\ Mungkin Inilah Penyebab JJM Guru Dianggap Belum Sesuai (JJM=0)

Jumat, 01 Februari 2013

Mungkin Inilah Penyebab JJM Guru Dianggap Belum Sesuai (JJM=0)

Share on :
Setelah rodajaman menulis Gara-gara JJM KTSP dan JJM Linier, Akhirnya Data PTK Kami Tidak Valid, banyak komentar yang masuk yang intinya bernada sama. Mereka kebanyakan mengeluh mengenai Jumah Jam Sesuai (point 20 pada data verifikasi) yang kembali hilang atau dianggap nol. Padahal sebelumnya data verifikasi sudah dianggap valid. Termasuk data PTK di sekolah kami yang kembali kacau, dan sudah pasti guru-guru berbondong-bondong menanyakan datanya yang tidak sesuai lah, jadi nol lah, dll. Kalau sudah demikian sebagai operator sekolah hendaknya jangan terbawa emosi, hadapi dengan tenang, dan jawablah dengan jawaban yang dapat diterima oleh rekan-rekan guru. Misalnya “wait and see” atau “tenang aja yang penting data sudah masuk, lihat nih datanya kan sudah ada” atau “mungkin sistem di pusatnya (p2tk) belum normal” atau jawaban apalah...

Setelah lama merenung, mencari apa penyebabnya, kemudian rodajaman iseng-iseng melacak satu persatu data rekan guru. Dalam rangka penelitian ini rodajaman melakukan beberapa cara yaitu :
  • mencek secara acak guru yang sudah tersertifikasi.
  • lalu mengelompokkan berdasarkan tahun sertifikasi. Kelompok 1 = Tahun 2007, 2008 dan kelompok 2 = 2009-2012 
  •  Mencek data guru berdasarkan mata pelajaran (untuk SMP). Caranya dengan cek satu persatu guru yang sertifikasi dan lihat perbedaan setiap kode bidang studi sertifikasi. 
  •  Melakukan crosscheck data dengan data PTK di sekolah lain 
  • Mencek data PTK di sekolah lain berdasarkan mata pelajarannya.
Dari beberapa cara tersebut, akhirnya rodajaman mempunyai suatu hipotesa (kayak penelitian aja). Mudah-mudahan dengan tulisan ini bisa menjawab semua komentar yang tidak sempat dan memang sengaja tidak saya jawab karena rodajaman sendiri mengalami hal yang sama dan sampai akhirnya mempunyai pendapat yang mungkin bisa diterima oleh rekan-rekan semua. Sekali lagi ini jawaban dan solusi bagi data guru yang sebelumnya sudah valid sebelum ada JJM KTSP dan JJM Linier (khusus untuk Point 20 termasuk Jam tambahan sudah terhitung) 

Ada beberapa jenis atau kriteria data hasil verifikasi guru versi rodajaman yaitu :
  1. Pada tabel, JJM terisi, JJM KTSP terisi, JJM Linier terisi, kode bidang studi = point 17 dan di Point 20 = sesuai
  2. Pada tabel, JJM terisi, JJM KTSP terisi, dan JJM Linier terisi, kode bidang studi ada yang sama dan tidak sama dengan point 17 dan di Point 20 = 0
  3. Pada tabel, JJM terisi, JJM KTSP terisi, dan JJM Linier tidak terisi + kode bidang studi ada yang sama dan tidak sama dengan point 17 dan di point 20=0
  4. Pada tabel, JJM terisi, JJM KTSP tidak terisi, JJM Linier tidak terisi, kode bidang studi dan yang sama dan tidak sama dg point 17, dan di point 20 = 0
  5. Pada tabel, JJM terisi, JJM KTSP terisi, JJM Linier ada yang terisi dan ada yang tidak, kode bidang studi sama dan tidak sama, di point 20 belum sesuai


Baiklah..dengan melihat jenis data di atas, inilah alasan kenapa berbeda-beda hasil datanya padahal JJM sudah terisi semua, yaitu karena faktor tahun sertifikasi dan kode sertifikasi. Kita harus ingat bahwa adanya perbedaan kode bidang studi sertifikasi antara tahun 2007-2008 dan tahun 2009-sekarang (lihat disini), misalnya untuk PKn dulu kodenya 084 sekarang 154, namun ada juga bidang studi yang kodenya masih tetap sama, contohnya IPS yaitu 100. Jadi inilah penyebabnya mengapa ada ketidaksesuain jam mengajar.

