\ Gara-gara JJM KTSP dan JJM Linier, Akhirnya Data PTK Kami Kembali Tidak Valid?

Senin, 28 Januari 2013

Gara-gara JJM KTSP dan JJM Linier, Akhirnya Data PTK Kami Kembali Tidak Valid?

Share on :
Pada posting Akhirnya data ptk kami semuanya dinilai valid, saya dengan sedikit bangga menampilkan data yang sudah valid. Data itu saya dapat setelah saya coba cek verifikasi PTK pada tanggal 17 Januari 2013, setelah menunggu hampir 2 minggu hasil proses upload dapodik ke server pendataan. Disana terlihat sekali semua data PTK tersebut sudah valid termasuk jumlah jam mengajar (JJM) yaitu >=24 jam. Sebenarnya data yang saya tampilkan itu, hanya untuk menunjukkan bahwa dengan perbaikan di aplikasi sesuai petunjuk maka itulah hasil yang didapatkan.

Namun..alangkah kagetnya saya, ketika banyak komentar masuk di rodajaman yang mengatakan “kenapa data yang sudah valid jadi berubah, terus apa maksudnya ada JJM, JJM KTSP, JJM Linear, kenapa JJM jadi kosong, dst”

Saya memang belum dapat menjawab pertanyaan itu, karena saya memang baru tahu ada perubahan hasil data ini. Setelah saya coba cek kembali, eh..memang demikian. Dan data saya pun kembali berubah tidak valid, setelah sebelumnya dinilai valid. Dan pada hasil verifikasi pada field no.20 total jam mengajar dikatakan belum sesuai, karena adanya perhitungan JJM, JJM KTSP, dan JJM Linier, seperti terlihat dibawah ini


Saya sudah coba kirim email untuk konfirmasi ke cekdataguru@gmail.com namun sampai saat ini belum dibalas.

Kalau boleh bergumam, saya hanya mengatakan, ni..sistem (SIM P2TK) benar-benar canggih..bikin kita (guru-guru) bingung, bikin cemas, gregetan..wah..pokoknya kayak lagi nonton pertandingan bola lah..udah cetak gol..eh..ternyata golnya dianulir karena offside atau ada pelanggaran kali ya?

Oke..akhirnya saya pikir-pikir sendiri, kenapa ada JJM, JJM KTSP, JJM Linear.  Mengenai beban kerja (JJM) ini sebenarnya sudah diatur dalam Permendiknas No.39 Tahun 2009 bahwa beban kerja guru adalah minimal 24 jam tatap muka. Inilah yang mungkin mendasari adanya penghitungan JJM dalam sistem.  JJM adalah jumlah jam mengajar yang diisi dan dilaksanakan oleh guru di sekolah masing-masing sesuai yang terisi dalam dapodik. JJM KTSP adalah jumlah jam mengajar berdasarkan struktur kurikulum KTSP (Standar Isi). Sedangkan JJM Linier?  JJM Linier inilah yang menjadi patokan untuk penghitungan JJM 24 jam.
Oh iya..apakah rekan-rekan yang bersertifikat pendidik, mata pelajaran yang diampu sudah sesuai  (Linier) dengan bidang studi sertifikat pendidiknya, dan apakah sertifikat pendidik yang dimiliki juga sesuai (linier) dengan kualifikasi akademiknya (pendidikan terakhir). Dari dua kemungkinan ini, mungkin yang dimaksud linier adalah jumlah jam mengajar yang sesuai dengan sertifikat pendidiknya, dan ini menjadi penghitungan dan syarat bagi penerima SK Tunjangan Profesi. Karena setelah saya coba cek beberapa PTK, hasilnya pada total jam mengajar berbeda-beda dan cukup membingungkan, karena saya tidak tahu dimana letak kekurangannya, padahal dapodik sudah terisi dengan lengkap dan PTK sudah linier dengan sertifikatnya. JJM Linier ini apa maksudnya?

Ternyata penjelasan mengenai JJM Linier dan JJM KTSP seperti yang saya kutip dari sini begini...
1. JJM Linier : Jam Mengajar yang dihitung sesuai dengan Sertifikasi Bidang Studi (misal: Sertifikasi Bidang Studinya Bhs. Inggris, tetapi mengajar MTK, itu tidak dihitung jam mengajarnya di P2TK)
2. JJM KTSP : Kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Jam mengajar dihitung sesuai dengan kurikulum yang berlaku.(misal: kurikulum yg berlaku utk jam mengajar Bhs. Inggris di KTSP = 4 jam. Tetapi di Rombel diisi 6 jam, maka di JJM KTSP dihitung sesuai KTSP = 4 jam

Saya berharap dengan tulisan ini, ada yang bisa memberikan solusi bagaimana dengan data PTK yang belum valid terutama pada jumlah jam mengajar yang tidak sesuai. Dan saya hanya berharap mudah-mudahan data yang tidak sesuai ini dapat berubah dengan sendirinya dan dapat dibaca oleh sistem sehingga PTK bisa bernapas lega, atau jikapun masih bisa diperbaiki pada dapodik, masih diberikan perpanjangan waktu untuk memperbaiki, karena kalau saya baca pengumuman di web p2tk.dikdas.kemdikbud.go.id bahwa masa updating data dapodik sudah berakhir tanggal 21 Januari 2013 yang lalu. Nah..jadi bagaimana dengan nasib PTK yang masih bermasalah..?


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Gara-gara JJM KTSP dan JJM Linier, Akhirnya Data PTK Kami Kembali Tidak Valid?. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Gara-gara JJM KTSP dan JJM Linier, Akhirnya Data PTK Kami Kembali Tidak Valid? ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Gara-gara JJM KTSP dan JJM Linier, Akhirnya Data PTK Kami Kembali Tidak Valid? sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

189 komentar:

  1. Masalah kita sama pak,,,
    lg bingung juga mesti ngapain???,
    Aplikasi yang sangat membingungkan maunya apa, sudah diisi lengkap dan sempat semua valid sekarang jadi 0 JJMnya... akhirnya tidak jadi valid...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sammmma.....terserah dah maux yang di atas

      Hapus
    2. sammma . . .terserah dah apa maux para pengambil kebijakan, yang penting kita masih bisa mencerdaskan anak- anak bangsa meski dihantui rasa penasaran n gregetan dengan semua aturan 2 yang ribet.

      Hapus
    3. kenapa pendataan tidak ada informasi yang jelas....?

      Hapus
    4. semua dbuat bingung dengan JJM. kitapun operator kebagian omelan. dkira ga becus ngisi data. tolong jangan buat para guru menelantarkan jam mengajar gara-gara ngurusin JJM terus.

      Hapus
    5. Mengapa ya sistem yang dipakai di lingkungan dinas pendidikan itu selalu membingungkan dari dulu? Apa nggak ada sistem yang sederhana saja biar tidak ruwet kayak gitu? Atau mungkin karena kebanyakan orang pinter jadinya servernya muter-muter ikut kebingungan... he he.... oalaah dinas pendidikan! dari dulu kok kayak begini... maunya apa lho? kalo mau bikin guru bingung tidak perlu pakai sistem yang ruwet kayak begitu. Cukup pakai satu kata aja guru sudah diam. Kan guru itu manut-manut he he

      Hapus
    6. Sama sya juga aa masalah pada point 20 beberapa kali email gak ada balasan ,kalu belum siap jangan dong bikin online.

      Hapus
    7. menurut saya, manusia dapat saja bohong tapi aplikasi tidak bisa di bohongi.jadi untuk mencapai apa yang kita ingin kan langkah yang harus ditempuh :
      1.Pastikan operator paham sistem, struktur kurikulum,peraturan tugas tambahan yang setara 12 jam,JJM,JJM linier,JJM KTSP.
      2.Pastikan ,input nuptk dan atau tgl bulan tahun lahir yg akurat atau data lain yg relevan.

      ya hadapi masalah dengan bijaksana agar fokus pada
      subtansi permasalahannya.
      3.Pusat Data juga jangan langsung mengvonis guru tidak akan menerima tunjangan cuman gara2 sistem elektronik yang tidak punya mata.
      okey sekian dulu.. ya sobat senasib dan seperjuangan..

