\ Sudah Saatnyakah Update Data Dapodik untuk Semester Dua?

Senin, 28 Januari 2013

Sudah Saatnyakah Update Data Dapodik untuk Semester Dua?

Share on :
Tak terasa sudah satu semester setelah pertamakalinya pendataan sekolah diperkenalkan pada kami.  Saya ingat sekali, ketika diundang sosialisasi pendataan ini, kebetulan sekolah kami hampir terlupakan tidak diundang padahal tempat sosialisasi berdekatan. Sayapun datang terlambat untuk mengikuti dan mendengarkan penjelasan dari Tim Sosialisasi dari Dinas Pendidikan Lampung Timur. Namun saya berfikir, ah..ini kan hanya aplikasi nanti saya pelajari sendiri juga bisa sendiri.

Ternyata berkecimpung dengan aplikasi pendataan, lama-lama asyik juga. Kenapa? Karena ternyata dengan kita mengisi data, seolah-olah bisa menentukan nasib kepala sekolah, nasib siswa, nasib guru, dan nasib sekolah..bagaimana tidak.. dengan hanya mengentri data, kemudian meng-uploadnya, membuat guru-guru (terutama yg sudah bersertifikat) kelimpungan. Ada yang protes, kenapa data saya gak valid, kenapa dengan masa kerja saya..dan sebagainya.

Tapi dengan segenap pikiran, saya berusaha untuk menyelesaikan pendataan ini. Apalagi ini saya jadikan semacam hiburan, karena dengan kesibukan saya bekerja, masih sempat menulis di blog ini, dan saling bertukarpikiran dengan rekan seprofesi se-Indonesia.

Nah..memasuki semester genap, perlu kiranya mempersiapkan data lagi. Mungkin ada data-data yang perlu diperbaiki, dilengkapi, perubahan data, dll. Disini saya hanya sekedar share tentang  bagaimana mengisi data pada aplikasi pendataan dikdas untuk semester genap.

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang berarti dalam mengisi data di semester dua ini. Kita hanya cukup mengganti pilihan semester dua pada saat login di aplikasi.  Setelah berhasil masuk, kemudian kita dapat melihat data-data yang sudah terisi sebelumnya dan data-data yang belum ada dan perlu diisi kembali. Ketika melihat data, seolah-olah data tidak ada bedanya dengan data semester satu, hampir sama, karena data sebagian besar sudah terisi. Namun jangan senang dulu, karena sebenarnya data memang perlu diupdate. Terutama data PTK dan data rombongan belajar.

Untuk Data sekolah : profil, sarana, prasarana, blocgrant, yayasan masih tetap sama, kecuali pada data Rombongan Belajar yang kembali kosong. Pada menu kolom Rombel inilah kita harus mengisi ulang data peserta didik, PTK mengajar, peserta didik keluar pada rombel-rombel tersebut.
Jika pada saat pengisian data PTK mengajar pada kolom rombel dengan cara mendrag, ternyata data
tidak dapat didrag padahal data sudah tersedia seperti gambar dibawah ini..

maka ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan yaitu ...


·        -    Melakukan export dan import data PTK pada tabel utama PTK

·         -  Pada rincian PTK, Riwayat Terdaftar utk kolom sekolah harus diisi secara online (diisi sesuai
   database sekolah pada aplikasi), seperti dibawah ini






·          -  Tekan tomblo refresh yang ada pada tab PTK

·          Jika cara tersebut masih gagal, hapus data tersebut kemudian input ulang

Gunakan salah satu cara yang dianggap mudah, dan lalu coba isi lagi data rombel.

Memang belum ada perintah atau pemberitahuan untuk update data untuk semester 2, namun tidak ada salahnya kan..kalau kita bersiap-siap, siapa tahu sewaktu-waktu diminta untuk mengirim data. Ok..selamat bekerja para operator dapodik.

Update !!
(pendataandikdas@gmail.com); bahwa untuk Diumumkan kepada seluruh Operator sekolah bahwa utk penginputan dan pengiriman data semester II sudah dapat dilakukan. Dikarenakan sudah ada kebijakan dan keputusan dari Pimpinan bahwa data yang akan digunakan semester yang terakhir, Silakan mapping (drag n drop) kembali untuk peserta didik dan ptk mengajar pada rombongan belajar untuk semester II tahun ajaran 2012-2013. Dan pastikan telah menggunakan Aplikasi yang terbaru yaitu versi 1.13.0.1. Karena data yang akan diterima dan digunakan adalah dari aplikasi versi tersebut
 


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Sudah Saatnyakah Update Data Dapodik untuk Semester Dua? . Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Sudah Saatnyakah Update Data Dapodik untuk Semester Dua? ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Sudah Saatnyakah Update Data Dapodik untuk Semester Dua? sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

49 komentar:

  1. kalu sudah diisi, ujung-ujungnya JJMnya 0 ( nol )......cape juga deh.....