Nah...sekarang sudah agak paham donk dengan alasan diatas, jadi dari ke-4 jenis data JJM diatas, kira-kira rekan-rekan termasuk kriteria yang mana? Menurut rodajaman dari ke-4 jenis data JJM diatas dapat dikelompokkan berdasarkan mata pelajarannya yaitu :
  1. Untuk Jenis Data (1) adalah IPS, karena kode IPS (100) tetap sama, dan Guru Kelas (027) bukan guru bidang studi SD untuk semua tahun sertifikasi. Seni Budaya, PKn untuk tahun sertifikasi 2009-sekarang.
  2. Untuk Jenis Data (2) adalah Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, Penjas untuk jenis ini hanya tinggal menunggu transfer/konversi kode bidang studinya mungkin akan berubah sendiri.
  3. Untuk Jenis Data (3) adalah Guru PKn yang tahun sertifikasi sebelum 2009.  Rodajaman tidak tahu bagaimana solusinya, mungkin dalam proses konversi kode, apa akan berubah valid sendiri atau perlu diperbaiki.
  4. Untuk Jenis Data (4) adalah Guru TIK/Keterampilan semua tahun sertifikasi, Guru Bahasa Inggris semua tahun sertifikasi, hal ini rodajaman tidak tahu akan berubah sendiri atau tidak. tapi sepertinya perlu waktu, karena JJM KTSP=0 apakah TIK benar-benar akan dihilangkan?
  5. Untuk Jenis Data (5) adalah guru yang tidak linier (tidak sesuai mata pelajaran yang diampu) dengan sertifikat pendidiknya. Jelas kalau yang ini gak akan berubah.

Mudah-mudahan analisa ini tidak salah...dan mudah-mudahan jika hasil data rekan-rekan semua juga sama,  hal ini merupakan jawaban bagi rekan yang menunggu dan masih risau dengan hasil verifikasi data. Mengutip salah satu komentar di rodajaman, “gak usah terlalu dipusingkan dengan verifikasi dan dapodik, bekerjalah dengan baik, sesuai dengan bidangnya”. Pada akhirnya yang membuktikan adalah pekerjaan kita masing-masing. Ingat tujuan kita masih jauh dan banyak, kita akan berhadapan dengan hal-hal baru yang lebih seru, jangan beranggapan hal ini untuk mempersulit guru, bahkan beranggapan ada yang tidak senang dengan sertifikasi guru, dll. Ini salah satu upaya Pemerintah membantu dan melindungi para guru, bahwa keprofesionalan guru harus dipertanggung jawabkan. Maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Dan jika berkenan kasih komentarnya ya...terimakasih, salam rodajaman.


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Mungkin Inilah Penyebab JJM Guru Dianggap Belum Sesuai (JJM=0). Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Mungkin Inilah Penyebab JJM Guru Dianggap Belum Sesuai (JJM=0) ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Mungkin Inilah Penyebab JJM Guru Dianggap Belum Sesuai (JJM=0) sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

83 komentar:

  1. Thanks ya brooo, dah memberikan pencerahan bagi guru-guru di Kabpaten Belu

    BalasHapus
  2. itu dia letak masalah yang di sekolah kami......
    karna bedanya kode sertifikas.......
    akhirnya JJM Linier 0.....
    kita hanya bza berdoa ajha dech...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang Juve..kt tunggu aja, kt nya aja pusing apalagi sistemnya ya..