      Hapus
  2. KK datadik Kota palangka raya30 Januari 2013 11.05

    nampaknya terjadi kroscek sistem dengan database sertifikasi guru, jadi sistem hanya menghendaki mapel harus sesuai kode bid sertifikasi.hasilnya, guru-guru jadi malas mengajar pada mapel yang diampunya krn jjm tidak diakui alias tidak linier, padahal di sekolah mapel tersebut belum ada guru untuk mapel tersebut. parahnya, guru penjaskes banyak menjadi korban karena mapel lain tidak diakui. hemat saya, sistem ini masih terus menyesuaikan diri karena banyak hal belum tercover

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak, benar-benar parah sistem nya, apalagi dikatingan, cuma 112 saja yg bisa di proses, yg lain nya error..,.

      Hapus
    2. Mengapa ya sistem yang dipakai di lingkungan dinas pendidikan itu selalu membingungkan dari dulu? Apa nggak ada sistem yang sederhana saja biar tidak ruwet kayak gitu? Atau mungkin karena kebanyakan orang pinter jadinya servernya muter-muter ikut kebingungan... he he.... oalaah dinas pendidikan! dari dulu kok kayak begini... maunya apa lho? kalo mau bikin guru bingung tidak perlu pakai sistem yang ruwet kayak begitu. Cukup pakai satu kata aja guru sudah diam. Kan guru itu manut-manut he he

      Hapus
  3. Masih untung pak, data dapat dicek/ diakses. kami mengalami lebih seru. Data tidak muncul, yang muncul format yang membingungkan, padahal NUPTK dan password tanggal lahir sudah benar. Mau update data tidak bisa, Karena tidak punya kode registrasi. Semua ditangani UPT dan Dinas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo kok bisa, kode regstrasi minta aja ke KK-Datadik Kab/Kota

      Hapus
    2. Bagaimana itu bisa terjadi ? apakah UPT dan Dinas saudara tidak lengkap mendapat info tekhnis pengisian dapodik atau ingin mengkop semua tugas operator berarti sekolah anda tidak mempunyai operator aduh kasihan deh looo....

      Hapus
  4. Saya sertifikasi Pendidikan Kewarganegaraan mengajar juga Pendidikan kewarganegaraan. jumlah jam 24. eee ternyata di JJM nol ( kosong ) gimana nih sistemnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya saya juga sama, golongan ruang masih 3a padahal sudah 3b, jjm kosong mau memperbaiki tidak punya kode regiatrasi, saat tanya ke ka tu di sekolah malah tidak tau kataya suruh tanya ke dikna po bkd, mbuh lah.....

      Hapus
    2. Ibu Uswah@ Cari orang yang mengerjakan laporan dapodik online atau operator sekolah ibu, di Aplikasi ada nomor regts sewaktu membekup dan klik aplikasi klik lagi upload disana ada no regestrasi coba deeeeh..

      Hapus
  5. Saya sertifikasi Pendidikan Kewarganegaraan mengajar juga Pendidikan kewarganegaraan. jumlah jam 24. eee ternyata di JJM nol ( kosong ) gimana nih sistemnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar Kang Cerdas,.....itulah senjata kita guru-guru demi melihat kerjaan sistem dapodik.
      Hidup Guru Indonesia.

      Hapus
    2. Cerdas cek dulu pengisian ptk pada kolom jenis sertifikasi nomor sertf dan NRG insya Allah sip soksek selalu

      Hapus
  6. Intinya sih, ada yang gak suka kalo guru-guru dapat tunjangan profesi. Selalu saja dibikin sulit dan rumit. Coba tengok dengan Lembaga atau Kementrian lain yang mendapat remunerasi, lancar-lancar saja.
    Sudah cape-cape perbaiki data, namun toh pada akhirnya sistem tidak mengakuinya. Lantas apa yang diinginkan oleh sistem ini. Sudahlah, sekarang yang penting mengajar. Anak-anak sedang menyongsong Ujian Nasional. Terserah, apakah sistem mengakuinya atau tidak mengakuinya. Cape juga mikirin kemauan sistem dapodik ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok pak setuju,guru kok dibebani administrasi tetek bengek,kapan ngajarnya,kapan ngoreksinya . . . .kapan bimbing anak didiknya,zaman maju malah dibuat sulit,padahal ada yang tdk mengajar juga diberi sertifikasi . . . .

      Hapus
    2. setuju pak..saya juga merasa begitu

      Hapus
    3. sekarang ini, tugas guru mengajar itu hanya sambilan saja. tugas utamanya mengerjakan administrasi,keuangan, TI, dsb....semuanya hanya karena satu kata...sertifikasi....

      Hapus
    4. jangan-jangan tunjangan guru dipersulit biar sedikit yang dapat soalnya uang yang mau dibayarkan sama guru udah dikorupsi duluan.... pejabat-pejabat negara kita kan jagonya korupsi... lebih baik kita para guru fokus mengajar anak didik kita agar jadi orang yang jujur dan cerdas, biar kelak jika jadi pejabat/pemimpin tidak korupsi...
      maju terus pendidikan Indonesia !!!

      Hapus
  7. saya sebagai Orang Islam hanya bisa banyak2 Istighfar aja belum lagi diropeti guru!!! udah kita berdoa aja.. salam Operator Sekolah

    BalasHapus
  8. BAGAIMANA DENGAN NUPTK YANG BELUM VALID SUDAH MENGIRIM EMAIL TAPI SAMPAI SEKARANG NUPTK SAYA TIDAK VALID??? TOLONG INFO NYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. sdh pernah bisa buka belum bu..klw dr awal blm bisa buka kemungkinan ada kesalahan di data PTK (NUPTK datau tanggala lahir salah)

      Hapus
  9. LNIER SIH LINIER PAK,CUMA JJM KTSP,KALAU DI STANDAR ISI IPA HANYA 4 JAM,KAMI LAKSANAKAN 6 JAM,TP TOTAL BEBAN TETAP MAKSIMUM 36JAM/ MINGGU,GIMANA TU PAK?APAKAH AKAN DIANGGAP KURANG JAM JG

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasibnya sama dengan aku, di sekolahku matematika 5 jam per minggu. Tapi oleh sistem hanya diakui 4 jam.
      Terserahlah.....mau diakui atau tidak diakui, sing penting tugas gak boleh ditinggal.

      Hapus
    2. sama dengan saya,, disekolahku matematika 5 Jam, Bhs. Indonesia 6 per minggu, hasilnya tetap nol,, kalo menurut saya sich ini sistem masih versi Beta (Coba2), dan terlalu dipaksakan untuk dilaksanakan, kalo sukses diperpanjang,, kalo tidak tinggal kenangan,,

      Hapus
  10. kalau disekolah saya JJM KTSP udah pas 24 jam....
    tapi JJM Liniernya saja yang kosong....
    itu karna kode sertifikasinya nga cocok....
    padahal sertifikasinya matematika dan mengajarnya juga matematika...
    contoh matematika mempunyai kode sertifikasi ada 2, yaitu 094 dan 180, hal ini yang membuat JJM Linier nya kosong...
    gimana caranya pak supaya kita bisa ubah kode sertifikasinya biar sama dan JJM Liniernya terisi....

    makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga begitu. Padahal ketika dikirim ke server, kode sertifikasi sudah betul yaitu pkn dan mengajarnya juga pkn. tapi ketika dicek di P2TK kode sertifikasinya berubah sehingga JJM linearnya kosong..
      Menurut saya sistemnya yang eror..blm teruji bikin semrawut...............

      Hapus
    2. ya begitulah sistemnya...
      kita sebagai operator hanya bisa berdoa.....
      semoga kita tidak di anggap yang salah" buat guru" sertifikasi

      Hapus
  11. klo di sekolah sya bukan guru yg pusing,,,tp operatornya,,guru taunya beres & terima sertifikasi,,,alhamdulillah rejekinya operator...
    knp jam mngajarnya bisa jd 0?? JJM KTSP & JJM Linier ksong...
    tp ada guru yang JJM KTSP & JJM Liniernya isi jd jml jam mengajarnya terisi....knp bisa begitu???? apa yg hrs sy lakukan??? pusink

    BalasHapus
  12. pusing anda kok sama persis dgn kami orang, tapi jangan menyerah coba cek poin no 17 dengan kode mata pelajaran sama nggak? jika nggak sama berarti itu masalahnya JJM menjadi 0, kalau sama berarti JJM tidak 0

    BalasHapus
  13. JJM IPS di sekolah kami 6 jam, sedangkan JJM KTSP 4 jam terus JJM linearnya kosong karena kode bidang studi sertififikasi tidak sama. saya dulu bidang sertifikasi ekonomi, kodenya 120 tetapi sekarang mengajar IPS kodenya 100.
    apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn ada konversi kode sertifikasi baca artikel terbaru di blog ini

      Hapus
    2. di dapodik kan otomatis pak..ga ada kode2nya,,langsung nama mata pelajarannya?