    BalasHapus
  2. terima kasih gan, blog anda sangat membantu

    BalasHapus
  3. betol-betol terima kasih infonya.....
    kasus yang dimunculkan memang sama smua..... JJM.

    BalasHapus
  4. salam bapak/ibu operator pusat, kalau update data dapodik 2 sudah ada tolong cepat dipublikasikan, karena mengisi data satu sekolah sangat rumit, trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapkan dulu saja, isi data semester 2..klw sdh disuruh kirim info nanti kan sdh siap

      Hapus
  5. kami merasakan kesulitan terutama men drag ptk mengajar itu pak, tolong bantua saya yaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk data tab PTK, klik PTK, klik ubah rincian pd tab riwayat terdaftar, tulis nama sekolah, tetapi harus online, nanti nama sekolah tinggal pilih dari database yag tersedia

      Hapus
  6. Pengakuan JJM berdasarkan KTSP tidak sesuai dengan implementasi kebijakan dinas pendidikan yang memberikan kesempatan kepada lembaga pendidikan menentukan JJM sendiri berdasarkan kebutuhan. Seharusnya system mengakui JJM setiap sekolah, bukan menganulir JJM PTK. Harapan kami, system DAPODIK segera memperbaharui kebijakan yang ada di lapangan.

    BalasHapus
  7. Yang mau menyampaikan keluh kesah seputar DAPODIK silahkan kunjungi link ini 116.66.201.161:81

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Makasih infonya Pak Agus,
    saya lagi pusing ngerjakan dapodik semstr 2, tapi setelah membaca postingan Bapak, semuanya jelas. :D

    BalasHapus
  10. saya mengajar ipa terpadu 15 jam di tambah tugas tambahan sbg kepala laboratorium ipa,tapi di data yg muncul tugas tambahan kosong..shg.jjm saya belum mencukupi...gimana ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk guru dengan tugas tambahan Kep. Lab. diisi selain diisi pd kolom tugas Tambahan, diisi juga pada riwayat terdaftar sebagai guru dan jabatan tugas tambahan Kep. Lab

      Hapus
    2. Pak, bgmn dg data semester 1 yg blm valid apa bisa di betulkan di aplikasi semester 2 ya pak,,,? mohon pnjelasannya pak.

      Hapus
    3. utk update data sem.2 blm ada pemberitahuan

      Hapus
    4. Status pengiriman sekolah kami "PENDING", mohon penjelasan dan solusinya pak.... trims

      Hapus
    5. pending berarti ada kesalahan, mungkin ada 2 PTK yg ID nya sama, atau ID sekolah dobel..nanti sdg diperbaiki

      Hapus
  11. Bisa bantu saya pak... setelah sy cek masa kerja (MK) pada Data PTK salah,Pada SK terakhir Gol. 3a MK 8 th, Pd data Ptk MK 6 th bagaimana ya.. solusinya? sy diangkat 01-04-2006, pd SK pengangkatan pertama MK sdh ada 6 th di ambil dr Honorer, gimana ya.. sedang kan pd DAPODIK hanya ada kolom TGL sk pertamanya. MK honorernya... sdh pasti tdk dihitung... mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin nanti akan ada penyesuaian yg penting di dapodik data diisi yg lengkap mis.TMT pengangkatan, tmt berkala,sk, dll..

      Hapus
  12. Mexi Proklamasi27 Februari 2013 11.06

    apa penyebab jam linier ttp kosong????

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebabnya :
      1. jam mengajar tdk sesuai dg sertifikat
      2. kode sertifikasi tdk valid
      3. kode mata pelajaran tdk sama dg kode sertifikasi
      4. belum sinkronisasi data dr dapodik

      Hapus
  13. Saya mengajar sy mengajar di 2 sekolah bagaimana cra pelaporannya
    ke Dapodik...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada Aplikasi Pendataan Dapodik pada kolom riwayat mengajar dimasukkan sekoah induk dan sekolah bukan induk anda. Dan begitu juga sebaliknya pada sekolah bukan induk data jenengan juga harus dimasukkan. Kemudian dikirim lagi ke server pusat.

