\ Program Kerja Kesiswaan

Senin, 11 Juni 2012

Program Kerja Kesiswaan

Share on :

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kaini paniatkan ke-Hadirot Allah SWT yang telah rnemberikan Rahmat dan Hidayah-Nva,sehingga kaini dapat meyelesaikan penulisan dan penyusunan program kerja wakil kepala sekolah urusan kesiswaan tahun pelajaran 2011/2012.
Program kerja ini disusun berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran pendapat dan masukan dan berbagai elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan Seperti:
  1. Instruksi tertulis / Edaran kepala sekolah tentang tugas pokok wakil kepala sekolah urusan kesiswaan
  2. Visi Misi dan strategi yang hendak dicapai.  sekolah
  3. Suara rekan Pembina OSIS dan rekan pengajar dan karyawan
  4. Pengurus OSIS dan Siswa/i
  5. Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juklak dan juknis buku Pedoman pembinaan kesiswaan
  6. Pengurus Komite Sekolah
Di dasari keberadaan siswa di sekolah sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan kegiatan bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan dengan anggaran, situasi dan kondisi serta waktu akademik yang tersedia.
Partisipasi aktif siswa lebih diarahkan pada keseimbangan kemampuan nilai akademik dan non akademik sesuai minat dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda
Dengan demikian diharapkan siswa yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang ekstrim pelanggar tatatertib siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui pembinaan dan para Pembina OSIS dan pendidik diharapkan keberadaan sekolah semakin maju dan sekolah sebagai tempat pusat belajar semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat memberi nilai yang makin meningkat serta terbentuk kepercayaan publik ke sekolah yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga atau keluarga besar SMP PGRI I BATANGHARI.
Menyadari kekurangan – kekurangan penyusun dalam pembuatan program ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan saran dan kritikan berbagai pihak demi penyempurnaan penyusunan program-program serupa khususnya program kerja wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dimasa yang akan datang merupakan referensi yang amat berharga serta merupakan suatu kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.
Mudah – mudahan program kerja ini dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada Negara dan Bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional khususnva SMP PGRI I BATANGHARI. dengan terwujudnya Visi dan Misi sekolah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja sekolah, Amiin …
Batanghari, Juli 2011





PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani kepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah jalur pendidikan sekolah merupakan pendidikan yang diselenggarakan sekolah melalui kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan.
SMP PGRI I BATANGHARI merupakan lembaga pendidikan  formal di bawah naungan YPLP PGRI. Fungsi kepala sekolah diantaranya sebagai pimpinan administratif dan supervisor memiliki banyak tugas yang tidak mungkin seluruhnya dapat ditangani sendiri maka dalam melaksanakan tugasnya didelegasikan kepada guru yang ditugasi sebagai wakil kepala sekolah. Di SMP PGRI I BATANGHARI. Pelaksanaan Pembinaan Kesiswaan ditangani staf khusus kesiswaan yang memiliki tugas dan peran sebagai perpanjangan tangan kepala sekolah.
Tugas Staff urusan kesiswaan adalah :
  1. Menyusun program pembinaan kesiswaan /OSIS
  2. Melaksanakan bimbingan pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan /OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah.
  3. Membina dan melaksanakan koordinasi keamanan kebersihan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan (7K)
  4. Memberikan pengarahan dan penilaian pengurus OSIS
  5. Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam beroganisasi
  6. Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
  7. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerina beasiswa
  8. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam berbagai kegiatan diluar sekolah
  9. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
2. MAKSUD DAN TUJUAN
2.1. MAKSUD
Penyusunan program dimaksudkan untuk membantu mewujudkan visi dan misi SMP PGRI I BATANGHARI. yang tertuang dalam program strategi sekolah program kerja kepala sekolah serta mewadahi suara siswa , aktivitas dan kreativitas siswa melalui suatu wadah organisasi kesiswaan (OSIS) dengan sejumlah kegiatannya.
2.2. TUJUAN
Berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikdasmen No.226/C/Kep/O/1993 disebutkan bahwa satu-satunya organisasi yang diakui keberadaannya adalah OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah ) yang mempunyai pengertian:
  1. Organisasi : Kelompok kerja sama antara pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama
  2. Siswa : Peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah
  1. Intra : Terletak di dalam atau diantara
  1. Sekolah : Satuan pendidikan tempat penyelengaraan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan
Ini berarti OSIS adalah:
Siswa-siswa yang memiliki tujuan yang sama berada pada suatu sekolah, pendiriannya rnelalui mekanisme aturan yang berlaku, memiliki anggaran dasar (AD), memiliki anggaran rumah tangga (ART), memiliki program yang jelas yang dapat dipertanggung jawabkan dan berkesinambungan.
Menyadari arti keberadaan OSIS, khususnya di SMP PGRI I BATANGHARI. Perencanaan program bertujuan:
a.Menghimpun dan mewadahi berbagai aspirasi baik lisan maupun tulisan berbagai tingkat siswa di SMP PGRI I BATANGHARI dalam suatu organisasi kesiswaan dengan membentuk OSIS
  1. Membantu dan mewadahi ide pemikiran, bakat dan minat serta kreativitas melalui berbagai kegiatan yang dikomandoi oleh ketua OSIS dibawah bimbingan para Pembina OSIS
  2. Mendorong sifat jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan kekeluargaan dan persahabatan antara siswa di SMP PGRI I BATANGHARI dan dengan siswa atau individu lain diluar sekolah tanpa melihat agama yang dianut, suku bahasa dan budaya guna kehidupan yang damai, gemah ripah lohjinawi
  3. Menumbuhkembangkan rasa kebanggaan siswa terhadap sekolah guna mendukung pelayanan sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mergajar berjenjang dan berkelanjutan
  4. Terbinanya rasa hormat menghormati, bekerja sama demokratis dan transparan dan berdisiplin serta siswa bermoral dan berahlak yang baik dan berkompetensi diri yang handal
  5. Melalui pelaksanan manajemen berbasis sekolah (MBS)dan pembinaan kecakapan hidup (life skill) siswa diarahkan dan disiapkan dibekali berbagai kemampuan keterampilan untuk dapat hidup di masyarakat kelak yang dapat dihormati dibanggakan warga dilingkungannya.
3. PRINSIP DAN ASAS PELAKSANAAN
3.1 PRINSIP PELAKSANAAN
Ing ngarso sungtulodo
Mengandung arti bahwa seorang pemimpin harus mampu lewat sikap dan perbuatannya menjadikan dirinya sebagai pola anutan dan ikutan orang-orang yang dipimpinnya .
Ing madyo mangunkarso
Mengandung arti bahwa seorang pemimpin harus mampu membangkitkan semangat bersuakarsa dan berkreasi pada oranmg yang dipimpinnya.
Tutwuri Handayani
Mengandung arti seorang pemimpin harus mampu mendorong orang-orang yang diasuhnya agar berani berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab.

3.2. ASAS-ASAS PELAKSANAAN
  1. Kekeluargaan dan kegotong royongan
  2. Persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan
  3. Kebersamaan
  4. Selaras serasi dan seimbang
4. SASARAN
4.1. Turut serta mewujudkan wawasan wiyata mandala serta visi dan misi sekolah
4.2. Membina dan meningkatkan serta lebih memantapkan kepeinimpinan pengurus dan anggota OSIS, sehingga melahirkan kepemimpinan OSIS yang berwibawa melalui jalur:
  1. Organisasi kesiswaan
  2. Latihan kepemimpinan
  3. Kegiatan ekstrakurikuler
  4. Kegiatan wawasan wiyata mandala
4.3. Terciptanya dinamika OSIS sebagai satu-satunya organisasi siswa intra sekolah dalam usaha mewadahi aspirasi seluruh siswa membina, melatih dan mengembangkan bakat dan minat siswa baik di dalam maupun di luar sekolah yang berimplikasi memberi dorongan serta motivasi pada proses belajar mengaiar siswa di sekolah.
4.4. Terciptanya segala keberhasilan diberbagai even perlombaan siswa di sekolah, di luar sekolah baik di tingkat Kabupaten Lampung Timur, Propinsi maupun Nasional.