      Hapus
    3. BENGONG AJA BUDE NGAPAIN JUGA MIKIRIN KODE YAKINLAH BAHWA TUNJANGAN ONLINE HANYA OMDO, BIASALAH PARA PEJABAT KITE PALING SENENG BUAT ISU BIAR NGETREND

      Hapus
  14. bodo amat yg penting masuk & absen

    BalasHapus
  15. setuju banget karena sistemnya udah amburadul. gak tau juga mau dibawa kemana nasib bangsa ini. buat aturan serba plin plan

    BalasHapus
  16. nasib guru semakun ndak menentu, apalagi yang mata pelajarannya akan dihapus, nasibnya semakin ketar- ketir, bagaimana bisa kerja dengan baik kalau jaminan masa depannya tidak terjamin...

    BalasHapus
  17. setuju...sistem pendidikan kita sekarang ternyata justru merusak karakter bangsa, adanya standar kelulusan menyebabkan hilangnya rasa kejujuran, siswa makin malas belajar karena walaupun tidak memeras otak untuk belajar mereka yakin pasti lulus dengan nilai yang mencengangkan....rsbi juga menyebakan diskriminasi, yang mampu sekolah hanya orang kaya, orang miskin walaupun pinter juga tidak punya kesempatan...trus sekarang gurunya juga diperlakukan tidak adil, yang jelas dampaknya juga terasa sekali mereka sama sama bekerja dengan beban yang sama tapi dengan adanya sertifikasi ada yang diakui dan tidak diakui, ada yang dapat tunjangan dan ada yang dapat tunjangan, ada guru yang harus terpaksa merelakan bidang studi yang sudah bertahun tahun diajarkan tapi karena adanya serfikasi mereka harus mengalah pada guru yang sertifikasi dahulu dan terpaksa harus berpindah bidang studi yang jam mengajarnya bisa memenuhi 24 jam

    BalasHapus
  18. KITA UCAPKAN SELAMAT AJE YA BRO BUAT PENGAMBIL KEBIJAKAN KARENA TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU BISA DITEKAN PADA BATAS YANG DIINGINKAN SELAMAT... SELAMAT...

    BalasHapus
  19. Saya punya masalah kode sertipikasi dengan kode valid jam linier.
    Saya lulus sertipikasi tahun 2008 mata pelajaran Bahasa Inggris,di PTK saya kode Bhs Inggris : 090, di kode Jam Linier pelajaran Bhs Inggris : 157 sehingga jadi tidak valid di poin 20, padahal saya sudah mengajar di 6 kelas yaitu Kelas VIIA,VIIB,VIIC,VIID,VIIE,VIIF
    dengan perincian 6X4 jam tatap muka per minggu,apakah karna kodenya berbeda shg jadi tidak valid,kalau seperti itu siapa seharusnya yang memperbaiki shg JJM saya bisa jadi valid,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk seluruh bahasa inggris, memang belum valid, menunggu hasil konversi kode sertifikasi mungkin..

      Hapus
  20. Guru apa memang berbeda dengan dosen,kalo dosen tiap bulan diantara tanggal 25 s/d 27
    Tunjangan profesinya langsung masuk rekening,saya guru di Denpasar thn 2012 cuma dibayar hanya 7 bulan, itupun januari 2013 baru cair uangnya,apakah Bapak-bapak di Kemdiknas lupa sebelum jadi pejabat juga diajar oleh guru SD,guru SMP,dan guru SMA,disamping itu kalo bunyi Undang-undangnya untuk bisa menerima Tunjangan sertipikasi harus mengajar tatap muka 24 jam per minggu jangan lagi bikin aturan-aturan yang nyeleneh-nyeleneh, misalnya jadi wali kelas disamakan dengan 12 jam,jadi pembina ekstra dapat 12 jam, TEGAKKAN aturan, sebelum bisa mengajar 24 jam tatap muka ya jangan diberi Tunjangan,kalo tidak bisa seperti itu jangan dah bikin undang-undang spt itu,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Pak Anonim,kt hrs bijak, baca PP No.34 th.2008, Permendikbud No.39 Th.2009, tdk semua tugas tambahan diakui..wali kelas tdk termasuk tugas tambahan yg mengurangi jam mengajar..hanya kepala sekolah, wakasek, kep.Lab, kep.Perpus,kep.bengkel

      Hapus
    2. di dapodik masing-masing ptk, sudah ada form tugas tambahan, di sana banyak yang diakui tinggal dipilih sesuai dengan sk di sekolah

      Hapus
    3. mengapa di detiap sekolah data yag valid berbeda, contoh di sekolah X Kepala Perpustakaan tidak diakui jamnya tapi di sekolah Y Kepala Perpustakaan diakui setara 12 jam tatap muka....dapodik errroooor...

      Hapus
  21. Saya sangat tidak setuju dengan usulan draft perubahan PP 74 /2008
    bunyi Undang-undang sdh jelas untuk bisa mendapatka Tunjangan Sertipikasi guru hrs mengajar minimal 24 jam tatap muka 24 jam per minggu,masak dengan jadi wali kelas ato pembina ekstra sdh disamakan dengan 12 jam,kami yang mengajar sampai 28 jam per minggu merasa ada ketidakadilan,teman-teman yng mengajar hanya 12 jam juga bisa menikmati TPG,padahal kami berkutat dengan anak-anak di kelas, mereka hanya dengan jadi wali kls + ngajar 12 jam jg punya hak yng sama,mereka bisa ketawa-ketawa cekikikan krn hanya mengajar 2 jam pljrn per hari,punya hak yng sama,mohon tegakkan aturan,biar HAK dan KEWAJIBAN jadi sama,jangan salahkan guru-guru karena tidak adanya KEADILAN ini,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wali kelas,pembina ekskul tdk trmasuk jam tambahan pak..suatu saat bpk jg akan menjadi kepala sekolah atau jabatan lainnya..mohon cermati PP.No.34/2008 dan Permendikbud No.39/2009

      Hapus
    2. pass muantaf
      10 les saja cukuplah, asal benar2 profesional mengajarkannya.

      Hapus
  22. Bagi kami orang awam sistem ini membingungkan, sebelumnya data saya sudah valid rekan-rekan saya belum, karena mereka lulus sertifikasi tahun 2012, anehnya kami belum melakukan update data ternyata rekan-rekan saya tersebut datanya jadi valid katanya perbaiakan data hanya bisa dilakukan melalui aplikasi dapodik. Apakah ini masih uji coba sehingga membingungkan kami orang awam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg sert.tahun 2012,kodenya otomatis terbaca,krn NRG sdh masuk di database

      Hapus
    2. tapi saya mata pelajaran ipa kode 097 juga ngak terbaca sisten Dbase NRG, padahal sertifikasi 2012, gmana bos

      Hapus
    3. masa sih..teman sy otomatis valid kodenya..pada status sertifikasi apakah sudah diisi sudah atau dalam proses..klw belum segera perbaiki,sertifikat kan sdh terima

      Hapus
    4. klo diiisi dlm prose apakah bsa otomatis valid pak

      Hapus
  23. wah mkin bingung sya gann...

    BalasHapus
  24. bagaimana dengan guru yang belum sertifikasi harus jugakah mengisi jjm linier ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari operator sulek 2 Bondowoso
      JJM linier itu muncul scr otomatis kok....sy operator skaligus guru kls 6.sy ketik smuax secara rinci dan lengkap.nyatax yang valid hanya yang sdh sertifikasi dan karena sy belum, maka jjm linier sy tdk terisi alias nol potol....dan kepala sekolah jg hanya 18 jam.di tambahan pelajaran kls 4,5,6 jjm linier sm2 nol.....data beliau jg dinyatakan tdk valid walaupun sdh sertifikasi...bingung kan?????????