      Hapus
  3. Saya hny akan cb memberikan solusi, kalo aza bs diterima dan dipahami sambil berdoa, smoga bs ada perubahan konversi di aplikasinya. Mgkn saja pembuat aplikasi pendataan ini hny berdasarkan pada kode Mapel yg baru (2013) dan berlaku pd Pendataan PTK BOS. Sedangkan utk sertifikasi angktn 2006-2007 blm dikonversi. Utk angktn 2008 kyknya gak ada masalah. Utk angktn 2009,2010 dan 2011 sdh ada perubahan lg krn adanya perbedaan Dikdas dan Dikmen. Sementara dlm hal ini kasusnya aplikasi dgn kode utk angktn 2008. Yang bs dilakukan saat ini adalah : Coba direvisi lg pada pengisian aplikasi tsb dgn merubah Mapel yg tertulis pada jadwal - rombel - PTK menggunakan kode sertifikasi yg dimiliki oleh guru tsb, kemudian di ENTER. Jadi pengisian jadwalnya berupa kode Mapel, bukan mapel yg tertulis. Selanjutnya bs mencoba divalidasi dan dikirim kembali. Semoga ini bs membantu, Amien.

    BalasHapus
  4. data guru PAI di tempat saya dinilai belum valid dan tidak memenuhi syarat sertifikasi. Tapi kemaren tanggal 4 sertifikasinya cair dari depag..
    Alhamdulillah saya jadi gak disalahkan, soalnya semua data guru tersebut sudah saya input dengan teliti dan sekarang masih tahap cek konversi.

    BalasHapus
  5. selamat sore RJ (Roda Jaman)
    saya mau tanya nih RJ..
    honor untuk operator dapodik tu ada gak sih?
    kalo ada seberapa besar?
    diambil dari mana?
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..ini pertanyaan perlu dijawab gak ya..yg merasa operator dapodik tolong jawab ya..

      Hapus
    2. Iya tu...kasian OPERATOR....dh CAPEK2 isi Datanya.....gk di gaji....Eh.....kalau ada yang salah....OPERATOR Jg Nanggung yg di marahi.....

      Hapus
    3. Diambilkan dari Pencairan TF.. 1 orang guru bersertifikasi harus INFAQ min 50 ribu

      Hapus
    4. Buat arisan sesama OPERATOR saja gimana ??wkwkwk...biasane sak ikhlase bapak dan ibu guru yang dimasukkan dapodik...kalo TFnya keluar 3.000.000an ya paling kbagian 5.000..(pengalaman pribadi)...hadewh...

      Hapus
  6. trisehono, s.kom

    Suwon pae atas informasine Kulo bade soan teng grio ,, angsal mboten,,, mugi mugi lancar lan tambah sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggih..sami-sami..monggo nek ajeng dolan mriki..amin matur nuwun ats doanipun..

      Hapus
  7. Bos, kalau yang salah kategori wilayah, bgmn? Harusnya terpencil kok malah 0, diupdate berkali-klai tetap 0.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang seperti itu..krn yg dpt menetapkan kategori wilayah/daerah adlh berdasrkan SK Kepala Daerah,jd pusat sdh punya data wilayah

      Hapus
  8. Bos,Saya mau tanya nih, khan SMP atau SMA RSBI jumlah Jam mengaja per mapel khan beda contoh kalo Matematika dan Bahasa Inggris jampelnya 6.
    La khan ngga dihitung 6 tapi hanya 4 jampel bagaimana BOS. mohon petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya utk rsbi nanti ada petunjuk dan ketentuan tersendiri..sm dg guru BK yg blm jelas cr pengisian jjm nya

      Hapus
  9. JON BAPILU SITIO20 Februari 2013 08.58

    Saya Operator SMP pada pengisian mata pelajaran pada Rombel pada saat nama guru di pindahkan tidak dapat dipindah, dan terdapat peringatan nama an. .. tidak memiliki record terdaftar . Bagaimana maksudnya itu, dan bagaimana cara mengatasinya ..? terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bpk masuk sj di menu PTK,trs edit setiap PTK,pd riwayat terdaftar isi nama sekolah tp harus online

