\ Penerbitan SK Tunjangan Profesi Secara Digital dan Manual

Sabtu, 06 April 2013

Penerbitan SK Tunjangan Profesi Secara Digital dan Manual

Share on :
Akhirnya hampir terjawab pertanyaan saya selama ini, mengapa ada pendataan dapodik, terus untuk apa ada verifikasi/pengecekan data guru melalui p2tk.dikdas.kemdikbud.go.id. Ternyata pemerintah sudah menyiapkan mekanisme penerbitan SK Tunjangan Profesi Pendidik (SK TPP) untuk tahun 2013 ini. Mulai tahun 2013, mekanisme yang digunakan untuk pelaksanaan pembayaran tunjangan profesi tahun 2013 dilakukan melalui 2 cara yaitu dengan cara sistem digital (Dapodik dan PAS) dan manual.

Seperti yang kita baca pada Juknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru Tahun 2013 bahwa pada tahun anggaran 2013, penyaluran tunjangan profesi bagi seluruh guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) lulusan program sertifikasi tahun 2006 sampai dengan tahun 2012 dibayarkan melalui dana transfer daerah. Sedangkan penyaluran tunjangan profesi bagi guru bukan PNS dan guru PNS binaan provinsi dan pengawas satuan pendidikan dibayarkan melalui pusat.

Mekanisme Penerbitan SKTP dilakukan dengan 2 (dua) cara, berikut ini penjelasannya...

1.    Secara digital yaitu menggunakan sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik). SKTP diterbitkan oleh Direktorat P2TK terkait secara otomatis dengan menggunakan data PTK dari Dapodik sehingga dinas pendidikan kabupaten/kota dan provinsi DKI Jakarta tidak perlu melakukan verifikasi data pendukung persyaratan calon penerima tunjangan profesi.

Melalui sistem digital, pemberkasan tidak lagi seluruhnya dilakukan secara manual tetapi dilakukan secara online melalui Dapodik dan PAS (Data Pokok Pendidikan dan Program Aplikasi Sekolah) yang harus diisi dan diperbarui (updated) secara terus menerus.

2.    Secara manual yaitu Dinas pendidikan kabupaten/kota dan provinsi DKi Jakarta melakukan verifikasi data pendukung persyaratan calon penerima tunjangan profesi. Setelah data dinyatakan valid, Direktorat P2TK terkait menerbitkan SKTP.
Khusus pengawas satuan pendidikan penerbitan SKTP, diterbitkan oleh Direktorat P2TK Dikdas.  Untuk pengawas satuan pendidikan Dikmen diusulkan dari Direktorat P2TK Dikmen.

Demikianlah semoga bermanfaat..kita tunggu saja, semoga SK TPP segera diterbitkan..

Anda sedang membaca artikel yang berjudul Penerbitan SK Tunjangan Profesi Secara Digital dan Manual. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Penerbitan SK Tunjangan Profesi Secara Digital dan Manual ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Penerbitan SK Tunjangan Profesi Secara Digital dan Manual sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

58 komentar:

  1. Ternyata ada 2 penerbitan SKTP, guru tak perlu risau Dapodik nya belum valid karena masih bisa validasi manual. Guru bisa lebih fokus mengajar daripada mikir Dapodik yang ternyata sangat menyita energi dan waktu.Yakin kalau pemerintah tak akan menyengsarakan guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar... saya saja eror terus kalau mau upload, bukan salah operator juga kalo kayak gitu, kerja cape2 tapi pas penyatuan data malah eror..

      Hapus
    2. Yang jadi masalah, di Juknis disebut digital "DAN" manual artinya digital melalui dapodik sedang manual dinas kabupaten/kota. lebih parah lagi Flowchart/alur (yang ada di Juknis) menerbitan SK dimulai dari SK digital dulu baru manual.