      Hapus
    2. @Ratman JJM linier itu otomatis terisi, dari kode bidang studi sertifikasi (yang sudah)
      @Bondowoso : klw yg diisi di rombel guru kelas pasti linier, tp klw diisi guru bidang studi menunggu konversi

      Hapus
    3. berarti jabatan kepsek yang 18 jam plus ngisi PKN 6 jam di kelas 4,5,6, tetap harus nunggu konversi, meskipun beliau udah sertifikasi ya pak?
      trus saya guru b.inggris SD 14 jam,kenyataanya saya ngajar 24 jam karena saya jg ngisi pengembangan diri english speaking. apa pel pengembanagn diri itu bisa dihitung ke JJM?klo ga bisa, ada solusikah? mksih

      Hapus
    4. utk guru SD yg mengisi data di rombel dg bidang studi,akan disesuaikan dan dikonversi kode bidang studi sertifikasinya..
      @anggit : lihat struktur KTSP

      Hapus
  25. gimana ni mas buat ngisi jumlah jam linier,,karena punya ssaya jumlah jam mengajjar sudah cukup 24 jam bahkan lebih, tetapi jumlah jam linier tidak cuk 24 jam,,saya lihan di sana jumlah jam linier nya kosong sedangkan jumlah jam mengajar sudah terisi dengan baik,,sehinggga data saya tidak valid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini sdg proses sinkronisasi dan konversi kode bdgstudi sertfikasi, utk mapel tertentu sdh linier (IPS,MTK,IPA), yg belum TIK,B.Inggris, klw bpk mapel apa..

      Hapus
    2. Tapi Kenapa Hasil sinkron terakhir (IPS, MTK, IPA) jadi gak linier,, yg linier cm Bhs. Inggris,, Cara Kerja Sistem Ko' Amburadul kayak begini..

      Hapus
  26. Yang mau menyampaikan keluh kesah seputar DAPODIK silahkan kunjungi link ini :http//116.66.201.161:81

    BalasHapus
  27. yang lebih mengecewakan adalah saya seorang guru kelas penuh, sudah mengirim data ke sistem berxx,e.... datanya 0 tidak sesuai padahal kode sertifikasi sudah menunjukkan (027)guru kelas/SD, ijasah juga sudah S1 PGSD kurang apa lagi coba?.gmn ya caranya supaya data saya tersebut segera valid smua? trimakasih atas tanggapannya

    BalasHapus
  28. yang lebih mengecewakan adalah saya seorang guru kelas penuh, sudah mengirim data ke sistem berxx,e.... JJM data saya 0 tidak sesuai padahal kode sertifikasi sudah menunjukkan (027)guru kelas/SD, ijasah juga sudah S1 PGSD, perminggunya kenyataannya sudah lebih dari 24 jam kurang apa lagi coba?.gmn ya caranya supaya data saya tersebut segera valid smua? trimakasih atas tanggapannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kecewa donk pak/bu..
      tunggu saja nanti jg valid sendiri..yg terpenting ttp bs mengajar..

      Hapus
  29. Dapodik bikin binggung operator nih,....
    katanya kalok ada masalah tentang dapodik suruh lapor KIRIM E-Mail di cekdataguru.dikdas@gmail.com nyampek sekarang saya belum dapet balasanNYA,....

    BalasHapus
    Balasan
    1. e-mail memang tdk dibalas seceptnya, krn banyaknya email yg masuk dan pertanyaan hampir semua sama,kt bs baca di FAQ (frequently ask question)

      Hapus
    2. saya pun begitu pak katanya kalok ada masalah tentang dapodik suruh lapor KIRIM E-Mail di cekdataguru.dikdas@gmail.com nyampek sekarang saya belum dapet balasanNYA,....

      Hapus
  30. saya juga bingung gara2 jam linier poin 20 jadi kosong,padahal kode serti sdh benar 157 (bahasa inggris)jjm bahasa inggris 24 jam per minggu rasanya tidak ada yang salah....smg sistem bisa mengatasinya segera...

    BalasHapus
  31. Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu Guru yang masih bermasalah harap bersabar dan kalau perlu tingkatkan kesabarannya insyaAllah Dia bersama orang-orang yang sabar. Saya juga punya masalah yaitu masa kerja saya dikasih 10 tahun padahal sudah 14 tahun. Tapi mudah-mudahan segera diperbaiki. Oke, selamat berjuang bapak/ibu guru sekalian

    BalasHapus
  32. Kurang sosialisasi ,,,,,jadi terkesan asal jadi

    BalasHapus
  33. Selamat pusing buat operator sekolah jadi paneumbleuhan guru-guru...dianggap gap bener ngentry data....

    BalasHapus
    Balasan
    1. that's right,mrka taunya tunjangan sertifikasinya cair,gx tau lok kita pusing datanya gx valid

      Hapus
  34. sangat membingungkan kirim data dengan online seperti ini,,apalagi di sekolah dasar yang tidak memiliki operator khusus,, saya sebagai guru jadi SERING meninggalkan anak didik...karna saya sebagai operatornya... dan sudah kirim daTA,,DAN SUDAH VALID..tapi JJM malah 0...sebenarnya apanya yang salah?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadikan ini sbg pembelajaran..kt hrs siap dg tuntutan jaman..seperti rodajaman belajar sepanjang zaman...

      Hapus
    2. setuju mas, sy juga operator yang punya permasalahan yg sama.jadikan dapodik ini sebagai pembelajaran bagi kita.asalkan kita mau belajar dan belajar.cari solusi tuk memecahkan masalah pasti ada jalan.

      Hapus
  35. sangat memusingkan sistem pendataan online seperti ini, data saya tadinya dapat dibuka tetapi sekarang malah sama sekali tidak dapat dibuka dan tertulis tanggal lahir salah, bagaimana saya tahu kalau hasil pemasukan data saya salah, dibuka saja tidak bisa... gimana solusinya gann/

    BalasHapus
  36. dskolh sy yg jjm liniernya msh 0,bidang studi bdl,bp,b.inggris,mulok,seni budaya,penjaskes,padhl tadinya datanya udah valid smw,gara2 ada jjm linier jd gx valid lagi,bgm dg skolh yg lain apakh sama masalhnya dg sekolh sy,trz gimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw yg sudah pernah valid,tunggu nanti akan valid sendiri

      Hapus
  37. Alhamdulillah, ternyata bukan hanya saya dan rekan-rekan saya se-Kec. Kampung Laut. Mg2 ada verivikasi data secara manual krn aplikasi baru pasti banyak maslah.

    BalasHapus
  38. bagaimana caranya supaya JJM KTSP bahasa inggris SMP tidak kosong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya : tanya kpd sesama guru bhs inggris SMP apkah mereka sudah valid? krn memang utk b.inggris tdk ada yg sdh valid..

      Hapus
    2. sekolah kue guru udah malas ngajar , capek ngajar sertifikasi nya ngak jelas, karena sistem ngak jelas, jadi kami pada mogok ngajar

      Hapus
    3. @mts Masya Allah..utk teman2 yg lain jgn dijadikan contoh..masa gara2 sertifikasi jd mogok..sabar dan ikhlas..

      Hapus
  39. Tunggu saja khabar dari pusat...seharusnya ada sosialisasi supaya tidak sial dan tidak simpang siur....sistem harus diperbaiki di pusat.....ikhlaskan lah guru2 yang mendapatkan tunjangan sertifikasi....