      Hapus
  10. JON BAPILU SITIO20 Februari 2013 14.19

    Salam kenal pak Agus !!! saya Operator SMP, Pak.... saya mau tanya : saya telah mengirimkan Dapodik ke servsr, setelah saya cek ternyata Jlh PTK : 26 yang seharusnya 33, saya cek di manajemen pendataan jlh PTK yang masuk 33, kenapa bisa beda pak ??? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga Pak Jon..beda gak masalah yg penting data yang benar dan digunakan adlh yg di Manajemen Pendataan..

      Hapus
  11. JON BAPILU SITIO20 Februari 2013 23.49

    Terima kasih pak Agus atas pencerahannya, sudah saya coba dan berhasil... mengenai Verifikasi data Guru kapan terjadi perubahannya, pak ! karena data telah kita perbaiki dan telah dikirim, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti setelah dilakukan sinkronisasi data dari dapodik ke p2tk..mungkin akhir bulan ini

      Hapus
  12. salam knal pak! beberapa data saya, statusnya warning? itu kenapa ya pak?
    terus pada point 20. malah nol (0), dan rincian JJM, JJM KTSP , JJM Linier nol semua, padahal sudah di isi. apa ini salah operator?? trmkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di klik ikon info (tanda seru), klw pengisian rombelnya benar,mk akan normal

      Hapus
  13. salam kenal pak Agus..,perubahan data sklh kami dikirim lwt aplikasi tgl 13 Pebruari,kpn bisa terupdate..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali,tunggu setelah tgl 26 feb..

      Hapus
  14. ikut nimbrung pak RJ

    seandainnya guru mengajar di 2 sd yang berbeda, untuk memenuhi syarat 24 jam, misal di sd A 20 jam di SD B 4 jam, pertanyaan saya gimana agar kedua jam itu bisa masuk ke p2tk ? sehingga penuh 24 jam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. isi jam PTK mengajar di kolom rombel pd aplikasi dapodik di masing-masing sekolah..isi 2 sekolah pd riwayat mengajr dan riwayat terdaftar 1 induk dan 1 bukan induk..

      Hapus
  15. JON BAPILU SITIO23 Februari 2013 08.42

    slamat pagi pak Agus ! tadi saya cek di Menejemen Pendataan, Data kami sudah di Verifikasi pengiriman tgl 20 Peb 2013, apakah maksudnya pak ? apakah kami tidak dapat mengirim data untuk perbaikan data Dapodik lagi, pak ! terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa iya pak sdh diverifikasi,apa pak Jon pernah meminta datanya utk diverifikasi..data sy sj yg sy kirim 02 Jan blm diverifikasi

      Hapus
    2. JON BAPILU SITIO24 Februari 2013 17.51

      ya, pak betul setelah saya cek di Menejemen Pendataan memang data yg sy kirim tgl 20/2/2013 status TERVERIFIKASI, sy tdk pernah meminta untuk diverifikasi.. trims

      Hapus
  16. maaf pak, klau saya simpulkan dari tulisan anda yang belum sertifikasi jjmnya berarti 0,seperti kepunyaan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul .. verifikasi data guru hanya utk yg sdh sertifikasi

      Hapus
  17. bingung kok rombel kami masih bintang bintang di langit di info pendataan datadik..mas mohon bantuannya.............................................