      Hapus
    3. betul pak, sbnrnya semua sumber dari dapodik,kecuali yg tdk bs melalui dapodik msl bertugas di luar dikdas

      Hapus
    4. iya pak, kalau bisa hasil dari uploadny dapat langsung dilihat,agar dapat cepet bisa dibetulkan

      Hapus
  2. oprator dapodik tolonglah diperhatikan juga, dibuatkan SK. supaya bekerja maksimal, yang katanya ada honor diambil dari BOS nyatanya ada yg tak terima, jadi merka rata2 cuek, bukan tak bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pak.... Operator sudah bekerja mati-matian mungkin untuk update data... tapi kesejahteraan mereka ... terabaikan... tidak sumbut dengan kualitas hasil yang mereka berikan... untuk kesejahteraan guru PNS yang sudah sertifikasi...

      Hapus
    2. Lha istri yang jadi operator,saya jadi ikut2 an begadang sampe pagi.,,update trus buat nyari data guru.,.,

      Hapus
    3. Sabar aja mas
      Rejeki gak ketuker kok
      Kalo tidak di bagi sama si sertifikasi
      Pasti ALLAH ganti dari yang lainnya.
      Itulah kehidupan Ada Atas ada bawah
      ada keluar ada masuk dst hihihihiii

      Hapus
  3. pak mau nanya apakah benar kalau data dapodik belum valid atau sdh terimpor ke basis data tapi masih belum lengkap, tunjangan sertifikasi nya de pending?
    mksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin..buktinya tetangga sekolah sy,krn dapodik blm valid SK blm bs dilihat, sdgkan kami sudah

      Hapus
  4. pak mau tnya,,gmne dengan guru yang sudah sertifikasi dan SK nya sdah terbit, tpi wktu saya cek di tanggal lahir msih ada kslahan dibulannya,,dan sudah saya benarkan,,apa tidak berpengaruh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting SK turun, pencairan, perbaikan nanti

      Hapus
    2. Kalau benar-benar begitu Syukurlah............ yang saya khawatirkan sebagai operator sekolah kabar tentang di pendingnya tunjangan profesional bagi guru yang JJMnya belum bisa benar. Masalahnya JJM bagi Kepala Sekolah di tempat saya bekerja masih belum bisa dibenarkan. dan Beliau takut tunjangannya yad akan dipending.

      Hapus
    3. dapodiknya harus valid dulu, klw belum valid blm bisa SK

      Hapus
  5. kalo data valit trus knapa SKTPP belum turun juga?

    BalasHapus
  6. saya sangat tidak mengerti dengan sistem dapodik, selang satu hari pengecekan nama yang sama tapi hasil yang berbeda, hari minggu Data JJM saya valid, tapi pas di cek kembali hari seninnya menjadi tidak valid, bagaimana itu apakah sistem basenya eror atau gimana mohon penjelasan. terima kasih

    BalasHapus
  7. Saya mengajar di sekolah induk 18 jam, di sekolah lain (SMA) 6 jam (ada sk merangkap dari kadinas kabupaten) saya kesulitan mengapload data. Bagaimana ya caranya agar di data dapodik bisa muncul jumlah jam 24?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apload datanya di sma tempat ngajar, hub operator dapodiknya

      Hapus
  8. Pa maaaf sblumnya,.
    apakah benar tunjangan sertifikasi sudah ada yang cair, tapi SK nya belum tau terbit atau tidak.
    karna memang guru2 disekolah saya, data dapodik semuanya sudah valid, tapi dicek rekening belum ada yang cair.
    kenapa ya pak?

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  9. pak mau tanya ,dapodik sy sdh valid .knp sk tpp nya blom turun juga?apakah tpp sy jg di pendding? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakin dan pastikan dapodik valid,memenuhi syarat SK,klw sdh bgt tnggal tunggu tgl mainnya..

      Hapus
  10. apa saja syarat-syarat SK itu???

    BalasHapus
  11. yang mengerjakan dapodik semua gtt yang dibayar seadanya, sedang yg dapat sertivikasi tidur2 saja, ya males mengejakan

    BalasHapus
  12. pak bagaimana klo SK di P2TK terbit tapi di versi cetaknya belum ada itu gimana,,operator dtanyain mulu,mending klo cair orang yag sertifikasi mw kasih amplop,malah kemungkinan klo dah cair malah nyengir sambil ngacir,,,,,,,,,DUGAL

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting tgs operator mengantarkan data sampai keluarnya SK