    BalasHapus
  40. Saya juga mempunyai masalah yang sama, hal ini terjadi pada guru agama kami, JJM nya ada, JJM KTSP ada eh di JJM Linier ga ada jadi pusing nih, kalau gini tugas guru bukan jadi mencerdaskan bangsa tapi ngutak ngatik dapodik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe......jangan2 jari2 tangan para guru jadi keriting ya pak kebanyakan tekan tombol keyboard hanya ingin melihat data dapodik nya valid

      Hapus
  41. mf pak, bagaimana dg guru pns yg belum sertifikasi,otomatis JJM Linier 0. Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. verifikasi data memang hny utk yg sdh sertifikasi,bg yg belum otomatis JJM = 0 krn point 17 tdk valid

      Hapus
  42. Salam....Saya La Baeda (SMPN 12 Kendari) maaf mau tanya lagi, ini masalah prngiriman ke server. Misalnya yang menginput data ada 2 komputer/laptop membagi tugas ada yang khusus sekolah, ada yang Siswa dan PTK. menggunakan aplikasi yang sama. Apakah bisa secara otomatis jadi satu di server?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh Pak La Baeda..salam jg dr Lampung,,
      Apa dg cara itu sdh prnah dilakukan,klw sdh bgmn..kyknya gak bs pak..soalnya yg terkirim itu 1 database yg berisi data lengkap : sekolah,PTK,siswa
      klw sprti itu caranya,saran sy utk data siswa dan PTK bs gunakan fasilitas export-import di excel

      Hapus
  43. ternyata permasalahan kita samaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa teman2, knapa belum dapat tunjangan sertifikasi sudah dipersulit, padahal sebelumnya sudah stres gara2 UKA, setelah UKA wajib PLPG, setelah PLPG dihadapkan pada DATA DAPODIK yang errroooorrrrrr......banyak yang iri guru2 dapat sertifikasi,,,,,,,,!!!!!!!!!!! huft.......Untuk jam mengajar sebenarnya saya tidak bermasalah, tapi teman2 saya satu unit kerja banyak yang bermasalah. Kasihan mereka, contoh : guru matematika di sekolah saya mengajar 5 jam per kelas, tapi hanya diakui 4 jam. Inilah gara2 KTSP yang kurang jelas dan tegas aturannya. Mohon para pejabat yang berwenang perhatikan kami yang sudah benar2 melaksanakan tugas dengan baik, tidak merekayasa tugas kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar,sama juga dengan apa yang terjadi pada saya. tugas dan kewajiban sudah dilaksanakan , tapi apa yang terjadi? ternyata jjm linier yang bermasalah contoh saya guru yang bersertifikat guru seni budaya,tetapi karna mapel seni budaya ada 2 pengajar jadi di bagi 2 mapel tersebut dan kurangnya saya mengajar keterampilan batik, mengapa dinyatakan tidak linier padalah keterampilan yang saya ampuh adalah cabang dari seni rupa yang juga termasuk di jalur seni budaya. bagaimana ini , ayo dong wahai pembuat kebijakan di baca dengan benar atau karna masih coba2 jadinya banyak yang eroooooooooor.trims

      Hapus
  44. Bagaimana pak jumlah jam KTSP untuk Rsbi sebelum keputusan MA RSBI menggunakan kurikulum kusus dimana TIK 4 jam/minggu, IPA 6 jam/minggu B.Inggris 6 jam /minggu sedangkan sekolah kami masih menggunakan acuan Kurikulum Plus / RSBI

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk rsbi kemungkinan nanti ada ketentuan tersendiri

      Hapus
  45. mf pak, kl data yg sy kirim selalu aja ada masalah, sy jd puuuuusing gara2 aplikasi ini,trs smpai kapan aplikasi ini bsa di katakan valid, padahal perasaan sy ngetiknya selalu benar. waduh ki gini caranya sy jd darah tinggi pak,,,,,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat masalhnya,teliti kesalahan,pelajari aplikasinya,tunggu prosesnya..scr umum lbh bnyk data yang sudah valid drpd yg belum

      Hapus
  46. bagaimana pak sistemnya yang goblok atau orangnya hampir permasalaannya sama mengenai jam mengajar, saya operator di sekolaan dan guru penjaskesrek di pont 20 juga belum valid, padahal ditiap kelas udh saya bagi 4 jam /4x6= 24,terus di dapodik KS saya update dapaodiknya bisa berubah di cek verikasi guru, tetapi punya saya kok belum berupbah padahal kode guru penjas 220 udah benar, ngisi didapodik udah benar solusinya bagaimana pak....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..sy tdk berani mengatakan sp yg ?? trgantung msalhnya,klw mslhnya guru penjaskes kyknya bukan bpk aja yg punya masalah..sebab kode sert penjas 220 br ada th 2009..klw yakin dapodik lengkap,tunggu sj sistem sedang bekerja

      Hapus
  47. saya jurusan pend.tek.bang mengjar IPA terpadu di dua sekolah masing-masing 12 jp. dan IPA di SMA 6 jp. bagaimana menghitung jjm linearnya. permasalahan yang saya dapat hasil validasinya hanya 4 jp di dapodik. dan apakah batas waktu validasi sudah tidak bisa perbaiki lagi? tolong yaaa Pak bagaimana solusinya !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ijasah tdk berpngaruh pd jjm linier,yg penting sertifikat pendidik, jk bpk sertifikatnya IPA trs mengajar IPA pasti linier..teliti kmbali pengisian rombel apa sdh benar?apa jam di 2 sekolah sdh terhitung/masuk di rincian jam?

      Hapus
  48. ass.mualaikum pak, mau tanya kemarin malam sy kirim lg aplikasi ini dan besoknya sy liat uda berhasil di proses, tp setelah sy liat lewat NUPTK kenapa jmlah jam Kepala sekolah msh salah, pdahal uda sy btulkan dan jumlah jam KS lbh dr 24 jam,knapa ya pak......? mohon pnjlasannya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkmslm.mungkin dapodik blm disinkron ke p2tk
      jam kepsek knp bs lebih,rincian jam bgmn?apa salah ngisi di rombelnya

      Hapus
    2. katanya untuk kepala sekolah jjm mengajar harus 24 jam jg, berarti kl lebih dr 24 jam berarti memenuhi syarat pak,,,,,?

      Hapus
  49. Ass.mualaikum , sebenarnya dalam kolom tgs mengajar utk kepala sekolah diisi brp jam,,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jam kepala sekolah cukup minimal 6 jam krn jabatan kepsek ekivalen dg 18 jam

      Hapus
  50. Di Sekolahan saya malah hebat lagi... semua guru JJM memenuhi dan anehnya semua guru JJM sama 50 Jampel apa gak hebat. Padahal Entry datanya sudah benar dan ber kali-kali saya Unggah.Jadi tentang Jam Mengajar Semua Guru di sedding merah dg ket Tidak Normal. Ah..yang penting guru-gurunya Normal.

    BalasHapus
  51. JON BAPILU SITIO20 Februari 2013 10.35

    saya operator di SMP, telah mengirimkan Dapodik ke server.. setelah saya cek di info pendataan ternyata data Jlh PTK 26 seharusnya 33. setelah saya cek di Manajemen pendataan jlh PTK yang terkirim 33 sesuai dengan yang sebenarnya, jadi kenapa bisa seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda gak masalah yg penting data yang benar dan digunakan adlh yg di Manajemen Pendataan

      Hapus
  52. JON BAPILU SITIO20 Februari 2013 10.37

    kapan bisa kita ketahui hasil data yang telah diperbaiki melalui Cek Data guru, tlng informasinya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu saja..proses sinkronisasi data baru selesai bagi data yg dikirim sebelum tgl 26-01-2013..utk data yg dikrim stslh tgl itu menunggu sinkron tahap 2 mungkin akhir bulan ini

      Hapus
  53. hadehh.. aku juga gitu sebagai operator dan wali kelas.. bingung banget data guru baru dan penjas gak valid... apanya yg kurang yaaaa... pusing aku.. buka dapodik.. coba mengisi ulang dr nol... utk PTKnya.. ttp aja hasilnya...

    tau dah.. mending mikirin anak didik aja deh drpd mikirin sistem yg buat pusing... sampe2 anak didik terlantar gara2 sistem2 seperti skr...

    BalasHapus
  54. sertifikasi membuat semua guru prustasi,sertifikasi membuat semua guru berhati dengki,sertifikasi semua guru banyak sensasi. akan lebih baik ne.............................si.