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti msh ada kesalahan di aplikasi..data mungkin ada dobel ID nya..yg bertanda bintang berarti data yang diragukan kebenarannya

      Hapus
  18. JON BAPILU SITIO1 Maret 2013 19.20

    Guru kami yang sertifikasi tahun 2008 dan 2009 ; jjM Linier = 0, pada hal bdng sertifikasi pada no 17 sama dengan mata pelajaran yang diajarkan, cth : Pel PKn JJM = 2, JJM KTSP = 2 tetapi JJM Linier = 0, begitulah semuanya...kenapa demikian pak, tlng penjelasannya... untuk informasi bdng sertifikasi dari semua guru adalah matematika, IPS ( ekonomi ), IPA (biologi ) , B.Indonesia, Penjas...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti akan ada sinkronisasi dan konversi dr kode lama ke kode baru

      Hapus
  19. MAKSIH BANGET ATAS MASUKANNYA.. JADI NGEMPLONG SKR

    BalasHapus
  20. Salam kenal pak, saya operator di SUMUT tepatnya Binjai,Nah..dsitu ada data guru honor kami yang mengajar 2 sekolah 1 negeri 1 mengajar dswasta.nah di negeri dia mengajar bidang stud seni budaya dan ketrampilan dan dswasta mengjar bahasa ing.yg ingin saya tanyakan
    1. kenapa jam bahasa ing di swastauntuk JJM KTSP cma 13 sedangkan di JJM 33 untuk semuanya
    2. knapa jam liniernya gak ada
    3. bagaimana dengan tunjangan fungsional apakah bsa dapat??
    Mohon pencerahannya pak THX

    BalasHapus
    Balasan
    1. lam kenal jg..klw ingin dpt tunjangan fungsional hrs fokus yg di swasta..krn syaratnya hrs GTY
      jjm di sklh swasta mungkin ada kesalahan dlm pengisian rombelnya apakah ada tanda Tidak Normal?

      Hapus
  21. Assalamualaikum Pak Agus,
    Saya operator smp, NISN siswa saya masih ada yang ganda atau memang kosong, akibatnya dapodik tdk bisa dikirim karena masih invalid, sedangkan kami sdh cek sampai ke SD siswa ybs, memang NISN nya ganda atau tidak ada. Tolong bagaimana solusinya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg ganda didelet saja..spy valid..NISN kosong gpp kirim saja

      Hapus
  22. USU smp3 pwk9 Maret 2013 22.41

    Salam kenal, pa. mau tanya kalo Tugas tambahan kepala perpustakaan dan kepala lab IPA sudah diakui 12 jam belum ya? soalnya...sy dah upload hampir 2 minggu tapi belum ada perubahan tugas tambahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. diakui kok..tunggu saja data belum sinkron

      Hapus
  23. Ass, Pak Agus .. saya mau bertanya ne,,,
    Saya operator SD,,knapa masih ada data guru pada point 20 = 0,,JJM=0, JJM KTSP=0, JJM Linier=0,,, Padahal pada rombel dah terisi dengan benar bahwa guru ybs. wali kelas dan jumlah Jamnya 24,,tolong solusinya..trim's..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.apakah file sdh terkirim
      2. pakah sdh diterima dan berhsl diproses
      3. tunggu proses sinkronisasi
      4. cek terus dan terus

      Hapus
  24. heni trimarsari14 Maret 2013 17.25

    Ass...Rj saya mau tanya nih
    saya guru IPA di sebuah SMP saya juga mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Laboratorium IPA dan mempunyai sertifikat Kepala Labor,pertanyaan saya apakah tugas tambahan tersebut dapat di akui sebagai JJM

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas diakui sekali..ibu sdh sertifikasi kan..

      Hapus
  25. Sore Pak..
    poin no 17 dan 20 sudah OK dan valid tetapi dalam rincian jam mengajar kolom Normal tertulis tidak normal(!)dan keterangan di bawahnya seperti ini
    "Dari total 25 jam linier terdapat 25 jam di rombel tak wajar. Jam tsb tidak akan diambil untuk tunjangan profesi. Untuk keterangan, klik icon info.* PTK bersangkutan telah memenuhi syarat untuk menerima Tunjangan Profesi"
    Maksudnya apa pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy tdk bs komen klw tdk lihat scr langsung..kirim sj lwt email screenshotnya atau kopiannya
      tp klw ada tanda tdk normal berarti pengisian rombelnya salah

