\ Akhirnya Data PTK Kami Semuanya Dinilai Valid

Jumat, 18 Januari 2013

Akhirnya Data PTK Kami Semuanya Dinilai Valid

Share on :
Sejak berlakunya pendataan sekolah untuk melengkapi Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta pemberlakuan dapodik sebagai basis data untuk pemberian segala bantuan dan tunjangan terutama tunjangan profesi, saya berusaha keras untuk memantau dan mencek terus menerus serta memperbaiki data yang bermasalah. Karena akibatnya bisa fatal jika data bermasalah.

Sengaja saya banyak men-share tentang dapodik ini, karena memang akhir-akhir ini banyak rekan guru yang kebingungan bahkan panik setelah mencoba mencek datanya yang belum valid. Sebenarnya jika kita cermati, teliti dan ikuti prosedur dengan benar, kita tidak perlu menyalahkan siapa-siapa, jangan menyalahkan aplikasi, jangan menyalahkan sistem atau servernya, atau bahkan menyalahkan pemerintah. Suksesnya pendataan sekolah online merupakan sukses kiat bersama.

Contohnya, ketika pertama kali saya cek data beberapa guru atau PTK di p2tkdikdas.kemdikbud.go.id, masih banyak data di sekolah kami yang dianggap belum valid, saya pun bertanya-tanya kenapa data ada yang kurang, padahal data sudah diisi dengan benar dan lengkap. Namun saya menyadari kesalahan berada pada operator sekolah, kadang-kadang operator menganggap data yang dikirim sudah lengkap tetapi ternyata masih ada yang kurang. Kunci sukses pendataan sekolah ini adalah para operator dapodik sekolah, karena yang berhubungan langsung dengan aplikasi pendataan sekolah. Operator sekolah memegang peranan penting dalam mengentri, mengolah, hingga memperbaiki data yang bermasalah.

Dengan mengikuti prosedur yang benar, dan mempelajari secara detail aplikasi pendataan sekolah versi desktop, mencoba memperbaiki data yang bermasalah, maka validitas data yang saya tunggu-tunggu akhirnya dapat terwujud.

Hari ini saya coba cek di http://116.66.201.163:8083/info.php# dengan memasukkan salah satu NUPTK guru yang bermasalah, guru tersebut adalah guru honor dan sudah inpassing dengan beban kerja 12 JJM tugas tambahan Kepala Laboratorium dan alhamdulillah semuanya sudah valid. Berikut ini info datanya …

dari gambar diatas terlihat keterangan statusnya sudah valid..
dan data selanjutnya  seperti ini..

lihat pada point 17 valid, dan point 20 (Jam mengajar 12 jam+12 jam Kepala Lab=24JJM) sudah valid..dengan rincian sebagai berikut..

Nah...dengan demikian PTK tersebut sudah memenuhi syarat untuk menerima SK Tunjangan Profesi sebagaimana keterangan dibawahnya..

jadi..sebenarnya kalau kita ikuti prosedur, pelajari cara aplikasi pendataan, kemudian perbaiki data dengan tepat..maka tidak ada masalah lagi..


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Akhirnya Data PTK Kami Semuanya Dinilai Valid. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Akhirnya Data PTK Kami Semuanya Dinilai Valid ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Akhirnya Data PTK Kami Semuanya Dinilai Valid sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

30 komentar:

  1. endang setiyaningsih21 Januari 2013 12.48

    Pak agus, kalau tugas tambahan sdh diisi, tetapi data verifikasi tugas tambahannya masih kosong gimana? letaak kesalahannya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada form PTK kolom riwayat terdaftar diisi 2 yaitu sbg guru dan sbg jabatan tugas tambahan lain baca Cara Perbaiki Data

      Hapus
    2. SMPN 2 LANGKE REMBONG23 Januari 2013 10.26

      pa bagaimana kalau data gurunya tdk bisa didrag pada hal data PTKnya sudah diisi dan diperbaiki berulang-ulang.dan bagaiman dgn guru BK cara pengisian jumlah jam mengajarnya.sekolah kami sudah mengirim 7 orang data guru yang bermasalah dlm bentuk manual,setelah dicek didapodik masih invalid jml jam mengajarnya.

      Hapus
    3. data ptk tdk bs didrag, coba isi ulang pd kolom riwayat terdaftar dan riwayat mengajar ptk yg bersangkutan

      Hapus
    4. pak, kemarin jam mengajar sudah valid 24 jam,kita sudah merasa aman, tapi sekarang ada format tambahan: jjm, jjm ktsp, jjm linier. terus data yang sudah 24 jjm berubah 0 lagi. terus apa yang dimaksud jjm ktsp dan jjm linier itu?

      Hapus
    5. jam ktsp adalah struktur kurikulum berdasarkan pp 22 th 2006, totalnya 32 jam .sedangkan jam linier kecocokan antara jam ktsp pp tersebut dan jam ktsp sekolah . contoh ktsp sekolah b.indonesia 6 jm/mg sedangkan ktsp baku (pp) 4 jam/mg .jadi 2 jm/mg tdk linier/tidak cocok .yg 4 jm/mg linier

      Hapus
  2. Maaf pa,kalau data jam mengajar yang diisi dalam dapodik apakah harus sesuai struktur kurikulum seperti IPA,Matematika, B.Inggris,B.Indonesia dan IPS masing-masing 4 jam atau boleh ditambah, sebab di sekolah kami untuk mapel IPA, Matematika, B.Indonesia dan B.Inggris masing-masing ditambah 1 jam menjadi 5 jam. Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuaikan kondisi sekolah masing2..struktur itu jam minimal..jd blh sekolah menmbh jam pljrn