    BalasHapus
  55. mohon pencerahan Pak AGUS, saya mengajar muatan lokal PLH, ketika UKA mengerjakan soal ketrampilan, ketika LULUS PLPG sertifikat yang keluar ketrampilan, yang membingungkan sekarang jadi repot antara kode sertifikasi dengan kode mapel tidak linier, kode ketrampilan 227 sedangkan mapel yang keluar muatan lokal dengan kode 063, trus bagaimana ini...terus terang kami yang mengajar plh memang korban pemetaan, kami harus pindah mengajar mapel lain karena memang jam kami diambil oleh yang sertifikasi duluan, mohon nasib kami diperhatikan, janganlah kami terlalu dibuat repot...sudah tersingkir, sama-sama susah untuk lulus plpg, sekarang kami harus menerima kenyataan mapel kami tidak linier...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf..sy mengerti dg keadaan sdr..apakah tdk ada kebiajakn sekolah utk pembagian atau penambahan jam agar bs linier..tp sy tdk tahu apakh ada kemungkinan mulok bs linier dg keterampilan

      Hapus
    2. sama dong dengan saya gara2 ada guru yang lebih senior hingga harus ngalah dan mengajar mapel lainnya. tapi mapelnya tidak jauh berbeda dengan yang disertifikasi yaitu seni budaya, untuk kurangnya mengajar keterampilan,lalu krn demikian jadi tidak linier jjmnya.harusnya pembuat kebijakan mikir dong keterampilan apa yg linier dg seni budaya,krn cab seni rupa ada 14 cabang seni termasuk ketrampilan batik/kriya. makanya yg jelas dong klo membuat kebijakan ,biar para guru tidak sia2 ngajarnya trims

      Hapus
  56. sekolah tidak dapat berbuat apa- apa p.Agus, kemarin ketika di data plpg di A1 kok ya ada kode muatan lokal, dan ketika mengikuti proses plpg juga masih mapel plh, tapi waktu ujian kami mengerjakan soal biologi, dan sertifikatyang keluar ketrampilan...lucu sekali...mungkin memang kami harus menyesuaikan lagi mengajar ketrampilan sesuai dengan yang ada di sertifikat, untuk kurikulum 2013, ada mapel prakarya, apakah nanti kodenya sama dengan ketrampilan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sertifikasi mulok pd tahun2 kmrn krg teratur..mknya utk th 2013 ini sprtnya lbh selektif utk mulok..mdh2an jam mengjr bpk bs linier

      Hapus
  57. Kawan rame2 lepaskan tidak usah ngajar mapel sampingan yg tidak linier. Kita serahkan pada mentri/dinas!

    BalasHapus
  58. bagaimana cara memperbaiki rombel tidak normal.. tapi dalam keterangan PTK TERSEBUT MEMENUHI SYARAT .contoh
    Daftar Guru Mengajar Rombel
    Nama Rombel: 6
    Sekolah: SD NEGERI BABAKANJAWA III
    JJM Rombel: 51
    Rombel Normal: Tidak

    Mata Pelajaran Nama Guru JJM JJM KTSP
    027-Guru Kelas SD/MI Ahmad Faridhi 2 24
    027-Guru Kelas SD/MI Dedi Mulyadi 26 24
    069-lainnya Wiwin Trisnawati 2
    127-Pendidikan Agama Islam Wiwin Trisnawati 3 3
    Jumlah Jam Mengajar Rombel - 33 51

    * Rombel dinyatakan tidak normal jika jumlah total jam mengajar di rombel tersebut tidak wajar.
    * Ketidakwajaran jumlah dapat diakibatkan mata pelajaran yang sama diajarkan oleh lebih dari satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. dianggap tdk normal krn dlm 1 rombel trdapat 2 guru kelas..coba lihat lg struktur KTSP utk SD, trs isi sesuai KTS

      Hapus
    2. ini sama kejadiannya pada data saya rombel tidak normal, tapi rombel sudah saya perbaiki.kebetulan dulu dibuat tem teaching wkt semester satu, sekarang semester dua guru tsb sudah mutasi, sehingga saya sendiri yang mengajar dikelas untuk mapel ipa,tetapi rombel yang lama msh muncul wl sudah diperbaiki,tolong dijawab?please,..mikir ini trs kpn konsennya mengajar jd tdk semangat

      Hapus
  59. Pak update dapodik ini sampai tanggal berapa batas akhirnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai saat ini blm ada pemberitahuan kpn batas akhirnya..jd kirim aja terus

      Hapus
  60. kami juga bingung...yah maunya gimana?

    BalasHapus
  61. pak sy operator sd. saya bingung cara mengisi rombel utuk ptk mengajar..

    apakah dalam 1 rombel hanya ada guru kelas, guru agama dan guru penjaskes saja ((guru bidang study seluruhnya dibuat guru kelas sd/mi) kecuali guru penjaskes dan guru agama))?

    contoh :

    guru si A mengajar matematika 2 jam di kelas 5
    setelah itu guru si A mengajar lagi bahasa indonesia 2 jam di kelas yg sama

    bila di masukkan di rombel :

    apakah dibuat seperti ini :
    PTK mata pelajaran jam mengajar/minggu
    A matematika 2
    A bahasa indonesia 2

    apakah dibuat seperti ini :
    PTK mata pelajaran jam mengajar/minggu
    A Guru Kelas SD/MI 4


    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuaikan dg struktur KTSP dan pembagian tugas guru mengajar di sekolah..lihat lg struktur KTSP utk SD di Perbandingan Struktur Kurikulum 2013 dan KTSP di blog ini

      Hapus
  62. yang iyanya, kalo mau dapat duit.. ya bergulat dulu sama yang punya duit... banyak2x minum vitamin biar kuat sama aturan yang makin ketat.. selalu ada aja yang sirik......

    BalasHapus
  63. Enakan guru BK ya... JJM Linier diakui 6 jam. Padahal kita tahu kebiasaan guru dihampir semua sekolah : datang siang, ngobrol-ngobrol dengan tu/guru, pulang gasik (tapi tidak semua guru BK lho... ada guru BK yang bener sesuai tupoksinya). Saya dan temen-temen yang mengajar Matematika atau Bahasa Inggris bener-bener 6 jam hanya diakui 4 jam. Dapodik Dikdas memang "jadul", "payah". Harusnya Program untuk Nasional dibuat yang bener-bener "good" baru diluncurkan, jangan diperbaiki sambil jalan, nanti programnya jalan-jalan.

    BalasHapus
  64. bung, ptk mengajar ketika mau dipindah ke rombel, tdk bs masuk. muncul peringatan tdk memiliki record terdaftar. help me

    BalasHapus
  65. sampaikan pada lembaga P2TK yang terhormat agar memperbaiki aplikasi dapodiknya. Setiap sekolah memiliki struktur kurikulum dengan jam yang berbeda. Tolong baca kembali standar isi yang berlaku, bahwa sekolah diperbolehkan menambah 4 jam.

    BalasHapus
  66. Kacau balau semuanya, apes tunjangan gak cair gara-gara aturan baru... payah...

    BalasHapus
  67. Yang berwenang dan punya kebijakan tolong berikan solusinya...sy mengajar di sekolah induk hanya 20 jam.Untuk memenuhi 24 jam, maka saya mengajar di sebuah Mts swasta sebanyak 4 jam,tentunya dibawah naungan Depag.Tapi dalam Dapodik ternyata tambahan 4 jam tersebut tidak DIAKUI!!karena aplikasi data hanya diperuntukkan dari sekolah induk dan sekolah swasta yang dibawah wewenang Dikdas.Bagaimana caranya agar tambahan jam itu masuk ke server data???? Rasanya tidak adil....karena beban kerja saya sama dengan yang mengajar di satu tempat (sekolah induk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung belum terlambat saudara segera cari smp negeri/swasta yang masih ada sisa untuk mapel saudara atau saudara minta tambahan tugas misal kepala lab (merangkap guru = 12 jam), kepala perpustakaan merangkap guru = 12 jam).

      Hapus
    2. Wah! Kalau solusinya seperti itu tidak mudah karena di setiap sekolah pun banyak yang sudah kelebihan guru dan tugas tambahan sudah terisi semua.Saya sangat berharap JJM tambahan di MTs diakui dan mendapat perhatian untuk dicarikan solusinya oleh si PEMBUAT KEBIJAKAN (Kemendikdas),kalau perlu adanya kerja sama dengan DEPAG jangan sampai hanya gara-gara berbeda departemen bisa merugikan nasib guru seperti saya.Apalagi sampai tunjangannya dihentikan. Padahal beban kerja, sama dengan guru yang JJM nya terpenuhi di sekolah induk.

      Hapus
  68. pa tolong saya operator sekolah di SD dan berstatus GTT gara-gara jjm saya takut kena marah karena nasib guru2ada di saya kalau sertifikasinya ga keluar saya dipecat bagaimana tolong saya pa nasib-nasib jadi gtt.

