakan oleh Kemdikbud, antara lain: Sertifikasi, Uji Kompetensi, Diklat, dan Aneka Tunjangan PTK lainnya.
  2. BPSDMPK-PMP yang bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pengelolaan NUPTK sangat berkepentingan melakukan VerVal Ulang NUPTK 2013 dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional khususnya para PTK.
  3. Dengan peran aktif PTK dalam melaksanakan program VerVal Ulang NUPTK periode 2013 ini. BPSDMPK-PMP dapat membantu progress penjaminan peningkatan mutu para PTK dengan lebih obyektif, transparan, akurat dan berkesinambungan.
  4. Data PTK hasil VerVal Ulang NUPTK yang dikelola oleh BPSDMPK-PMP akan menjadi sumber referensi utama untuk pelaksanaan program-program peningkatan mutu PTK yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemdikbud terkait pada tahapan selanjutnya.
Jika dilihat maksud dan tujuannya bagi PTK, layanan ini cukup baik, dan manfaatnya antara lain ...
  1. Setiap PTK diberi akun login untuk dapat memutakhirkan data personal masing-masing setiap saat setiap waktu darimana saja secara online 24 jam.
  2. Setiap PTK akan diberi fasilitas media jejaring sosial untuk saling berbagi, berkomunikasi dan berkolaborasi antar PTK se-Indonesia.
  3. Setiap PTK akan memiliki Kartu Digital NUPTK yang uptodate di http://padamu.kemdikbud.go.id/kode_nuptk (dalam proses pengembangan)
  4. Setiap PTK akan diberi fasilitas ruang penyimpanan (storage) online untuk menyimpan beragam arsip dokumen secara digital seperti: Ijazah, Sertifikat, Piagam-Piagam, Surat Tugas, dan lain sebagainya (dalam proses pengembangan)
Khusus mengenai pengajuan NUPTK baru, melalui layanan sistem informasi Padamu Negeri akan diterbitkan layanan khusus pengajuan NUPTK baru secara online. Layanan pengajuan NUPTK baru hanya berlaku bagi para PTK yang belum pernah mengajukan NUPTK atau sudah pernah mengajukan namun belum menerima NUPTK.


Gambaran secara umum, mekanisme Pengajuan NUPTK Baru 2013 akan dilaksanakan dengan pengisian Formulir Pengajuan NUPTK Baru secara online langsung oleh PTK bersangkutan. Selanjutnya PTK mencetak isian Formulir Online tersebut dan dilengkapi syarat berkas dokumen lain untuk diserahkan ke Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat. Namun untuk informasi lebih rinci terkait Tata Cara dan Petunjuk Teknis Pengajuan NUPTK Baru akan tersedia bulan Juni 2013, jadi tunggu saja bagi PTK yang belum memiliki NUPTK agar bersiap-siap mendaftarkan diri.

Demikian informasi yang saya dapatkan dari situs Padamu Negeri, untuk lebih jelasnya silakan baca dan pelajari prosedur dan alur pemutakhiran data NUPTK 2013. Terimakasih, salam persahabatan.

BACA INFO TERBARU !

Cara Pendaftaran/Pengajuan NUPTK Baru 2013 Online Melalui Padamu Negeri



Anda sedang membaca artikel yang berjudul VerVal Ulang Pemilik NUPTK dan Layanan Pengajuan NUPTK Baru Online Tahun 2013. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel VerVal Ulang Pemilik NUPTK dan Layanan Pengajuan NUPTK Baru Online Tahun 2013 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan VerVal Ulang Pemilik NUPTK dan Layanan Pengajuan NUPTK Baru Online Tahun 2013 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

18 komentar:

  1. bGAMANA DAN DIMANA CARA DOWNLOAD FORMULIRNYA MAS ADMIN?

    BalasHapus
  2. Apakah formulirnya juga disediakan di setiap kabupaten/kota?..
    Balas

    BalasHapus
  3. bagaimana cara download untuk pengajuan nuptk baru soalnya saya mencoba download tidak bisa mohon banttuan caranya karena ada guru kami yang belum mendapatkan nuptk

    BalasHapus
  4. SD MASEHI MBURUKULU22 Mei 2013 15.40

    Lihat kotak seperti di atas masukan nama PTK dan nama kabupaten lalu cari data . Kalau udah ketemu klik unduh

    BalasHapus
  5. mantap suhu, thanks infonya :D

    BalasHapus
  6. UNTUK pngjuan NUPTK bru pke formulir Ao2 ya ? skdr qta smakan prsepsi wlpun infrmsi resmix blm qt trima.sbgai plipur lara saya seorag pendidik yg sudh IIIB tp blm ber-NUPTK

    BalasHapus
  7. Salam sejahtera, semoga Tuhan memberi Rahmat dan Berkah-Nya untuk mereka yg selalu berbagi dg sesamanya.
    Saya mau bertanya tentang fungsi dari Formulir VerVal Data PTK nih Om..
    A01, A02, A03 dan A04,
    Kita tunggu pencerahanya ya..
    Salam buat oprator sekolah se-Indonesia
    terima kasih.

    BalasHapus
  8. OK selaku Operator SD 4 Kedungsari Gebog Kudus, SELALU SIAP jika ada hal yang berhubungan NASIB TEMAN di sekolah kami. Alhamdulillah kami sudah dapat formulir A01, tinggFoto, JADI DEH. Makasih tuk semuanya, SALAM SEJAHTERA UNTUK GURU INDONESIA .

    BalasHapus
  9. untuk dowloud formulir baru NUPTK akan dibuka mulai 23/24 Juni 2013! apakah benar? Balas

    BalasHapus
  10. Tlong kasih tahu sy cara MEMBATALKAN aktivasi PTK. Karena di tempat sy ada PTK yg seharusnya mendapat A02 tp karena info mutasi terlambat akhirnya mengisi A01 dan sudah mengaktifkannya. MKSH.

    BalasHapus
  11. mhn bantuan cara membatalkan aktivasi PTK,karena disekolah sy ada beberapa teman yang akun PTK nya sdh aktif namun tidak bisa masuk ke akun siap online,krn ada kesalahan tidak memasukan email akternatifnya. Terima kasih

    BalasHapus
  12. Bagamana caranya mau pemutahiran NUPTK di onlain tapi tidak bisa masuk karena menggunakan email yang tidak aktif

    BalasHapus
  13. kenapa ya, dari kemarin web padamunegeri.Kemendikbud ga bisa dibuka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menuru info di Blog rodajaman web Padamu Negeri Pindah Alamat di http://118.98.222.83/ sip. zoelmin92@gmail.com

      Hapus
  14. Terima kasih atas infonya, rodajaman memang is the best.

    BalasHapus
  15. mau tnya ini mas.op sklah dah entri data ptk verval ulang NUPTK tp ada yg k kiru/salah dikit. gmn cra perbaiki nya & trims sblum nya. zoelmin92@gmail.com

    BalasHapus
  16. mau tanya, untuk guru yang sudah punya NUPTK,, apakah harus mengisi EDS juga?
    terimakasih,,

    BalasHapus