      Hapus
  26. Rodajaman oke met malam
    aku tiap hari cek data guru karena banyak teman2ku yang nunggu kabar terbaru setelah perbaikan ..eehhh dah 2 hari ini error terus sampai2 gonta ganti modem dan situs referensi tuk masuk ke p2tk tetap ga kebuka..
    benar seperti teman di atas apakah sudah ganti alamat ? atau server sedang dalam perbaikan? trimakasih saya suka sekali dengan blog ini .. jawaban2nya saya jadikan referensi buat kasih tahu teman2ku yang bertanya

    by dedi mulyadi (demava37@yahoo.co.id)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh mas dedi..kapan2 dicek lg,..mungkin server sdg sibuk kebanyakan yg buka

      Hapus
  27. anonim
    Bos RJ nanya nih kalo bhs Jawa masuk bahasa daerah/ seni budaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk KTSP masuk di mulok
      utk kurikulum 2013 nanti masuk senibudaya

      Hapus
  28. assalamualaikum mas Agus !
    menurut mas Agus analisa saya betul apa tidak, pada poin 20 tentang total jam mengajar sesuai itu akan tetap 0(nol), jika seorang PTK (PNS/GTT/GTY) masih belum memiliki NRG. karena berdasar hasil cek PTK di lembaga saya yg saya lakukan Tgl 17 Maret 2013. meskipun total jam mengajarnya 24 jam perminggu. dan info rombelnya normal semua.
    oh iya, satu lagi mas !
    Tunjangan Fungsional di tujukan untuk siapa sebenarnya ?
    GTY atau GTT Negeri mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas aditya..
      klw liat di info kelengkapa PTK, TF hanya utk GTY dan Honor Daerah

      Hapus
    2. mas Agus ! sy salah satu GTT lembaga negeri yg mendapat tunjangan yg di transfer melalui Bank. klu disini di kenalnya INSENTIF. di Kabupaten saya ada 2 macam mas Insentif itu : 1. Insentif APBD ( diterima langsung )
      2. Insentif APBN ( transfer Bank )
      ne yg termasuk TF yg mana mas ?
      soal nya isunya sudah gak enak nih gara2 DAPODIK.

      Hapus
    3. TF tunjangan fungsional (poin ke-2) langsung transfer..ini tunjangan utk guru yang belum sertifikasi..jd syaratnya sama dg persyaratan utk mengikuti sertifikasi

      Hapus
  29. Kenapa susah sekali cek data guru?

    BalasHapus
  30. sistem sedang maintenance, sabar bozzz.!

    BalasHapus
  31. sistem sedang maintenance, sabar bozzz.!

    BalasHapus
  32. saya adalah guru SDN 4 Grogol, kenapa ya kok pada poin 20, JJM,JJM KTSP,dan JJM Linier semua 0. padahal sudah saya perbaiki masih saja 0. sebenarnya yang di perbaiki itu yang Smt I dulu apa lgsg kirim data utk Smt 2? soalnya kemarin sy tlp petugas yang ngurusi dapodik katanya yang smt 1 dulu.tlg pak ya segera di perbaiki. apa benar kalo JJm 0 ga dapat TPP.ya sy hny bisa berdo'a semoga di beri kemudahan dan rezeki yang melimpah kpd petugas p2tk dan yang ngurusi Dapodik . AMIIIIN

    BalasHapus
  33. ikut nimbrung pa, makasih info nya... saya share-in lagi ke yang lain y... mhon ijinnya

    BalasHapus
  34. Lalu bagaimana dengan guru SLB yang memang semuanya guru kelas,dan dadlam satu rombel terdiri dari beberapa tingkat / kelas?? trims

    BalasHapus
  35. Iya nih, kami guru slb ngajar di jenjang SMPLB sertifikasi kode 800 (guru kelas sdlb). apakah sk ngajarnya kita revisi jadi guru kelas sdlb pada kelas VII, VIII, atau IX. bisa valid nggak kalau bunyinya: tugas mengajar (mata pelajaran) guru kelas sdlb di kelas IX dengan beban mengajar di kelas tsb misalnya 12 jm? soalnya saya pakai mengajar mata pelajaran lainnya jadi 0.
    trims.

