\ Menjajal Wahana Jelajah Angkasa Di Portal Rumah Belajar

Menjajal Wahana Jelajah Angkasa Di Portal Rumah Belajar

Share on :
Sekarang kita dapat melihat dan mengamati benda-benda luar angkasa dengan hanya berkunjung ke Wahana Jelajah Angkasa, yaitu sebuah laboratorium mini untuk mengamati jagad raya melalui gambar-gambar yang diambil dari repository organisasi penjelajahan luar angkasa Amerika Serikat (NASA).

Wahana Jelajah Angkasa ini baru saja diresmikan di Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemdikbud. Wahana pendidikan ini hadir berkat kerja sama antara Pustekkom Kemdikbud dengan Microsoft Research. Dengan hadirnya Wahana Jelajah Angkasa tersebut diharapkan menjadi wahana wisata edukasi yang mencerdaskan sekaligas menyenangkan. Istilah wisata edukasi ini digunakan agar ada suasana yang lain dan sekaligus untuk membedakan edukasi yang berbasis konservatif dan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dan ujung atau muara yang ingin diperoleh dari wisata edukasi ini adalah siswa atau pengunjung mendapatkan ilmu, ketrampilan, dan sikap yang positif.

Saat ini, Wahana Jelajah Angkasa ini telah diintegrasikan dengan Portal Rumah Belajar (http://belajar.kemdikbud.go.id) dan TV Edukasi. Jadi masyarakat selain dapat datang berkunjung ke Pustekkom untuk belajar di wahana ini, dapat juga memanfaatkan Rumah Belajar karena sudah ada integrasi.

Saya sendiri sudah menjajalnya, nah..bagi anda yang ingin juga menjajal wahana ini, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini ...

Kunjungi http://belajar.kemdikbud.go.id, hingga tampil halaman seperti ini  


Pilih menu Wahana Jelajah Angkasa
Kita diarahkan ke halaman baru dan jika baru pertama kali membukanya, ada peringatan seperti ini ...


Maksudnya, untuk dapat membuka wahana jelajah ini, anda harus menginstall aplikasinya dulu
Kemudian pilih klik sekarang untuk menginstal untuk mendownload program Ms Starlight

Setelah selesai download, lalu instal program pada komputer anda

Setelah selesai instal program, kemudian lakukan refresh pada browser anda atau buka kembali alamat web wahana jelajah angkasa tadi, maka web sudah dapat digunakan untuk menjelajah, tampilan awal halaman seperti kita meneropong angkasa yang terlihat benda-benda langitnya





Silakan pilih benda-benda langit yang ingin diteropong dengan cara meng-klik salah satu gambar yang tersedia, misal kita ingin melihat bumi, klik gambar earth, maka akan diperbesar, atau kita ingin mengamati planet-planet lain.

Nah..jadi silakan mencobanya, kalau sudah mencoba, ajak anak kita untuk melihat sekaligus belajar mengenal benda-benda luar angkasa..

Anda sedang membaca artikel yang berjudul Menjajal Wahana Jelajah Angkasa Di Portal Rumah Belajar. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Menjajal Wahana Jelajah Angkasa Di Portal Rumah Belajar ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Menjajal Wahana Jelajah Angkasa Di Portal Rumah Belajar sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

0 komentar:

Posting Komentar