5. DASAR HUKUM
Dasar Hukum Penyelenggaraan Pembinaan kesiswaan
TAP MPR Nomor IV/MPR/1978
TAP MPR Nomor II/MPR/1983
TAP MPR Nomor II/MPP/1988
TAP MPR Nomor II/MPR/1993
Undang-undang No. 2 tahun 1989
Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990
Kepres No. 23 tahun 1979
Peraturan Pemerintah No.28 tahun 1990
Keputusan Mendikbud No.0323/U/1978
Keputusan Mendikbud No.0461/U/1984
Keputusan DirjenDikdasmen No.226/Kep/0/1992
SK Kepala SMP PGRI I BATANGHARI.
Sistematika Penulisan
BAB I : Pendahuluan
Mengungkapkan latar belakang maksud dan tujuan serta dasar hukum pelaksanaan
BAB II : Perencanaan Kegiatan
Mengungkapkan garis-garis besar program kegiatan kesiswaan dan distribusi rincian jadwal kegiatan yang direncanakan
BAB III : Perencanaan Anggaran Kegiatan
Mengemukakan kemungkinan anggaran yang diperlukan guna dapat melaksanakan program kegiatan.
BAB IV : Kesimpulan
Mengemukakan pentingnya koordinasi dan team work yang solid dan semua pihak terkait
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Terdiri dari 9 lampiran mulai dari anggaran Dasar OSIS (AD) sampai dengan struktur organisasi PMR di sekolah.
BAB II

PERENCANAAN KEGIATAN
1. Garis-garis Besar Program Kegiatan
1.1. Kegiatan utama
  1. Menyusun program pembinaan kesiswaan /OSIS Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan Pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam rangka menegakan disiplin dan tatatertib sekolah
  2. Membinma dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan ketertiban, keindahan kerindangan dan kekeluargaan (7K)
  3. Memberikan pengarahan dan pemilihan pengurus OSIS melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
  4. Menyusun program dan jadual pembinaan siswa secara berkala dan insidentil
  5. Melaksanakan pernilihan calon siswa teladan dan calon penerima beasiswa
  6. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
  7. Menyusun laporan pelaksanan kegiatan kesiswaan secara berkala
  8. Mengadakan rapat koordinasi dengan Perwakilan Kelas dan pengurus OSIS
  9. Menghadiri rapat pertanggungjawaban pengurus OSIS lama
  10. Membuat SK pembubaran anggota MPK lama dan pengangkatan anggota MPK baru dengan SK Kepsek
  11. Melaksanakan pemilihan pengurus OSIS
1.2. Kegiatan lainnya
  1. Menentukan bidang kegiatan
  2. Mengajukan usulan Pembina OSIS dan Pembina ekstrakurikuler
  3. Memberikan SK Kepsek untuk Pembina OSIS, Pembina ekskul, koordinator dan para pelatih
  4. Menghadiri rapat-rapat pengurus OSIS memberikan SK Kepsek dalam pembentukan dan pembubaran kepanitian Kegiatan
  5. Membimbing siswa diberbagai event perlombaan baik latihan maupun kejuaraan
  6. Penataan lingkungan melalui 7 K
  7. Evaluasi seluruh kegiatan
2. Pendistribusian Rincian kegiatan
2.1 Kegiatan awal tahun
  1. Menyusun program kerja , OSIS, Wakil Kesiswaan dan para Pembina OSIS
  2. Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan.
  3. Menyusun jadual petugas upacara pengibaran bendera dan penurunan bendera serta Pembina upacara.
  4. Mendata jadual petugas piket OSIS.
  5. Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Siswa) sesuai juklak dan juknis.
  6. Pengenalan dan pembinaan wawasan wiyata mandala, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan /OSIS dalam rangka penegakan disiplin melalui penerapan tata tertib siswa
  7. Membina dan melaksanakan koordinasi 7 K yakni Keamanan, kebersiihan, ketertiban ,kerindangan dan kekeluargaan.
  8. Mengarahkan siswa untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti sesuai minat dan bakat
  9. Mempublikasikan para Pembina, pelatih dan koordinator kesiswaan.
  10. Registrasi dan pencatatan anggota masing-masing ekskul
  11. Melaksanakan uji kelayakan pengurus OSIS dan MPK
  12. Mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus OSIS
  13. Mempublikasian SK pengurus OSIS dan MPK
  14. Pempublikasian jadual kegiatan mencakup: sarat calon penerima beasiswa dan jenis beasiswa, calon siswa teladan serta karyawisata dan yang lainnya,
  15. Pendataan biodata siswa diklasifikasikan sesuai minatnya dalam kegiatan ekskul


