\ Cara Mengaktifkan Macro pada Ms Office

Cara Mengaktifkan Macro pada Ms Office

Share on :
Jika kita membuat file yang berisi macro maka file disimpan dalam format macro-enabled (Word 2007 Macro-Enabled Document atau Excel 2007 Macro-Enabled Workbook) berekstensi docm atau xlsm. Jika kita akan membuka file jenis ini, maka security pada Microsoft Office harus disetting pada keadaan low/enable, agar dapat menjalankan macro.

Bagi yang masih memakai Office 2003, untuk mengaktifkan macro caranya mudah yaitu pada menu Tools pilih Options, pilih tab Security, pada bagian bawah Macro Security, klik Macro Security dan pilih yang Low. Kemudian tutup / close dan buka kembali file macronya dan macro siap dijalankan.

Sedangkan untuk menampilkan toolbar visual basic editor dan control toolbox, klik menu View, pilih Toolbars pilih Visual Basic dan Control Toolbox.

Pada Excel 2007, untuk mengaktifkan macro, caranya klik Office Button, lalu pilih Word/Excel Options



klik Trust Center, klik Trust Center Settings,


pilih macro settings, dan klik enable all macros (pilihan no.4) lalu klik OK.



Untuk menampilkan Control Toolbox dan Visual Basic, caranya klik Office Button (pojok kiri atas) pilih  dan klik tab Popular dan pilih  Show Developer tab in the Ribbon lalu klik OK, setelah itu akan tampil tab Developer.


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Cara Mengaktifkan Macro pada Ms Office. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Cara Mengaktifkan Macro pada Ms Office ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Mengaktifkan Macro pada Ms Office sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

6 komentar:

  1. makasih gan ini sangat membantu...
    maaf ya saya agak temi jadi belon bisa menggunakannya haha...

    BalasHapus
  2. mksh bos...
    aku boleh make nga nie..???
    klw mau ubah nama mas ke nama saya bisa nga mas..????

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh saja bos..asal jgn lupain rodajaman..he..

      Hapus
  3. dulu jamannya Lotus saya suka dengan Macronya, kini sudah full Microsoft Office jadi pingin belajar juga. do'a kan semoga saya bisa. he...he..., good contents

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaman trs berputar..dl Lotus skrg Excel besok gak tau..kt sm2 berdoa .mksh..

      Hapus