\

Rabu, 30 Mei 2012

Mencoba Merekap Lagi Peserta PLPG 2012 Rayon 9 UNJ dari Rayon 7 Unila

0 komentar
Penantian jadwal PLPG 2012 bagi guru mata pelajaran TIK, dan mata pelajaran lain yang tidak tersedia di rayon 7 Unila belum usai.. karena sampai Tahap 3, Rayon 9 UNJ belum juga mengumumkan daftar peserta PLPG untuk guru dari Lampung.
Namun sudah ada kejelasan mengenai LPTK penyelenggara PLPG bagi guru tersebut,  jika dicek di http://sergur.kemdiknas.go.id/index.php?pg=listviewmaka akan terlihat nama peserta berikut LPTK penyelenggara PLPG. Nah..saya mencoba menghitung dengan membaca rekap kuota peserta PLPG UNJ dari Rayon 7 Unila  dari dengan melihat kuota dari propinsi Lampung. Ternyata setidaknya ada 17 mata pelajaran dengan total 199 orang peserta yang akan di-PLPG-kan di UNJ dengan perincian yaitu sebagai berikut ;
  • Bahasa Arab 11,
  • Sosiologi 15,
  • TIK 64,
  • Keterampilan 9,
  • KKPI 24,
  • TPTL 1,
  • TDTL 1,
  • Teknik Pemesinan 4,
  • Teknik Gambar Mesin 2,
  • Tek. Pengolahan Hasil Pertanian 1,
  • TKJ 7,
  • Multimedia 1,
  • Administrasi Perkantoran 11,
  • Tek, Kendaraan Ringan 10,
  • Tek, Sepeda Motor 2,
  • TITL 2,
  • Guru Kelas kode 800 ; 34.
Dengan melihat data tersebut memang mata pelajaran tersebut, di Unila tidak ada program studinya. Tapi yang menjadi pertanyaan saya kenapa peraturan ini baru diberlakukan tahun ini, sehingga terjadi ketidaksamaan dengan peserta sertifikasi tahun sebelumnya, pada tahun sebelumnya Unila dapat bekerjasama dengan Perguruan Tinggi yang memiliki kaitan dengan mata pelajaran tersebut. Tapi yang namanya peraturan ya harus tetap ditaati. Tapi mudah-mudahan dengan adanya hal seperti ini akan membuat peserta PLPG lebih siap dan nantinya dapat mencetak guru yang lebih professional lagi sesuai dengan bidangnya, AMIN... Dan satu lagi saya bisa mencicipi kuliah di UNJ dan mengenal dosen-dosen UNJ. Salam kenal dari Lampung…
[selengkapnya..]

Selasa, 29 Mei 2012

Cara Mudah Mengisi dan Mencetak F-PD (Formulir Peserta Didik)

14 komentar

Ceritanya..ketika itu sekolah disuruh mengumpulkan data siswa untuk melengkapi persyaratan pengajuan BSM dan dana bantuan lain..formulir yang harus disetorkan yaitu F-PD atau Formulir Peserta Didik, mungkin data tersebut akan dimasukkan dalam database..jadi kami memperbanyak formulir itu dan kemudian diberikan kepada siswa agar diisi..setelah formulir diteliti, banyak tulisan siswa yang kurang rapih, maka formulir diketik ulang pada lembar excel yang telah ada..ada kesulitan karena terlalu rumit dan lama untuk mengetik satu persatu kolom pada kotak-kotak, seperti contoh gambar dibawah...

Nah..dengan maksud mempermudah dan mempersingkat pekerjaan, saya mencoba membuat formula sederhana..pertama kita harus membuat data siswa pada sheet terpisah, kita hanya tinggal mengisi dengan lengkap data siswa dan kemudian dapat ditampilkan pada formulir tersebut, tanpa mengisi satu persatu kotak-kotak kolom pada formulir..enak kan..dengan sekali klik..maka otomatis formulir akan terisi dan siap dicetak..
Selamat mencoba..semoga bermanfaat..COBA DISINI 
oh iya..formula ini mungkin bisa juga digunakan untuk formulir sekolah, PTK, dll..