PROGRAM KEGIATAN OSIS

A. Kegiatan harian
  1. Membina siswa untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan vang berada di sekolah baik tertulis maupun tak tertulis
  2. Mengamati dan mendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi di SMP PGRI I BATANGHARI.
  3. Mendata dan memberi kan point nilai pelanggaraan bagi siswa yang melanggar peraturan
  4. Mengontrol pelaksanaan 7K dilingkungan sekolah
  5. Melaksanakan tugas-tugas pendelegasian dari kepala sekolah
  6. Menandatangani penggunaan anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaran sekolah atas persetujuan pimpinan
  7. Mewakili guru piket jika bersangkutan tidak hadir sesuai jadual piket pimpinan
  8. Melaksanakan piket pimpinan mengirimkan siswa untuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala sekolah
  9. Mengirimkan Pembina atau pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai latihan atau perlombaan
B. Kegiatan Mingguan
  1. Mengawasi, mengontrol mengabsen pelaksanaan kegiatan ekskul
  2. Melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera tiap dua minggu sekali
  3. Pembinaan tentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib sekolah dan melaksanakan 7 K
C. Kegiatan Bulanan
  1. Membimbing pengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadual kegiatan seperti hari besar agama atau nasinal.
  2. Menyiapkan, menyusun dan memberi SK kegiatan pada panitia yang sudah disetujui dan ditanda tangani kepala sekolah
  3. Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS dan MPK dan para Pembina OSIS atau dengan para pembina lainnya.

Batanghari,  Januari 2011
Pembina OSIS,


PUJI SUSILO


4.   Bersama para Pembina dan petugas piket mengadakan razia
5.   Melaksanakan rapat koordinasi
2.5. Kegiatan semester I
  1. MOS
  2. Mengadakan classmeeting dengan mata lomba wajib : Puisi bahasa Ingris, bahasa Sunda dan bahasa Arab, Cepat Tepat Agamis, Seni vocal, Futsal
  3. Mengadakan karyawisata
  4. Bakti sosial
  5. Pengumuman berbagai hasil penilai kreatifitas siswa menyangkut 6 K, absensi dan pelaksanaan upacara pengibaran bendera
  6. Mading
  7. Pemilihan OSIS
  8. Sanlat
  9. Diklat Ekstrakurikuler


2.7. Kegiatan semester II
  1. Menyiapkan dan melaksanakan perpisahan kelas IX
  2. Mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
  3. Mengadakan razia
  4. Mengadakan classmeeting dengan mata lomba wajib: Pidato, MTQ, Kaligrafi
  5. Mengumumkan juara 7 K absensi dan upacara pengibaran bendera.
  6. Tahun Baru Islam
  7. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
  8. Baksos
2.8. Kegiatan akhir tahun
  1. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja Panitia Siswa Baru
  2. Memberikan SK kepala sekolah pada panitia
  3. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja Panitia MOS
  4. Memberikan SK kepsek pada panitia MOS
  5. Melaksanakan PSB dan MOS
  6. Laporan evaluasi program