    BalasHapus
  36. Mas,saya mau nanya disekolah saya guru mengajar di 2 sekolah SD-SMP.pertanyaanya info rombel 7,8,9 seharus smp jadi rombel 1-6

    BalasHapus
  37. trimakasih atas infonya, tapi saya bingung kok pada tampilan verifikasi PTK saya ga ada no 17 nya mas (kode bidang sertifikasi), dari no 16 langsung ke no 18, saya tunggu penjelasannya, trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk No. 17 datanya diambil dari DATA KELULUSAN SERTIFIKASI, dan itu akan di-cross check dengan input kode sertifikasi di aplikasi Dapodik, kalo cocok akan dimunculkan Status Kelulusan Seritfikasi. Kalau masih bermasalah, mungkin ada kesalahan pada NUPTK.

      Hapus
  38. pak mau tanya gimana cara merubah masa kerja PTK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkapi form PTK bersangkutan, terutama TMT PNS, Gaji Berkala, dan Riwayat Mengajar

      Hapus
    2. pak saya mau nanyak masalha daerah khusus ini SDN 2 Bilok Petung Lombok,,,padahal udah saya centang daerah khusus di dapodik itu tpi pas di cek di pervikasi data P2TK itu tetp daerah biasa,,,solusinya bagaimna pak,,,,,,,,

      Hapus
    3. yang menetukan daerah khusus,langsung dari pusat atas usul dari daerah

      Hapus
  39. sore mas,,,,mas apakh data dapodik di semester 2 tidak bisa di kirim kalau data di semester 1 masih banyak yang belum di isi? makasi mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. seyogyanya lengkapi dulu data semester 1,baru kirim data semester 2,tapi untuk SK data diambil dari data semester 2,jadi segera saja kirim semester 2

      Hapus
  40. semoga Operator yang telah bersusah payah ,mendapat pahala dari yang Maha Esa dan kepala sekolah dapat memberi insentip sesuai dengan tugas OPS
    Di tunggu kunjungannya di Lapak Ane: http://bloggerasmuri.blogspot.com/

    BalasHapus
  41. bener, Mas.. seperti itu yang terjadi. Kode Sertifikasi guru kelas(027), namun setelah dikirim berubah dengan sendirinya menjadi Matematika sehingga JJM linearnya 0. Gmn solusinya ya? (lulus sertifikasi th 2007

    BalasHapus
  42. mau tanya bos,,saya operator sd dan menemukan data tidak valid pada ptk yang lulus sertivikasi 2007, untuk setatus sertivikasi setelah saya cek alidasinya tidak ada dan jjm liniernya juga 0, ni masalahnya apa untuk data sudah saya isi benar..mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  43. @uswatun: coba cek sertifikat pendidik, di dalamnya ada No. sertifikat dan No. Peserta, dari kedua No. tersebut akan diketahui kode sertifikasinya.

    @Kheno Dwijoatmojo: Coba cek kembali no peserta Sertifikasi dan NUPTK

    BalasHapus
  44. Ass. Kalau tugas tambahan sebagai kepala laboratorium bahasa apakah dihitung 12 jam mengajar? Ataukah hanya kepala laboratorium ipa saja yg dihitung 12 jam? Kebetulan saya guru bahasa inggris. Mohon infonya, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung sarpras di sekolah dan kualitas sekolah, kalau memang ada lab bahasa bisa diangkat kepala lab bahasa selain kepala lab IPA, kepala lab komputer

      Hapus
  45. kenapa masih sy temukan tetap warning pada dipoint 13 dan 14... mohon petunjuknya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sistem verifikasi data guru belum bisa menampilkan data pada poin 13 dan 14, bantuan kualifikasi S1 dan bantuan khusus atas usulan dinas dan berdasarkan kuota dan ketentuan

      Hapus