\ Baca Paparan Mendikbud RI dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2012

Baca Paparan Mendikbud RI dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2012

Share on :
Di penghujung tahun 2012 kemarin, Mendikbud, Mohammad Nuh mengadakan jumpa pers akhir tahun 2012 di Gedung A Kemendikbud, Jakarta. Ada beberapa hal yang dipaparkan terutama masalah capaian kinerja pendidikan selama tahun 2012 dan rencana kerja Kemendikbud pada tahun 2013.
 
Kaitannya dengan rencana kurikulum 2013, disebutkannya, selama uji publik berlangsung sejak 29 Nopember hingga 23 Desember 2012, publik menyambut baik rencana pemberlakuan kurikulum baru mulai tahun depan itu.

Kurikulum 2013 memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya, terutama kurikulum KBK (2004) dan kurikulum KTSP (2006). Hal paling menonjol dari Kurikulum 2013 adalah semangat untuk merespon kebutuhan masyarakat yang kemudian diwujudkan dalam standar kompetensi lulusan (SKL).

Pengambilalihan tugas satuan pendidikan terkait dengan penyusunan silabus, juga menjadi ciri lain Kurikulum 2013 yang diharapkan dapat mengurangi beban guru. Dalam hal ini, guru akan lebih difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran dan penilaian.

Masih banyak masalah lain yang disinggung dalam pemaparan Mendikbud yang bertajuk "Membeli Masa Depan dengan Harga Sekarang" ini. Antara lain masalah BOS, masalah beasiswa, peningkatan mutu guru,  penempatan guru di daerah terpencil, pendirian PTN baru, rehabilitasi sekolah rusak yang akan terus dilanjutkan, komitmen Kemendikbud dalam ikut mencegah dan memberantas korupsi, dan lain-lain.
Selengkapnya, silakan dapat dibaca atau diunduh pada lampiran di bawah ini. 

 

Semoga dapat bermanfaat. 
^dari bu srie.org


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Baca Paparan Mendikbud RI dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2012. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Baca Paparan Mendikbud RI dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2012 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Baca Paparan Mendikbud RI dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2012 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

0 komentar:

Posting Komentar