\ Panduan Pendataan Nilai Rapor Siswa SMP/MTs/SMA/MA

Senin, 18 Februari 2013

Panduan Pendataan Nilai Rapor Siswa SMP/MTs/SMA/MA

Share on :
Setelah sibuk dengan pendataan dapodik sekolah, pada semester genap ini sekolah diminta mempersiapkan pendataan nilai rapor yang digunakan untuk pendataan Ujian Nasional (UN).

Sejak tahun pelajaran 2010/2011, nilai rapor untuk beberapa mata pelajaran juga digunakan sebagai salah satu komponen dalam penetapan kelulusan ujian nasional. Berdasarkan Kriteria Kelulusan Ujian Nasional, salah satu syarat kelulusan dari satuan pendidikan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK) adalah nilai akhir yang diperoleh dari formulasi nilai ujian nasional dan nilai sekolah. Yang dimaksud dengan nilai sekolah adalah nilai ujian sekolah dan nilai rapor semester 7 sampai dengan semester 11 untuk SD/MI, semester 1 sampai dengan semester 5 untuk SMP/ MTs dan SMK, dan semester 3 sampai dengan semester 5 untuk SMA/ MA.

Dalam pengelolaan data nilai rapor, tugas dan tanggungjawab sekolah dan madrasah adalah:
a.       melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/kota atau Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
b.      menyiapkan data rapor yang mencakup identitas peserta didik dan nilai rapor;
c.       melakukan entri data sesuai dengan pedoman dan petunjuk teknis
d.      melakukan validasi dan verifikasi data;
e.       mengelola database; dan
f.       mengirimkan database ke Puspendik melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

Berbeda dengan tahun lalu, pendataan nilai rapor tahun ini mencakup seluruh siswa yang terdaftar di sekolah. Untuk siswa SMP/MTs, data yang dikumpulkan adalah seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX. Nilai rapor yang dikumpulkan pada awal semester genap adalah: (1) nilai rapor semester 1 untuk siswa kelas VII; (2) nilai rapor semester 1, 2, dan 3 untuk siswa kelas VIII; dan (3) nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 untuk siswa kelas IX.

Untuk siswa SMA/MA dan SMK, data yang dikumpulkan adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII. Nilai rapor yang dikumpulkan pada awal semester genap adalah: (1) nilai rapor semester 1 untuk siswa kelas X; (2) nilai rapor Pedoman Pengelolaan Data Rapor  semester 1, 2, dan 3 untuk siswa kelas XI; dan (3) nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 untuk siswa kelas XII.

Nah..untuk lebih jelasnya, silakan rekan rodajaman download file dalam bentuk pdf berikut ini :


Terima kasih..semoga bermanfaat. Salam rodajaman.


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Panduan Pendataan Nilai Rapor Siswa SMP/MTs/SMA/MA . Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Panduan Pendataan Nilai Rapor Siswa SMP/MTs/SMA/MA ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Panduan Pendataan Nilai Rapor Siswa SMP/MTs/SMA/MA sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

5 komentar:

  1. Blog walking mas terimakasih atas kesempatannya. Ditunggu kunjungannya..

    BalasHapus
  2. Pedoman Pendataan Nilai Rapor

    BalasHapus
  3. Pedoman Pendataan Nilai Rapor ga bisa di donlot pak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk bisa donlot hrs masuk/login dl di 4shared.com, klw blm pny akun silakan daftar

      Hapus