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kaini paniatkan ke-Hadirot Allah SWT yang telah rnemberikan Rahmat dan Hidayah-Nva,sehingga kaini dapat meyelesaikan penulisan dan penyusunan program kerja wakil kepala sekolah urusan kesiswaan tahun pelajaran 2011/2012.
Program kerja ini disusun berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran pendapat dan masukan dan berbagai elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan Seperti:
  1. Instruksi tertulis / Edaran kepala sekolah tentang tugas pokok wakil kepala sekolah urusan kesiswaan
  2. Visi Misi dan strategi yang hendak dicapai.  sekolah
  3. Suara rekan Pembina OSIS dan rekan pengajar dan karyawan
  4. Pengurus OSIS dan Siswa/i
  5. Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juklak dan juknis buku Pedoman pembinaan kesiswaan
  6. Pengurus Komite Sekolah
Di dasari keberadaan siswa di sekolah sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan kegiatan bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan dengan anggaran, situasi dan kondisi serta waktu akademik yang tersedia.
Partisipasi aktif siswa lebih diarahkan pada keseimbangan kemampuan nilai akademik dan non akademik sesuai minat dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda
Dengan demikian diharapkan siswa yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang ekstrim pelanggar tatatertib siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui pembinaan dan para Pembina OSIS dan pendidik diharapkan keberadaan sekolah semakin maju dan sekolah sebagai tempat pusat belajar semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat memberi nilai yang makin meningkat serta terbentuk kepercayaan publik ke sekolah yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga atau keluarga besar SMP PGRI I BATANGHARI.
Menyadari kekurangan – kekurangan penyusun dalam pembuatan program ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan saran dan kritikan berbagai pihak demi penyempurnaan penyusunan program-program serupa khususnya program kerja wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dimasa yang akan datang merupakan referensi yang amat berharga serta merupakan suatu kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.
Mudah – mudahan program kerja ini dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada Negara dan Bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional khususnva SMP PGRI I BATANGHARI. dengan terwujudnya Visi dan Misi sekolah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja sekolah, Amiin …
Batanghari, Juli 2011





PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani kepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah jalur pendidikan sekolah merupakan pendidikan yang diselenggarakan sekolah melalui kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan.
SMP PGRI I BATANGHARI merupakan lembaga pendidikan  formal di bawah naungan YPLP PGRI. Fungsi kepala sekolah diantaranya sebagai pimpinan administratif dan supervisor memiliki banyak tugas yang tidak mungkin seluruhnya dapat ditangani sendiri maka dalam melaksanakan tugasnya didelegasikan kepada guru yang ditugasi sebagai wakil kepala sekolah. Di SMP PGRI I BATANGHARI. Pelaksanaan Pembinaan Kesiswaan ditangani staf khusus kesiswaan yang memiliki tugas dan peran sebagai perpanjangan tangan kepala sekolah.
Tugas Staff urusan kesiswaan adalah :
  1. Menyusun program pembinaan kesiswaan /OSIS
  2. Melaksanakan bimbingan pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan /OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah.
  3. Membina dan melaksanakan koordinasi keamanan kebersihan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan (7K)
  4. Memberikan pengarahan dan penilaian pengurus OSIS
  5. Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam beroganisasi
  6. Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
  7. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerina beasiswa
  8. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam berbagai kegiatan diluar sekolah
  9. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
2. MAKSUD DAN TUJUAN
2.1. MAKSUD
Penyusunan program dimaksudkan untuk membantu mewujudkan visi dan misi SMP PGRI I BATANGHARI. yang tertuang dalam program strategi sekolah program kerja kepala sekolah serta mewadahi suara siswa , aktivitas dan kreativitas siswa melalui suatu wadah organisasi kesiswaan (OSIS) dengan sejumlah kegiatannya.
2.2. TUJUAN
Berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikdasmen No.226/C/Kep/O/1993 disebutkan bahwa satu-satunya organisasi yang diakui keberadaannya adalah OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah ) yang mempunyai pengertian:
  1. Organisasi : Kelompok kerja sama antara pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama
  2. Siswa : Peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah
  1. Intra : Terletak di dalam atau diantara
  1. Sekolah : Satuan pendidikan tempat penyelengaraan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan
Ini berarti OSIS adalah:
Siswa-siswa yang memiliki tujuan yang sama berada pada suatu sekolah, pendiriannya rnelalui mekanisme aturan yang berlaku, memiliki anggaran dasar (AD), memiliki anggaran rumah tangga (ART), memiliki program yang jelas yang dapat dipertanggung jawabkan dan berkesinambungan.
Menyadari arti keberadaan OSIS, khususnya di SMP PGRI I BATANGHARI. Perencanaan program bertujuan:
a.Menghimpun dan mewadahi berbagai aspirasi baik lisan maupun tulisan berbagai tingkat siswa di SMP PGRI I BATANGHARI dalam suatu organisasi kesiswaan dengan membentuk OSIS
  1. Membantu dan mewadahi ide pemikiran, bakat dan minat serta kreativitas melalui berbagai kegiatan yang dikomandoi oleh ketua OSIS dibawah bimbingan para Pembina OSIS
  2. Mendorong sifat jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan kekeluargaan dan persahabatan antara siswa di SMP PGRI I BATANGHARI dan dengan siswa atau individu lain diluar sekolah tanpa melihat agama yang dianut, suku bahasa dan budaya guna kehidupan yang damai, gemah ripah lohjinawi
  3. Menumbuhkembangkan rasa kebanggaan siswa terhadap sekolah guna mendukung pelayanan sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mergajar berjenjang dan berkelanjutan
  4. Terbinanya rasa hormat menghormati, bekerja sama demokratis dan transparan dan berdisiplin serta siswa bermoral dan berahlak yang baik dan berkompetensi diri yang handal
  5. Melalui pelaksanan manajemen berbasis sekolah (MBS)dan pembinaan kecakapan hidup (life skill) siswa diarahkan dan disiapkan dibekali berbagai kemampuan keterampilan untuk dapat hidup di masyarakat kelak yang dapat dihormati dibanggakan warga dilingkungannya.
3. PRINSIP DAN ASAS PELAKSANAAN
3.1 PRINSIP PELAKSANAAN
Ing ngarso sungtulodo
Mengandung arti bahwa seorang pemimpin harus mampu lewat sikap dan perbuatannya menjadikan dirinya sebagai pola anutan dan ikutan orang-orang yang dipimpinnya .
Ing madyo mangunkarso
Mengandung arti bahwa seorang pemimpin harus mampu membangkitkan semangat bersuakarsa dan berkreasi pada oranmg yang dipimpinnya.
Tutwuri Handayani
Mengandung arti seorang pemimpin harus mampu mendorong orang-orang yang diasuhnya agar berani berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab.

3.2. ASAS-ASAS PELAKSANAAN
  1. Kekeluargaan dan kegotong royongan
  2. Persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan
  3. Kebersamaan
  4. Selaras serasi dan seimbang
4. SASARAN
4.1. Turut serta mewujudkan wawasan wiyata mandala serta visi dan misi sekolah
4.2. Membina dan meningkatkan serta lebih memantapkan kepeinimpinan pengurus dan anggota OSIS, sehingga melahirkan kepemimpinan OSIS yang berwibawa melalui jalur:
  1. Organisasi kesiswaan
  2. Latihan kepemimpinan
  3. Kegiatan ekstrakurikuler
  4. Kegiatan wawasan wiyata mandala
4.3. Terciptanya dinamika OSIS sebagai satu-satunya organisasi siswa intra sekolah dalam usaha mewadahi aspirasi seluruh siswa membina, melatih dan mengembangkan bakat dan minat siswa baik di dalam maupun di luar sekolah yang berimplikasi memberi dorongan serta motivasi pada proses belajar mengaiar siswa di sekolah.
4.4. Terciptanya segala keberhasilan diberbagai even perlombaan siswa di sekolah, di luar sekolah baik di tingkat Kabupaten Lampung Timur, Propinsi maupun Nasional.

