\ Strategi Pemerintah untuk Implementasi Kurikulum 2013

Senin, 25 Maret 2013

Strategi Pemerintah untuk Implementasi Kurikulum 2013

Share on :
Pelaksanaan Kurikulum 2013 hanya tinggal menunggu waktu. Apakah kita semua sudah siap melaksanakannya? Bagaimana rencana pemerintah mengimplementasikan kurikulum 2013 ini?.  Berikut ini penjelasannya... Implementasi kurikulum adalah usaha bersama antara Pemerintah dengan pemerintah daerah propinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota.
  1. Pemerintah bertanggungjawab dalam mempersiapkan guru dan kepala sekolah untuk melaksanakan kurikulum.
  2. Pemerintah bertanggungjawab dalam melakukan evaluasi pelaksanaan kurikulum secara nasional.
  3. Pemerintah propinsi bertanggungjawab dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum di propinsi terkait.
  4. Pemerintah kabupaten/kota bertanggungjawab dalam memberikan bantuan profesional kepada guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan kurikulum di kabupaten/kota terkait.

Strategi Implementasi Kurikulum terdiri atas:
1.    Pelaksanaan kurikulum di seluruh sekolah dan jenjang pendidikan yaitu:
-    Juli 2013: Kelas I, IV, VII, dan X
-    Juli 2014: Kelas I, II, IV, V, VII, VIII, X, dan XI
-    Juli 2015: kelas I, II, III, IV, V, VI, VII, VIII, IX, X, XI, dan XII
2.    Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dari tahun 2013 – 2015
3.    Pengembangan buku siswa dan buku pegangan guru dari tahun 2012 – 2014
4.    Pengembangan manajemen, kepemimpinan, sistem administrasi, dan pengembangan budaya sekolah (budaya kerja guru) terutama untuk SMA dan SMK, dimulai dari bulan Januari – Desember 2013
5.    Pendampingan dalam bentuk Monitoring dan Evaluasi untuk menemukan kesulitan dan masalah implementasi dan upaya penanggulangan: Juli 2013 – 2016



Anda sedang membaca artikel yang berjudul Strategi Pemerintah untuk Implementasi Kurikulum 2013. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Strategi Pemerintah untuk Implementasi Kurikulum 2013 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Strategi Pemerintah untuk Implementasi Kurikulum 2013 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

0 komentar:

Poskan Komentar