    BalasHapus
  69. ya Allah kebijakan pemerintah ko ga menguntungkan gtt malah menyengsarakan adanya pendataan seperti ini bikin kami kena marah melulu diplototin mlulu padahal kami sudah bekerja mengetik data satu sekolahan tanpa dibayar eh gara-gara jjm pns takut sertifikasinya ga keluar kami yang jadi kambing hitam ya Allah berilah teguran untuk orang yang membuat kebijakan kaya gini buat para guru PNS sabar ya jangan ngomel mlulu yang banyak sodakoh biar sertifikasinya keluar dan untuk para gtt di brebes yang jadi operator yang sabar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting kt sdh bekerja dan berusaha..trs pelajari ttg dapodik..sedetil2nya..trs cari info dan sharing dg teman seprofesi

      Hapus
  70. cara memperbaiki biar jjm nya valid gimana pa di aplikasi sudah sesuai ko di info personal ptk tidak valid tolong pa gimana cara memperbaikinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaiki di aplikasi pendataanya, cek pengisian rombelnya sesuaikan dg struktur KTSP dan pembagian tugas guru di sekolah

      Hapus
  71. Beginilah nasib Oemar Bakrie.... Sedih deh...

    BalasHapus
  72. ra usah bingung, tujuan kita dihidupkan di dunia adalah beribadah kepada Allah SWT, jadi guru itu ibadah. Beribadahlah dengan ikhlas dan banyak bersyukur dengan apa yang sudah kita terima....jalani saja pekerjaan kita bikin anak kita cerdas dan taqwa. Bravo sobat guru ...berhentilah mengeluh karena keluh kesah itu tak ada gunannya. OK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beribadah...sih beribadah...
      kalau orang lain dapat duit kita ggaak yaaaaaaaaaaaaaaaaaaah

      Hapus
  73. peraturan tatap muka 24 jam itu yang di berlakukan, aturan ini merupakan mempersulit para guru untuk menerima tunjangan sertifikasi, wajar itu diberlakukan karena indonesia adalah jajahan belanda, jadi apapun untuk kemajuan bangsa ini , tetap ipersulit . misalnya mengirim barang hasil bumi. sangat sulit dipasarkan keluar negeri, pengurusan surat surat pun berbelit"..
    mencari pekerjaan jg sulit, mendirikan gereja jg sulit, apalagi menerima sertifikasi guru dengan 24 jam, jadi rekan guru yang kurang jamnya jangan kecewa karena uang, untuk memikirkan/mencari jam 24 hanya mempercepat proses kematian guru apalgi pada umur 50' thn ke atas.
    bagi guru yg berambisi mencari jam 24 liang kubur telah menunggu, untuk itu terima saja apa adanya lebih baik pasrah pada aturan, jangan sesali pembuat kebijakan untuk mendapatkan umur yg panjang.
    trimaksih kpd rekan guru....

    BalasHapus
  74. Assalamu'alaikum..Mau tanya apakah bisa dimasukkan bila saya mengajar di sekolah lain selain di sekolah induk yaitu saya mengajar IPA di SMP dan juga mengajar Fisika dan Kimia di SMA dan SMK...apakah bisa dimasukkan sehingga bisa terpenuhi 24 jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu guru IPA SMP?..bisa bu..tp di SMA/SMK data ibu harus dimasukkan di aplikasi PAS Dikmen, dan buat surt ket.mengajar

      Hapus
  75. apakah keterampilan linier dengan senibudaya, mohon pejelasnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak pasti, jangan dimasukkan dulu, cari yg sama pelajarannya saja

      Hapus
  76. Yang lebih kasihan lagi, guru TIK SD, karena ketidakpahaman guru tersebut mengenai sertifikasi, dia mengikuti PLPG kelompok Guru Kelas SD, lulus, dan sudah mengantongi sertifikat. Dengan adanya dapodik, dia terancam tidak mendapat uang TP karena dia bukan wali/guru kelas, namun guru bidang studi TIK dan nantinya di dapodik dia tidak akan linear karena tidak punya rombel. Selamanya dia tidak akan pernah mendapatkan uang TP kecuali dia menjadi wali/guru kelas. Betul?

    BalasHapus
  77. pada aplikasi dapodik online apakah bisa dalam satu rombel terdapat dua guru/PTK yang mengajar (seperti team teaching), contohnya kelas 8a pelajaran IPS 4 jam/minggu, di isi olg 2 guru masing-masing 2 jam pelajaran/minggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibuat satu satu saja kenapa..lebih aman, klw yg ngecek pengawas gak masalah..klw sistem tdk mengakui bgmn?

      Hapus
  78. kemendiknas dengan sistem yang sekarang belum siap menyediakan akses data yang sempurna, aplikasi yang tidak sempurna dan server yang susah untuk diakses ketika kita memerlukan adalah cermin kurangnya persiapan kemendiknas untuk menjalankan program ini dan semua sistem ini saling terhubung dan menciptakan letak ketidak pastian antara operator, aplikasi dan server,tapi bagi kami operator ini adalah tugas yang berat karena tidak didukung oleh sistem akses data yang menunjang.

    BalasHapus
  79. bingung jam nya belum wajar padahal dirombel sudah diperbaiki tidak ada lagi guru yang mutasi, dikirim ulang melalui data dapodik, eh pada rombel masih muncul,rombel yang lama sehiungga jam mengajar saya tidak normal,apa yang salah, tolong penjelasannya,?atau memang sistem nya tidak bisa membaca? panik data belum valid,jadi konsentrasi mengajar kurang mikir data dapodik melulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu di SD ya..coba sharing dg tetangga sekolah yang sudah valid,bandingkan datanya..jam yg normal yg sesuai dg kondisi rombel,sesuai KTSP, dan sesuai rasio PTK thd siswa

      Hapus
  80. selamat siang mas admin, saya mempunyai masalah pd jam kepala sekolah yg JJM linier (kosong) dan JJM selalu tdk sesuai (kurang dr 24), setelah sy lihat kode sertifikasinya adl IPS, sementara mapel yg diambil adl PKN. lalu sy rubah mapelnya sesuai dengan kode sertifikasinya (IPS). yang mau sy tanyakan, apakah nanti JJMnya akan berubah jd SESUAI dan liniernya terisi? saya khawatir dapodiknya sdh ditutup? tolong mas admin beri sy pencerahan secepatnya...
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw mau valid ya hrs diperbaiki terus, nanti ditengah jalan sk akan keluar

      Hapus
  81. Ass,.
    saya operator sekolah dasar.
    yang ingin saya tanyakan mengapa jam linier guru penjaskes selalu 0 jam di p2tk dikdas ? padahal di aplikasi pendataan dikdas di PTK sudah benar kode sertifikasi nya penjaskes, di rombongan belajar pun sudah di isi mengajar penjaskes. sudah saya upload berkali kali tapi tetap saja sama 0 jam linier.
    bila jam linier tersebut mengambil dari jam mengajar sertifikasinya, koq selalu 0 jam linier nya ?
    ini hanya untuk guru bersertifiksi penjaskes lho yg 0 jam linier nya, kalau guru kelas tidak ada masalah.

    mohon penjelasannya. terimakasih..

    BalasHapus
  82. aku juga ngalami hal sama. kok heran sekali yang ku masukakkan jam mgjar sdah sesuai namun jjm ttap aja kosong

    BalasHapus
  83. kapan batas terakhir perbaikan data dapodik

    BalasHapus
  84. tugas tambahan tata usaha terhitung berapa jam

    BalasHapus
  85. sakimun, Banjarnegara28 April 2013 21.42

    semua data di dapodik valid,dan sudah tertulis bahwa PTK memenuhi syarat menerima tunjangan profesi. tapi knp ketika di cek di P2TK Dikdas yg ada hanya data guru??dan SK belum terbit??

    BalasHapus
  86. Operator dianggap penyebab DATA Tidak VALID.....
    Saya sebagai Tenaga Honor Sekolah Dasar, Merangkap Sebagai Operator Pendataan Dikdas.
    ketika cek Validasi PTK , Masih ada 4 guru berikut KEPALA SEKOLAH yang udah sertifikasi yang dinyatakan datanya belum VALID, Dan akibatnya SKTP belum muncul..Saya cuma bisa diam ketika dicaci-maki sama mereka, Gara-gara guru honor, Guru yang lain JJM Nya keambil. Adilkah ini...? Kenapa ketika saya sodorkan FORMULIR pengisian individu Mereka bilang, Bosen ah..ngisi itu lagi itu lagi...Dua minggu baru saya terima itu Formulir. saya input apa adanya sesuai yg mereka isi. Hasil Akhir Mereka menyudutkan Operator...!!!