      Hapus
  14. Utk login aplikasi dan update data pake semester dan tahun pelajaran berapa gan.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini Data Dapodik masih menerima semester 1 tahun pelajaran 2012/2013. Untuk semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 masih menunggu aplikasi dengan versi yang baru.

      Hapus
  15. Terimakasih gan atas jawaban yg kmren tetapi knpa stlah sya update data tertanggal 28 Februari yg jmlh rombelx 14 rombel tp di data progres ttp saja trcantum tgl sblumx yaitu 23 Februari dngn jmlh rombel 12. mohon bantuan dan penjelasanx.Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek lg status pengiriman pengiriman terakhir..

      Hapus
  16. Sekolah kami masih perbaikan data smt 1. KS kami sertifikat Guru Kelas dan untuk memenuhi JJM beliau ngajar PKn. Dalam pengisian Rombel diisi sebagai guru PKn,ternyata setelah di cek ternyata no. 20 tetap 18 jam. Apa seharusnya diisi guru kelas ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuaikan dg struktur KTSP SD dan berdasarkan pembagian tugas guru yg sebenarnya

      Hapus
    2. Begini...guru yang memiliki tugas tambahan KS kan sdh punya JJM 18, karena beliau sertifikasinya guru kelas pada kolom riwayat terdaftar diisi guru kelas apa guru PKn (beliau mengajar PKn Kelas 4, 5, dan 6? terima kasih dan mohon maaf kalau pertanyaan saya kurang tepat

      Hapus
  17. kalau memasukkan data ptk sudah online,,trus ngedrag ptk ke rombel pa hrus online juga?

    BalasHapus
  18. saya operator, dan saya tidak sengaja mengisi pada program untuk smester dan saya juga sdh mengirimkannya. jadi bagaimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp..yg penting data sem.1 sdh valid semua, silakan kirim sem.2

      Hapus
  19. untuk semester 2 mksd saya, maaf

    BalasHapus
  20. data aplikasi saya belum valid,,,gemana dengan smester 2 nya apa bisa dikirim?

    BalasHapus
  21. data aplikasi semester 2 terlanjur dikirim pak, apa perlu di kembalikan ke semester 1? mengingat pencairan untuk semester1,dan data sudah semester 2. apa ada pengaruhnya? mohon bantuannya pak. makasih

    BalasHapus
  22. pak saya mau tanya kalo data siswa ada yang belum masuk, tapi data sekolah sudah dikirim tp blom diverifikasi. apa masih biswa diubah
    trima kasih

    BalasHapus
  23. pak saya mau tanya kalo data siswa ada yang belum masuk, tapi data sekolah sudah dikirim tp blom diverifikasi. apa masih biswa diubah
    trima kasih

    BalasHapus
  24. mau tanya pak,,,,,,untuk wakil kepala sekolah, kepala lab(merangkap guru), kepala perpustakaan(merangkap guru),,,pada kolom jabatan sekolah diisi guru atau jabatan tugas tambahan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tugas tambahan diisi di kolom tugas tambahan dan di kolom riwayat terdaftar

      Hapus
  25. pak mau tanya rumus untuk merubah fild kelas pada tabel siswa untuk seluruh siswa coding nya bagaimana?
    saya memakai ADODB pak...

    BalasHapus
  26. HELP...
    Perlu bantuan dan masukan!

    saat saya menginput Rombel -> Kenaikan Kelas -> pilih rombel yang naik kelas dari semester 2 TA. 2012-2013 -> namun ada keterangan "Rombongan Belajar Tidak Ditemukan Pada Semeser Lalu" kalau begini apa yang harus saya lakukan?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menu kenaikan kelas gak usah dipakai, kecuali nama dan anggota rombel sama dengan semester lalu, tidak berubah

      Hapus
  27. pak admin mau tanya kalau bagi sekolah yang belum pernah isi dapodik sama sekali bagaimana, masukan PTK ke dalam tabel utama. karena jika tidak ada PTK di tabel utama tidak bisa isi ROMBEL. tolong bantuanya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. memasukkan PTK atau peserta didik baru ke tabel utama bisa dilakuakn setelah berhasil sinrkonisasi

      Hapus