5. DASAR HUKUM
Dasar Hukum Penyelenggaraan Pembinaan kesiswaan
TAP MPR Nomor IV/MPR/1978
TAP MPR Nomor II/MPR/1983
TAP MPR Nomor II/MPP/1988
TAP MPR Nomor II/MPR/1993
Undang-undang No. 2 tahun 1989
Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990
Kepres No. 23 tahun 1979
Peraturan Pemerintah No.28 tahun 1990
Keputusan Mendikbud No.0323/U/1978
Keputusan Mendikbud No.0461/U/1984
Keputusan DirjenDikdasmen No.226/Kep/0/1992
SK Kepala SMP PGRI I BATANGHARI.
Sistematika Penulisan
BAB I : Pendahuluan
Mengungkapkan latar belakang maksud dan tujuan serta dasar hukum pelaksanaan
BAB II : Perencanaan Kegiatan
Mengungkapkan garis-garis besar program kegiatan kesiswaan dan distribusi rincian jadwal kegiatan yang direncanakan
BAB III : Perencanaan Anggaran Kegiatan
Mengemukakan kemungkinan anggaran yang diperlukan guna dapat melaksanakan program kegiatan.
BAB IV : Kesimpulan
Mengemukakan pentingnya koordinasi dan team work yang solid dan semua pihak terkait
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Terdiri dari 9 lampiran mulai dari anggaran Dasar OSIS (AD) sampai dengan struktur organisasi PMR di sekolah.
BAB II

PERENCANAAN KEGIATAN
1. Garis-garis Besar Program Kegiatan
1.1. Kegiatan utama
  1. Menyusun program pembinaan kesiswaan /OSIS Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan Pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam rangka menegakan disiplin dan tatatertib sekolah
  2. Membinma dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan ketertiban, keindahan kerindangan dan kekeluargaan (7K)
  3. Memberikan pengarahan dan pemilihan pengurus OSIS melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
  4. Menyusun program dan jadual pembinaan siswa secara berkala dan insidentil
  5. Melaksanakan pernilihan calon siswa teladan dan calon penerima beasiswa
  6. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
  7. Menyusun laporan pelaksanan kegiatan kesiswaan secara berkala
  8. Mengadakan rapat koordinasi dengan Perwakilan Kelas dan pengurus OSIS
  9. Menghadiri rapat pertanggungjawaban pengurus OSIS lama
  10. Membuat SK pembubaran anggota MPK lama dan pengangkatan anggota MPK baru dengan SK Kepsek
  11. Melaksanakan pemilihan pengurus OSIS
1.2. Kegiatan lainnya
  1. Menentukan bidang kegiatan
  2. Mengajukan usulan Pembina OSIS dan Pembina ekstrakurikuler
  3. Memberikan SK Kepsek untuk Pembina OSIS, Pembina ekskul, koordinator dan para pelatih
  4. Menghadiri rapat-rapat pengurus OSIS memberikan SK Kepsek dalam pembentukan dan pembubaran kepanitian Kegiatan
  5. Membimbing siswa diberbagai event perlombaan baik latihan maupun kejuaraan
  6. Penataan lingkungan melalui 7 K
  7. Evaluasi seluruh kegiatan
2. Pendistribusian Rincian kegiatan
2.1 Kegiatan awal tahun
  1. Menyusun program kerja , OSIS, Wakil Kesiswaan dan para Pembina OSIS
  2. Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan.
  3. Menyusun jadual petugas upacara pengibaran bendera dan penurunan bendera serta Pembina upacara.
  4. Mendata jadual petugas piket OSIS.
  5. Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Siswa) sesuai juklak dan juknis.
  6. Pengenalan dan pembinaan wawasan wiyata mandala, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan /OSIS dalam rangka penegakan disiplin melalui penerapan tata tertib siswa
  7. Membina dan melaksanakan koordinasi 7 K yakni Keamanan, kebersiihan, ketertiban ,kerindangan dan kekeluargaan.
  8. Mengarahkan siswa untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti sesuai minat dan bakat
  9. Mempublikasikan para Pembina, pelatih dan koordinator kesiswaan.
  10. Registrasi dan pencatatan anggota masing-masing ekskul
  11. Melaksanakan uji kelayakan pengurus OSIS dan MPK
  12. Mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus OSIS
  13. Mempublikasian SK pengurus OSIS dan MPK
  14. Pempublikasian jadual kegiatan mencakup: sarat calon penerima beasiswa dan jenis beasiswa, calon siswa teladan serta karyawisata dan yang lainnya,
  15. Pendataan biodata siswa diklasifikasikan sesuai minatnya dalam kegiatan ekskul


