\ Menampilkan Video Flash dengan Berbagai Cara pada Presentasi PowerPoint

Menampilkan Video Flash dengan Berbagai Cara pada Presentasi PowerPoint

Share on :

PowerPoint merupakan media yang cukup efektif untuk pembelajaran di kelas. Dengan pemilihan bahan ajar dalam bentuk presentasi PowerPoint dapat lebih menciptakan suasana lebih aktif dan interaktif, karena akan menarik minat siswa dalam memperhatikan pelajaran sehingga mudah dimengerti.

Dalam hal pembuatan presentasi PowerPoint pasti rekan guru sudah pada paham. Presentasi dibuat beraneka kreasi sehingga tayangan slide terlihat menyenangkan, dengan disisipkan gambar dan animasi. Apalagi jika ditambah dengan menyisipkan file video ke dalam presentasi, mungkin rekan guru dapat mencari file dalam format swf yang dapat diunduh dari internet atau Membuat Sendiri Video Flash SWF dengan Bantuan Software.

Nah..bagaimana untuk menyisipkan video dalam bentuk flash atau swf ke dalam PowerPoint? Mungkin rekan guru ada yang sudah bisa melakukannya, namun tidak ada salahnya kalau saya coba ulas disini, itung-itung untuk tutorial saya dan sebagai pengingat saya.

Ada beberapa cara untuk menampilkan video flash pada PowerPoint, ada yang manual ada juga dengan bantuan software, cara-caranya:

1.      Cara manual yaitu dengan menginsert objek flash dan mensetting control properties
Langkah-langkahnya :
-         Pertama tampilkan ikon more control untuk perintah insert object dan ikon Control Properties, untuk memanggil ikon tersebut klik customize quick access toolbar pada pojok kiri atas sepeti gambar dibawah ini
 
 Lalu klik More Commands… kemudian akan tampil seperti ini



 Lalu pada kotak pilihan commands cari ikon More Control 


 dan Control Properties 


-        Jika sudah muncul, klik ikon more control, kemudian akan keluar beberapa objek yang dapat diinsert, cari dan pilihlah Shockwave Flash Object.

-     Jika sudah dipilih, maka pointer pada slide akan berubah menjadi tanda plus ( + ), kemudian pada slide buat box atau kotak seperti membuat text box (autoshape) dengan mendrag pointer membentuk kotak dengan ukuran disesuaikan (kotak ini nantinya untuk menginsert video flash) dan jika berhasil maka akan tampil kotak dengan tanda silang diagonal.
-        Setelah kotak terbuat, aktifkan kotak tersebut, lalu langkah selanjutnya menyetting propertisnya, yaitu dengan mengklik ikon control properties, akan muncul table properties seperti ini

-        Pada menu movie ketikkan URL (alamat/address file flash yang ada pada computer) cara mengetahui URL file flash melalui windows explorer dan cari file flash yang akan kita insert, lalu copy alamat file pada kotak address dengan menambahkan nama file lengkap dengan ekstensinya. seperti gambar di bawah ini

-  Misal pada gambar contoh diatas, pada control properties pada menu movie tulis D:\\My Music\lumut.swf, lalu enter
-      Lalu simpan presentasi, untuk mencobanya klik slide show atau F5, maka video flash sudah dapat dilihat.

2.      Cara kedua yaitu menggunakan software plugin PowerPoint
Cara ini diyakini lebih simpel, namun kita harus menginstall software plugin untuk PowerPoint yang menyediakan fasilitas insert flash.  Ada beberapa software diantaranya FlashSprings, SnagIt, Adobe Presenter. Cari saja di internet software tersebut. Tapi yang saya gunakan disini yaitu FlashSprings Pro, plugin ini sudah cukup lengkap serta mudah dalam penginstalan dan penggunaannya.
-         Install FlashSprings
-         Jika sudah terinstall maka otomatis FlashSprings akan berada pada tab Add-Ins.
-         selanjutnya kita hanya tinggal membuka tab Add-Ins pada PowerPoint


-         lalu klik insert flash, cari file flash yang akan kita masukkan.
-         Dan jadi deh..video flash pada PowerPoint siap untuk ditampilkan..
-         Jangan lupa cara menampilkannya tekan tombol slideshow atau F5 ya..

Mudah kan..silakan pake cara yang mana, jika rekan guru memiliki software akan lebih simpel dan cepat, dan di lain kesempatan kita akan ulas cara menampilkan video dalam format lain seperti AVI.


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Menampilkan Video Flash dengan Berbagai Cara pada Presentasi PowerPoint. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Menampilkan Video Flash dengan Berbagai Cara pada Presentasi PowerPoint ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Menampilkan Video Flash dengan Berbagai Cara pada Presentasi PowerPoint sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

0 komentar:

Posting Komentar