      Hapus
    2. Hari ini saya buka ternyata data jam mengajar malah membingungkan pa, ada kolom JJM,JJM KTSP dan JJM Linier. Pada JJM KTSP jelas jumlah jam harus sesuai struktur kurikulum,tapi ap4a mak2sudnya JJM linier itu? Kemudian data lain yang lalu sdh benar malah berubah pa seperti masa kerja dan gaji pokok tidak sesuai dgn data yang kami upload. sangat membingungkan

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. selamat sore pak agus, saya ingin bertanya berapa lama waktu yang dibutuhkan setelah data kita berhasil di proses di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id kemudian selanjutnya kita cek di http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id/ptk/ ?

    BalasHapus
  5. gimana cara masukin data jjm bp/bk

    BalasHapus
  6. Yang diperbaiki untuk semester 1 atau 2 ya Pak Agus? soalnya di verifikasi munculnya semester 1.
    Padahal saya sudah kirim untuk semester 2, ditambah adanya JJM,JJM KTSP, dan JJM Linear guru Agama Islam jadi hanya 18 jam menurut KTSP.

    BalasHapus
  7. pak .bagaiman solusinya waktu sy krm dapodik untuk smster satu pada tahun ajarannya saya lupa tulis tahun ajaran 2012-2013 tapi yang tertera disana adalah tahun ajaran 2011-2012,pa data untuk smstr 1 itu sy kirim ulang?tapi saya menggunakan versi yng 13.01 untuk smtr 2 inidan saya tulis tahun ajaran 2012-2013 dan datanya sudah saya kirim,dan sudah diproses.tolong penjelasannya

    BalasHapus
  8. pak .bagaiman solusinya waktu sy krm dapodik untuk smster satu pada tahun ajarannya saya lupa tulis tahun ajaran 2012-2013 tapi yang tertera disana adalah tahun ajaran 2011-2012,pa data untuk smstr 1 itu sy kirim ulang?tapi saya menggunakan versi yng 13.01 untuk smtr 2 inidan saya tulis tahun ajaran 2012-2013 dan datanya sudah saya kirim,dan sudah diproses.tolong penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg sy jawab satu aja y bu..
      lebih afdolnya sih..perbaiki dan kirim utk data yg semester 1 lagi krn yg diterima hny data sem.1
      utk yg semstr 2 blm ada perintah utk kirim

      Hapus
  9. mas agus rodajaman yang baik. saya memiliki permasalahan. Ada guru penjaskes yang sudah sertifikasi, ybs mengajar di dua tempat. Di sekolah induk mengajar 18 jam, sedangkan di sekolah lain : 6 jam. Apa yang harus saya lakukan agar guru tsb memenuhi jam mengajar 24 jam?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh mas arif udh mampir..bgn mas,isi rombel di aplikasi masing-masing sekolah..isi 2 sekolah pd riwayat mengajr dan riwayat terdaftar 1 induk 1 bukan induk..

      Hapus
  10. Pak maaf bagaimana Perhitungan masa kerja bila tmt. di sekolah di induk dan luar induk itu di jumlahkan antara GTT dan GTY dan dihitung sampai kapan? dan apakah pendataan semester I masih bisa upload terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. masa kerja utk pns = tmt pengangkatan dan gaji berkala akhir pengaruh pd gol/pangkat dan gaji pokok.
      2. masa kerja non pns sdh Inpassing = tmt pengangkatan dan tmt inpassing berpengaruh pd pangkat/gol dan gaji pokok.
      3. masa kerja non pns blm inpassng = tmt pengangkatan, tdk pengaruh pd pangkat/gol dan gaji pokok.

      Hapus
  11. Pak tunjangan oktober s/d desember sudah cair tetapi data semester I di dapodik belum valid JJM nya apakah nanti ada pengaruhnya terhadap tunjangan berikutnya dan penutupan upload data kapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunjangan 2013 berdasarkan dapodik, sementara data diambil dr semester 1..p2tk tdk mentolerir segala keterlambatan data krn sdh ada pemberitahuan 1 tahun yg lalu melalui Dinas pend. setempat

      Hapus
  12. Pak Agus di sekolah bapak guru BK apa datanya sudah valid, termasuk jjmnya, karena skul kami kesulitan memasukkan jam BK berapa, soalnya BK kan dihitung berdasarkan jumlah siswa yang diampu? terima kasih penjelesannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kbtln di seklh sy blm ada guru sertfkasi BK..
      utk pengisian BK sesuaikan dg jumlah siswa, 150 siswa = 24 jam..tiap kelas dibagi saja/disesuikan

      Hapus
  13. kpn mulai upload untuk data smster 2? sya sdh mngirim data knp stelah dcek blm ada peruhan.brp lma wktu yg dbutuhkan untuk bsa mlht hasil data terbru yg sdh dkrim

    BalasHapus
  14. Ass,.. pak agus, mau tanya nihh,. Kalau kepala sekolah yg sertifikasinya penjas, dirombel apa,.. trus kalau jjm penjas bisa ga 30 jm ? soalnya ada 2 org yg sertifikasinya penjaskes,.. mohon bantuanya,.

    BalasHapus
  15. Pak kalo di skolah sy ada guru matematika mengajar 6 jam di 4 kelas cara mengisi jjm nya biar linier bagaimana yah? kan maksimal nya 4..

    BalasHapus