PROGRAM KEGIATAN OSIS

A. Kegiatan harian
  1. Membina siswa untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan vang berada di sekolah baik tertulis maupun tak tertulis
  2. Mengamati dan mendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi di SMP PGRI I BATANGHARI.
  3. Mendata dan memberi kan point nilai pelanggaraan bagi siswa yang melanggar peraturan
  4. Mengontrol pelaksanaan 7K dilingkungan sekolah
  5. Melaksanakan tugas-tugas pendelegasian dari kepala sekolah
  6. Menandatangani penggunaan anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaran sekolah atas persetujuan pimpinan
  7. Mewakili guru piket jika bersangkutan tidak hadir sesuai jadual piket pimpinan
  8. Melaksanakan piket pimpinan mengirimkan siswa untuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala sekolah
  9. Mengirimkan Pembina atau pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai latihan atau perlombaan
B. Kegiatan Mingguan
  1. Mengawasi, mengontrol mengabsen pelaksanaan kegiatan ekskul
  2. Melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera tiap dua minggu sekali
  3. Pembinaan tentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib sekolah dan melaksanakan 7 K
C. Kegiatan Bulanan
  1. Membimbing pengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadual kegiatan seperti hari besar agama atau nasinal.
  2. Menyiapkan, menyusun dan memberi SK kegiatan pada panitia yang sudah disetujui dan ditanda tangani kepala sekolah
  3. Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS dan MPK dan para Pembina OSIS atau dengan para pembina lainnya.

Batanghari,  Januari 2011
Pembina OSIS,


PUJI SUSILO


4.   Bersama para Pembina dan petugas piket mengadakan razia
5.   Melaksanakan rapat koordinasi
2.5. Kegiatan semester I
  1. MOS
  2. Mengadakan classmeeting dengan mata lomba wajib : Puisi bahasa Ingris, bahasa Sunda dan bahasa Arab, Cepat Tepat Agamis, Seni vocal, Futsal
  3. Mengadakan karyawisata
  4. Bakti sosial
  5. Pengumuman berbagai hasil penilai kreatifitas siswa menyangkut 6 K, absensi dan pelaksanaan upacara pengibaran bendera
  6. Mading
  7. Pemilihan OSIS
  8. Sanlat
  9. Diklat Ekstrakurikuler


2.7. Kegiatan semester II
  1. Menyiapkan dan melaksanakan perpisahan kelas IX
  2. Mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
  3. Mengadakan razia
  4. Mengadakan classmeeting dengan mata lomba wajib: Pidato, MTQ, Kaligrafi
  5. Mengumumkan juara 7 K absensi dan upacara pengibaran bendera.
  6. Tahun Baru Islam
  7. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
  8. Baksos
2.8. Kegiatan akhir tahun
  1. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja Panitia Siswa Baru
  2. Memberikan SK kepala sekolah pada panitia
  3. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja Panitia MOS
  4. Memberikan SK kepsek pada panitia MOS
  5. Melaksanakan PSB dan MOS
  6. Laporan evaluasi program


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Program Kerja Kesiswaan. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Program Kerja Kesiswaan ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Program Kerja Kesiswaan sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

0 komentar:

Poskan Komentar