      Hapus
  13. pak kalau data di dapodik sudah valid tetapi SK belom terbit itu bagaimana? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakin sdh valid? klw tunggu saja SK nya,SK diterbitkan scr bertahap, sering2 sj cek SK

      Hapus
  14. pemerintah ini suka main2 membayarkan tunj profesi ..... kita ini butuh duit pak, kalo mau bayarkan tuj profesi jangan setengah hati spt bapak bayar kepada anggota legeslatif dan yudikatif ........ maksih bro

    BalasHapus
  15. kmren sya ceek di dinas ptk guru sudah siap sk semua tp ada beberapa daa yg msh salah kmudian sya upload lg teryata data jam mengajar kepsek mlah kurang. itu gmna yah? apa ntiya berpengaruh dg penerbitan sk nti?

    BalasHapus
  16. tugas operator tuh nyambung sama waktunya tahajud...habis lihat data2 hasil upload n sk Tp juga bisanya jam2 segitu...bener2 pengorbanan, salut buat para operator yang lagi ngurusi dapodik para temen2 PN..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @YK : makasih..

      @nur asiah : diperbaiki lagi bu..cepet bu

      @anonim : bener juga ya..

      Hapus
  17. bagaimana dengan tunjangan fungsional GTT yang datanya bulan lalu belum valid sekarang sudah valid, kapan bisa diterbitkan SK nya??

    BalasHapus
  18. Mudah2an semuanya dipermudah.

    BalasHapus
  19. Saya guru bantu yang baru lulus sertifikasi tahun 2012. Saya cek di internet Tunjangan sertifikasi saya sudah ada Sk dan Nomornya. Tapi mengapa ketika saya cek di dinas kabupaten/kota ... nama saya tidak tercantum. mohon informasinya. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mahmud krisna : sebentar lagi terbit,tapi untuk TF ada kuota setiap daerah

      @Tony Robert : mudah-mudahan

      @Dewi Astuti : cek nomor SK-nya sama tidak

      Hapus
  20. Saya guru swasta, sudah sertifikasi sejak tahun 2007, tetapi anehnya muncul tunjangan fungsional, apa karena data saya belum valid? mohon penjelasan Oh ya satu lagi, kenapa tahun kelulusan sertifikasi juga tidak muncul juga, padahal dah diperbaiki berulang2x ...

    BalasHapus
  21. mau tanya pak, no. NUPTK di dapodik tdk valid tp stlh di cek di dinas nonya sdh cocok di dapodik n knp rincian jam mengajar tdk ada pdhl sudah di mapping n di web di manajemen jg jelas ter petakan,,,data kelulusan sertifikasi tdk di temukan kesalahan inputnya dimana? untuk sertifikasi keterampilan SMP linearnya dgn mata pelajaran apa???mhn penjelasannya...makasih pak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @widodo : mungkin ada kesalahan pengisian data sertifikasi, nomor sertifikat, NRG, tahun kelulusan

      @Anonim : cek NUPTK yang digunakan untuk sertifikasi, cek di NUPTK webbrowser, keterampilan linier dengan keterampilan

      Hapus
  22. ikantodak@ymail.com1 Mei 2013 07.08

    Bagaimana cara membuat NUPTK baru pak. Saya guru Swasta sudah 5 tahun. siap sertifikasi. Tetapi terganjal belum mempumyai NUPTK. Di Kabupaten Jawabanya pusat lagi di tutup

    BalasHapus
  23. Salam Sukses....!!!
    Pak mas,,, saya mau tanya .!!!! adakah solusi cara yang lain untuk mengatasi PTK yang tidak bisa di drag,, atau di gert ke Rombel,, selain Entry Ulang dan Eksport Import......!!!!!