JIKA BERMINAT MENGUNDUH FILE F-PD, F-PTK, DAN F-SEKOLAH dalam format XLS silakan klik DISINI
[selengkapnya..]

Senin, 28 Mei 2012

Mencetak SKHUN Sementara dari Database Excel

1 komentar
Pengumuman kelulusan hanya tinggal menunggu beberapa hari saja..namun kesibukan tertuju pada form daftar nilai yang akan dibuat dan dimasukkan ke dalam SKHU Sementara..Seperti pada tahun sebelumnya, Ijasah dan SKHUN asli belum bisa langsung diterima oleh siswa..sehingga sambil menunggu diterbitkannya Ijasah dan SKHUN asli, sekolah berhak mencetak SKHU sementara atau Surat Keterangan Lulus..yang gunanya untuk keperluan siswa untuk mendaftar ke jenjang lebih tinggi.
Nah belajar dari pengalaman, akhirnya saya mencoba membuat Form Cetak SKL/SKHU Sementara yang dibuat database sehingga kita hanya tinggal mengganti nomor urut siswa, data siswa dan nilai pada form dibuat formula tersendiri. Seperti contoh dibawah

 Untuk mencobanya bisa diunduh DISINI
[selengkapnya..]

Belajar Membuat Formulir PSB Menggunakan Macro Excel 2007

21 komentar
Bermula dari keponakan yang minta diajarin tentang macro excel karena mau ikut lomba LKS ITsoftware di Jakarta , akhirnya saya mencoba membuat formulir PSB atau Penerimaan Siswa Baru atau istilah kerennya PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) dengan macro excel sederhana. Dari pengalaman tahun sebelumnya, PSB sudah terencana dari kepanitiaan sampai dengan administrasi.  Biasanya pendataan pendaftar dicatat pada formulir kemudian disalin pada buku besar PSB, dan kemudian akhirnya dimasukkan ke dalam database calon siswa baru komputer.  Memasukkan data pada komputer biasanya menggunakan program Ms Excel secara manual dengan mengetik data satu persatu pada table yang telah dibuat.  Nah.. untuk memudahkan memasukkan data pada kolom excel dapat dibuat formulir seperti gambar dibawah



 
 
Jika sudah membuat form seperti ini kita tinggal mengisi datanya, kemudian data yang kita masukkan itu secara otomatis akan tersimpan dalam database pada sheet DaftarNilai dengan mengklik tombol OK atau CATAT.  File ini disimpan dalam format macro-enable worksheet. Jadi kalau ingin mengaktifkan, excel agar disetting dalam keadaan enable all macros.
Jika ingin belajar atau ingin mencobanya dapat diunduh D I S I N I
semoga bermanfaat..

Untuk belajar lebih lanjut baca postingan saya tentang macro disini..

Membuat Surat Undangan Wali dengan Macro pada Excel 2007

Contoh Macro yang Dapat Dijalankan pada Excel

Cara Mengaktifkan Macro pada Ms Office

terma kasih.

 

 

[selengkapnya..]

Minggu, 20 Mei 2012

Mencetak SKHUN Sementara dari Database Excel

2 komentar

Pengumuman kelulusan hanya tinggal menunggu beberapa hari saja..namun kesibukan tertuju pada form daftar nilai yang akan dibuat dan dimasukkan ke dalam SKHU Sementara..untuk lebih jelasnya..silakang kunjungi http://rodapendidik.blogspot.com/2012/05/mencetak-skhun-sementara-dari-database.html
[selengkapnya..]

Kamis, 10 Mei 2012

Kumpulan Instrumen Pendidikan

0 komentar
[selengkapnya..]

Link Rekan

48 komentar
Assalamu'alaikum..
SalamPersahabatan..
Salam RodaJaman..

Mari saling belajar dan berbagi dengan cara tukar link, saya akan dengan senang hati menambahkan link rekan di Blog RodaJaman http://rodajaman.blogspot.com.

Berikan komentar anda dibawah ini dengan melampirkan alamat blog anda dan tak lupa menempelkan link RodaJaman di blog anda.  Saya akan segera tambahkan link rekan pada daftar.

Terimakasih..

Wassalamu'alaikum..


Blog Rekan RodaJaman :

[selengkapnya..]

Hubungi Saya

13 komentar
[selengkapnya..]