    SALAM DAPODIK

    BalasHapus
  87. Gara-gara SKTP Kepsek Ga Keluar....dan dinyatakan data Belum Valid.

    Pembayaran Gaji HONORER Dan OPERATOR ga jelas....


    SALAM DAPODIK

    BalasHapus
  88. masukan buat pemerintah...
    tolong lah...kalau membuat program harus benar-benar matang dan sempurna, jangan eperti DAPODIK ini!!!! program masih coba-coba tapi udah dijadikan standar penilaian untuk semua....secara nasional pula..

    BalasHapus
  89. titien supriyati8 Mei 2013 07.55

    saya guru sma dan sekarang mutasi ke smp karena di sma kekurangan jam, sertifikasi saya fisika ( 184)tahun 2010 dan sekarang di smp ngajar IPA, dalam dapodik JJM linier masih Nol karena kode maple IPA 097. adakah cara agar data dapodik saya b isa linier ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi operator dinas kab

      Hapus
    2. terimakasih balasannya
      Ada yang menyarankan untuk menghubungi UNNES untuk mengkonfersi dulu antara kode Fisika sma (184) dengan kode fisika SMP (097), apa betul bisa seperti itu? mohon penjelasannya

      Hapus
    3. Ibu..kalo masalahnya itu, maka sebaiknya mata pelajaran fisika (184) diganti saja dengan IPA (097), karena dapodik tidak membaca fisika SMP yang dibaca IPA SMP.

      Hapus
  90. saya mau tanya pak,
    1. apakah JJM linier ini hanya keluar 24 jam pada guru yang sudah sertifikasi?
    2. untuk GTT JJM Linier berarti akan tetap kosong karna belum sertifikasi, apa betul begitu pak?
    3. untuk Guru Agama, beliau sudah sertifikasi tetapi JJM Liniernya kok masing kosong ya, itu bagaimana?
    mohon pengertiannya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau jawab bu..
      1. iya betul
      2. betul..betul..betul
      3. karena guru agama nggak lewat dapodik tapi lewat Kemenag

      Hapus
  91. mas RJ...
    jjm ktsp mulok dan tik untuk smp ! masih 0
    apa yang harus saya lakukan ?
    menunggu berubah sendiri atau bagaimana, karena masalahnya 23 maret 2013 SK TF untuk non pns sudah terbit,dan ada 3 guru honorer kami yang belum dapat SK karena kendala JJM ktsp tersebut

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya memang seperti itu tik dan mulok jjm ktsp 0, tapi bagi guru yang sertifikasi jjm liniernya terisi..jadi bukan kendala..untuk SKTF tidak hanya berdasarkan dapodik tapi atas usulan dari dinas

      Hapus
  92. Semoga ada itikad baik server di P2TK ditingkatkan performa dan kinerjanya sehingga bisa diakses setiap waktu sehingga data seluruh guru dapat terupdate dan valid. Semoga pula seluruh operator sekolah diberikan kekuatan dan kesabaran dlm menjalankan tugasnya dengan penuh pengabdian.Amin

    BalasHapus
  93. Di kode sertifikasi saya 533 (teknik audio -video)
    dan mengajar keterampilan teknik elektronika audio - video 26 jam di SMP. tapi di ktsp tdk ada satuan pendidikan audio -video ,yang adanya keterampilan dengan kode 227.sehingga jjm ktsp dan linear data PTK saya kosong. bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..saya gak bisa jawab nih..sudah coba tanya ke dinas belum

      Hapus
  94. mas agus apa yang dimaksud dengan kode mata pelajaran dalam rombel

    BalasHapus
  95. sampai tulisan saya nongol di sini, masalah itu masih menghantui sekolah kami......

    emmmmm.....

    BalasHapus
  96. Saya jg mengalami masaalahseperti ibu bapak yang datanya tdk failit krn Nuptkx ganda makax sayaminta saran dan petunjuk ibu

    BalasHapus
  97. Kalau belum sertifikasi JJM Liniearnya terisi tidak ? disekolah kami pada pelajaran bahasa inggris JJM linearnya kosong, tapi JJM dan JJM KTSP terisi..bagaimana menurut Bapak?

    BalasHapus
  98. Mau Tanya pak..SK Penempatan Saya guru Penjaskes.Prodi Serti Saya ambil Guru Kelas,karna tenaga guru kurang di sekolah saya.selama ini saya sebagai guru kelas sampai sekarang.
    Apakah JJM saya tidak linear di Dapodik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dianggap linier jika mapel yang diajar sama dengan mapel di sertifikat pendidik

      Hapus
  99. pak admin saya Hafidz Al Atho ....gimana ini JJM dan JJM KTSP saya di linearnya jadi berbeda? mengapa saya guru kelas kok jam mengajarnya jadi 18 jam? hilang kemana yang 6 jam?? Teman saya Ismail itu belum sertifikasi...apa itu penyebabnya??mohon solusinya...

    Trims
    hafidzalatho@yahoo.co.id

    Field Data Status Keterangan
    0 - Nama Hafidz Al Atho Info
    1 - Nip - Info
    2 - Nama Kabupaten Kota Kota Metro Info
    3 - Nama Propinsi Lampung Info
    4 - Nama Sekolah Induk SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT Info
    5 - Ijazah Terakhir Id D4/S1 OK Data ijazah valid
    6 - Nuptk 3443750652200023 OK NUPTK dinilai valid
    7 - Tgl Lahir 11 November 1972 OK Tgl lahir dinilai valid
    8 - Nama Status Kepegawaian GTY/PTY OK Status kepegawaian dinilai valid
    9 - Nama Pangkat Golongan 3A - Penata Muda OK Pangkat/Golongan dinilai valid
    10 - Tmt Pangkat Gol 18 Agustus 2010 OK Tgl TMT Pangkat dinilai valid
    11 - Nama Tugas Tambahan Info Tugas tambahan kosong
    12 - Masa Kerja Tahun 6 OK Masa kerja ada
    13 - Sedang Kuliah Tidak sedang kuliah Warning Data sedang kuliah kosong
    14 - Bertugas Di Wilayah Khusus Tidak di wilayah khusus Warning Data bertugas di wilayah khusus kosong
    15 - Email hafidzalatho@yahoo.co.id OK Alamat email dinilai valid
    16 - Gaji Pokok Rp 2.254.600 Info Info
    17 - Status 1 OK Status ptk di sekolah tsb aktif.
    19 - Tahun Pensiun 2032 OK Tahun pensiun belum terlewati.
    20 - Status Kepegawaian Id GTY/PTY OK Status kepegawaian (GTY/PTY) memenuhi syarat
    21 - Total Jam Mengajar Sesuai 18 Blm Sesuai JJM Sesuai masih kurang dari 24 jam.
    Rincian Jam Mengajar
    Mata Pelajaran Tahun/Smt JJM JJM KTSP JJM Linier Sekolah Normal
    027-Guru Kelas SD/MI Smt 2 Thn 2012 (Rombel: IV. Musa) 6 24 6 SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT Ya
    027-Guru Kelas SD/MI Smt 2 Thn 2012 (Rombel: IV. Syuaib) 6 24 6 SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT Ya
    027-Guru Kelas SD/MI Smt 2 Thn 2012 (Rombel: IV. Ayub) 6 24 0 SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT Tidak
    027-Guru Kelas SD/MI Smt 2 Thn 2012 (Rombel: IV. Harun) 6 24 6 SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT Ya
    Jumlah - 24 96 18
    Status NUPTK
    NUPTK 3443750652200023 Valid
    Atas Nama HAFIDZ AL ATHO' Valid
    Tempat Tugas Terbit NUPTK SD MUHAMMADIYAH METRO Valid
    NUPTK Valid Valid Valid
    Status Kelulusan Sertifikasi
    Atas Nama HAFIDZ AL ATHO Valid
    Tahun Sertifikasi 2009 Valid
    Kode Sertifikasi 027 (SD/MI (Guru Kelas)) Valid
    No. Peserta 09126102710105 Valid
    NRG 091790427001 Valid
    Kab/Kota Kota Metro Valid

    BalasHapus