    Mohon Pencerahan!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ikantodak : memang betul untuk sementara pelayanan NUPTK baru belum bisa, kalau memang sudah 5 tahun, kenapa tidak dari dulu

      @sali abi : bisa pak,di kolom riwatat terdaftar, isi nama sekolah, tapi harus online, nanti akan keluar nama sekolah secara otomatis, lalu klik pilihan sekolah yang sesuai

      Hapus
  24. sebaiknya para bapak ibu guru segera d beri kepastian, bila SK TPP yg lewat DAPODIK blm terbit, akan d terbitka SK TPP secara manual sambil jalan memperbaiki DAPODIK , agar bapak ibu guru tidak resah atau gelisah sehinnga energi bapak ibu bisa konsentrasi mengajar, trm kasih

    BalasHapus
  25. saya guru tik sudah sertifikasi sangat stres dg dapodik...ngajar di smp & sma..tp sma tdk bisa masuk datae..apalagi dengernya tik dihapus..lalu gimana nasib saya dan guru tik yg lain????....tolonglah pemerintah jangan membunuh pencaharian kami....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Fredomnet : terimakasih..memang demikian

      @stress : kenapa stress,tenang saja,optimis saja,tidak mungkin pemerintah membuat kebijakan tapi tidak solusinya,pasti ada jalan keluarnya untuk guru-guru TIK..tunggu saja. untuk guru yang mengajar di SMA/SMK bisa pemberkasan lewat dinas agar SK keluar

      Hapus
  26. Saya mengajar 20jm PKn,6jm TIK,jelas saya tidak linier dan tidak bisa dapat tunjangan profesi,di DAPODIK JJM KTSP TIK 0(tidak ada nilainya),apa bisa TIK itu diganti saja jamnya ke PKn,jadi PKn 3 jm,dan TIK ditinggal saja,dengan demikian jm PKn saya bisa mencukupi dan linier.

    BalasHapus
  27. Bagaiman jika sk turun dan tunjangannya sedangkan bermasalah pada pangkat dan golongannya apa kekurangan tunjangan itu bisa rapel pada pencairan berikutnya

    BalasHapus
  28. Menurut Disdikpora kota yang saya hubungi, tidak ada pemberkasan secara manual. Sertifikasi ditangani oleh pusat. Beliau katakan kalau ada pemberitaan secara manual, harusnya ada SK pusat ke Dsdikpora untuk penugasan pemberkasan secara manual, katanya. Sampai sekarang SKTP saya belum terbit, walau dikatakan pada info data PTK sudah valid..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Titin Dian : usahakan harus linier, dan memenuhi 24 jam, bagaimanapun caranya, tapi rombel harus normal

      @SDIT : bisa kalau diurus melalui dinas

      @Anonim : memang tidak ada pemberkasan,karena semua melalui dapodik,manual maksudnya jika tidak bisa ditangani lewat dapodik misal jam tambahan diluar dikdas

      Hapus
  29. ass.knp nama sy tdk trkaper di sk tunjangan profesi/khusus smntara data sy udh sngat valid. balas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin belum saja..kalau rezeki gak kemana

      Hapus
  30. saya guru matematika smp sudah valid dan sudah dinyatakan SK, tetapi kenapa ketika daftar nama didinas kabupaten sudah keluar nama saya tidak tercantum, kira2 apa permasalahannya sehingga banyak guru namanya tidak tercantum? Balas.... !

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat no. SK nya di daftar dinas, samakan dengan no.SKTP online, kalau no. SK sama pasti ada namanya

      Hapus
  31. pak apa yg sd SKPT triwulan 1 akan dapat SKPT bru untk triwulan 2? masalhnya dapodik sdh sy perbaiki tp cek SKPT blm dpt pas cek yg sdh dpt masih ada tp dngn SKPT triwulan 1

    BalasHapus
  32. SKTP saya sdh terbit dan memenuhi syarat untuk mendapat tunjangan profesi, tapi sampai sekarang saya masih belum mendapatkan tpp tahap 1 2013. saya guru dg gol 2b.
    bgmn solusinya....

    BalasHapus
  33. Mau tanya pak, ada kabar tahun 2015 guru tersertifikasi harus sudah S-2, Apakah sudah ada ketetapan dari pemerintahnya? Dan kalau untuk kuliah jarak jauh untuk Pasca Sarjana ,selain universitas terbuka apakah ada yang lain? Apakah Universitas akan membuka jurusan IPA untuk Pasca Sarjananya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..kabar darimana ya? guru yang belum S1 saja masih banyak, guru boleh saja meningkatkan kualfikasinya asal bukan karena mengejar "TP" tapi yang terpenting peningkatan 4 kompetensi.

      Hapus