\ Warisan Budaya Indonesia yang Mendapat Pengakuan UNESCO

Sabtu, 16 Februari 2013

Warisan Budaya Indonesia yang Mendapat Pengakuan UNESCO

Share on :

Masih ingat dengan gambar di atas? dimana ada areal persawahan seindah itu?

Ya benar..Subak Bali, merupakan sistem nilai yang mencerminkan nilai penting bagi kemanusiaan  masyarakat Bali yaitu Tri Hita Karana, di mana harus tercipta hubungan yang harmonis antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam, dan manusia dengan pencipta...Ternyata SubakBali dengan sistem pengairannya yang teratur, baru-baru ini telah masuk menjadi salah satu Warisan Budaya Dunia (World Cultural Heritage) dari Indonesia selain Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Situs Purbakala Sangiran yang sudah lebih dulu melengkapi warisan budaya lain yang ada di dunia.

Dengan kembalinya urusan kebudayaan ditangani oleh Kemendikbud, maka ada beberapa agenda prioritas kebudayaan yaitu mengenai fasilitasi sarana pengembangan, pendalaman, dan pergelaran seni budaya, jumlah warisan budaya dunia  dan cagar budaya nasional  yang ditetapkan dan dikelola secara terpadu, dan jumlah museum yang memenuhi standar pelayanan dan pengelolaan (Museum yang direvitalisasi).

Baiklah tidak panjang lebar kali ini rodajaman ingin membeberkan beberapa warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO badan dunia PBB yang mengurusi pendidikan dan kebudayaan.

Warisan Budaya Dunia (World Cultural Heritage):
  1. Kompleks Candi Borobudur (1991);
  2. Kompleks Candi Prambanan (1991);
  3. Situs Manusia Purba Sangiran (1996);
  4. Lanskap Budaya Bali (Subak) (2012).
Warisan Alam Dunia (World Natural Heritage):
  1. Taman Nasional Ujung Kulon di Banten (1991);
  2. Taman Nasional Komodo di NTT (1991);
  3. Taman Nasional Lorentz di Papua (1999);
  4. Hutan Hujan Tropis Sumatera (2004).
Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage):
Intangible Cultural Heritage of Humanity
  1. Wayang (2003);
  2. Keris (2005);
  3. Batik (2009);
  4. Angklung (2010).
Intangible Cultural Heritage in Need of Urgent Safeguarding
  1. Tari Saman (2011);
  2. Noken (2012).
Nah..itulah warisan budaya Indonesia yang sudah dikenal oleh dunia, sekarang giliran kita sebagai bangsa Indonesia yang wajib melestarikannya, ya minimal tahu lah..tempat atau peralatan budaya asli Indonesia jangan sampai budaya kita kalah dengan budaya lain, atau bahkan diakui dan diambil oleh negara lain. Terima kasih. Salam rodajaman.


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Warisan Budaya Indonesia yang Mendapat Pengakuan UNESCO. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Warisan Budaya Indonesia yang Mendapat Pengakuan UNESCO ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Warisan Budaya Indonesia yang Mendapat Pengakuan UNESCO sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai topik yang kalian bahas sekarang, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    klik di sini untuk download
    trimakasih

    BalasHapus