Kuota Peserta PLPG UNJ dari Rayon 7 Unila

0 komentar
Pada posting sebelumnya, saya berbagi dan bermaksud membantu bagi guru2 yang belum terpanggil PLPG di rayon setempat khususnya Rayon 7 Unila. Berikut setelah saya menelusuri web PSG semua rayon ternyata, untuk mata pelajaran tertentu yang tidak tersedia di rayon Unila akan ditempatkan di Rayon 9 UNJ karena yang terdekat.

Untuk itu saya coba lampirkan daftar kuota peserta PLPG Rayon UNJ dari semua propinsi termasuk Lampung. berikut tautan yang dapat dilihat disini
[selengkapnya..]

Contoh RPP BK Bimbingan dan Konseling

0 komentar
Untuk guru Bimbingan dan Konseling (BK) yang membutuhkan RPP BK, saya coba bantu untuk memberikan contoh RPP yang dapat anda terapkan di sekolah, RPP ini penting terutama bagi guru yang akan melaksanakan sertifikasi bagi guru BK.
berikut link yang dapat dilihat dan diunduh
[selengkapnya..]

Nasib Peserta PLPG 2012 yang Tidak Terdaftar di Rayon 7 Unila

0 komentar

Sesuai yang telah diumumkan di website KSG, pada setiap LPTK penyelenggaran sertifikasi guru telah ditetapkan kuota peserta sertifikasi guru pola PLPG (lihat di:http://ksg.dikti.go.id/ksg_v4/index.php/download/file/9078.aspx). 
Jadwal PLPG untuk rayon 7 Unila sudah diumumkan di website fkip.unila.ac.id, namun ada beberapa bidang studi yang tidak tercantum dalam jadwal tersebut. 
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini LPTK melakukan PLPG sesuai dengan program studi (prodi) yang dimilikinya dan ketersediaan asesor/instrukturnya. Hal ini berakibat guru peserta di suatu rayon LPTK penyelenggara sertifikasi guru mungkin akan ditempatkan di LPTK di rayon lain bila ternyata mapel/bidang studi guru tidak sesuai dengan prodi LPTK di rayon asalnya. Lokasi PLPG ditentukan oleh KSG, bukan oleh LPTK.
Hal yang sama terjadi dengan peserta dari wilayah PSG Rayon 107 Unila. Ada peserta yang ditempatkan di LPTK lain, Peserta PLPG di Unila bisa dilihat di Jadwal Peserta PLPG di Rayon 107 Unila atau disini atau. Bila bidang studi/mapel bapak/ibu guru (dari kota-kota di wilayah kerja PSG Rayon 107 Unila dan kota lainnya yang tercantum di dalamnya) ada di daftar itu, berarti akan di-PLPG-kan di Unila.
Untuk sementara ini, informasi itu dulu yang bisa kami berikan.  Tentang kapan dan bagaimana pelaksanaan PLPG, mohon menunggu informasi selanjutnya.
Jika ingin kejelasan bisa membaca buku4 rambu-rambu pelaksanaan PLPG

[selengkapnya..]

Selasa, 08 Mei 2012

JADWAL PLPG 2012 RAYON 7 UNILA

0 komentar

SERTIFIKASI GURU RAYON 107 UNIVERSITAS LAMPUNG
JADWAL PLPG PER TAHAP TAHUN 2012
TAHAP
TANGGAL
1
11 MEI -20 MEI 2012
2
23 MEI-1 JUNI 2012
3
4 JUNI -13 JUNI 2012
4
15 JUNI -24 JUNI 2012
5
27 JUNI – 6 JULI 2012
6
9 JULI -18 JULI 2012
7
23 JULI-1 AGUSTUS 2012
8
3 AGUSTUS -12 AGUSTUS 2012

Kelas sudah dibagi berdasarkan skor Ujian Kompetensi Awal (UKA), tidak ada mutasi kelas.

INFO :  Website      :http://fkip.unila.ac.id
E-mail                       : fkip@unila.ac.id
Telp                           : 0721 – 704624  Fax: 0721- 704624
[selengkapnya..]

Sabtu, 05 Mei 2012

Daftar Isi

1 komentar
[selengkapnya..]